guru honorer jadi mua
TikTok/minhamua

Salut! Guru Honorer Jadi MUA Ini Hanya Digaji 350 Ribu Sebulan, Harus Punya Sampingan Supaya Bisa Hidup

LiputanTimes.com – Viral di media sosial video seorang guru honorer jadi MUA untuk bisa tetap menjalani hidup.

Pasalnya, kesejahteraan guru adalah isu yang tak pernah menemukan titik terang, terutama guru honorer. Video guru honorer jadi MUA ini menunjukkan betapa beratnya perjuangan seorang guru.

Video guru honorer jadi MUA tersebut diunggah oleh akun TikTok @minhamua pada Sabtu (23/10/2021). “Semoga lelahku jadi berkah”, tulisnya dalam caption.

Dalam video tersebut, terlihat perjuangan seorang guru honorer dari pagi mengajar hingga sore menjadi MUA.

“Guru honorer gaji 350 ribu cek” ia menuliskan keterangan dalam video tersebut. Sang guru honorer terlihat siap-siap pergi berangkat menuju sekolah menggunakan sepeda motor berwarna merah.

Namun, tak hanya perlengkapan mengajar yang ia bawa, satu set alat make up juga harus ia angkut ke tempat ia mengabdi.

“Ke sekolah bawa perlengkapan make up. Dari pagi sampai siang ngajar. Selesai ngajar langsung ke lokasi. Langsung make up klien,” lanjutnya dalam video sambil menyambangi salah satu rumah kliennya.

Ia juga menambahkan bahwa seorang guru honorer tidak bisa hidup mengandalkan hasil mengajar saja. Harus ada usaha lain untuk bisa menunjang kehidupan.

“Guru honorer harus punya usaha sampingan. Masih pake seragam, menyelam sambil minum air. Kalau nggak punya sampingan semua kebutuhan tak tercukupi. Semangat, semoga lelahku jadi berkah.”

Perjuangan pahlawan tanpa tanda jasa tersebut mendapatkan dukungan dan apresiasi dari warganet.

“Menurutku pekerjaan mulia tapi bayar minim jatuh pada guru honorer. Padahal mereka kerjanya lebih disbanding yang PNS”, komentar akun Adhel.

“Kata temen aku yang guru juga kalau cari uang jangan jadi guru. Tapi, cari ladang pahala. Baru deh pilih guru. Terima kasih para guru atas perjuangannya”, tulis akun Beudis.

“Saya juga guru honorer tapi di swasta. Ngajar di dua sekolah dan bimbel. Belum lagi privat. Semangat. Salam satu profesi kak”, tulis akun Anitadwl.

Hingga saat ini, video tersebut sudah disaksikan oleh 946 ribu orang, disukai oleh 75 ribu orang, dan dikomentari oleh 3400 orang.

BACA JUGA  Daftar Kartu Prakerja Gelombang 22 Sekarang! Hanya Dibuka Sampai Besok, Ini Dia Syarat dan Caranya

***