fbpx
bansos ppkm juli liputantimes.com 2021

Cara Cek Penerima Bansos Tunai 600Ribu PPKM Darurat dari Kemensos Cair Bulan Ini

Kabar baik untuk masyarakat Indonesia karena program dari Pemerintah tetap dilanjutkan yaitu Bansos BST sebesar 600.000 untuk bulan Mei dan Juni akan segera Cair untuk Juli ini dikarenakan penerapan PPKM Jawa-Bali yang akan berakhir 20 Juli.

Kementerian Sosial (Kemensos) akan kembali menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) pada Juli 2021.

Mengutip laman Kemensos, Kamis (1/7/2021) pencairan BST bertujuan meringankan beban masyarakat yang terdampak PPKM Darurat 3-20 Juli 2021.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, BST akan disalurkan untuk Mei dan Juni, setelah sebelumnya berhenti pada April 2021.

“BST akan disalurkan untuk bulan Mei dan Juni, setelah sebelumnya berhenti di April. Kita berharap pekan ini atau paling lambat pekan depan bansos ini dapat tersalur,” kata Risma

Risma mengutarakan, besaran BST yang diberikan adalah Rp 300.000 per bulan. Pada pencairan kali ini, penerima akan langsung mendapatkan Rp 600.000.

“Warga akan menerima Rp 600 ribu sekaligus, tapi saya minta jangan diijonkan, dan hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja,” ujar Risma.

Download Aplikasi untuk mengajukan diri sebagai penerima Bansos

Pencairan Akan dilakukan pekan kedua Juli

Risma menyebutkan, pencairan BST diharapkan bisa terlaksana paling lambat pada pekan kedua Juli 2021.

“Jadi, mudah-mudahan paling telat bisa direalisasikan pekan kedua bulan ini dan kita usahakan agar semua bisa tersalurkan kepada warga,” kata Risma.

Untuk skema penyaluran BST kepada penerima manfaat masih sama seperti sebelumnya, yakni disalurkan melalui kantor pos.

Sedangkan untuk BPNT dan PKH akan disalurkan melalui jaringan Himpunan Bank-bank Negara (Himbara).

Begini Cara cek penerima bansos

Dilansir dari Kompas.com, 22 April 2021, pengecekan nama penerima BST dari Kemensos dapat dilakukan melalui laman https://cekbansos.kemensos.go.id.

Berikut langkah mengecek nama penerima BST:

  1. Kunjungi laman https://cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Setelah itu pilih provinsi, kabupaten/kota, kecataman, dan desa tempat Anda tinggal
  3. Masukkan nama Anda sesuai KTP
  4. Masukkan 4 huruf kode captcha yang tertera pada kotak kode. Jika kode captcha tidak terlihat jelas, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru
  5. Lalu, klik tombol cari
BACA JUGA  Bikin Nostalgia, Video Seorang Ibu Antar Anak Sekolah Naik Sepeda Ontel!

Sistem akan memverifikasi nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan wilayah yang diinput, lalu membandingkannya dengan nama yang ada dalam database Kemensos.

Jika Anda terdaftar sebagai penerima

Apabila Anda dinyatakan sebagai penerima BST, akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa Anda terdaftar sebagai penerima bantuan.

Hasil pencarian data dalam laman tersebut akan menampilkan wilayah di mana Anda tinggal, seperti provinsi, kabupaten, kecamatan, dan kelurahan.

Akan muncul juga nama penerima, umur status BST, keterangan, dan periode penyaluran.

 

Jika Anda tidak terdaftar sebagai penerima

Sedangkan jika Anda tidak terdaftar sebagai penerima BST, akan muncul notifikasi yang menyebutkan bahwa Anda bukan penerima bantuan.

Notifikasi yang tertera adalah “Tidak Terdapat Peserta / PM”.

Atau bisa ajukan sendiri dengan Download Aplikasi Bansos berikut ini

Semoga Informasi Bansos ini dapat membantu perekonomian kita karena Pandemi ini dan selalu jaga kesehatan dengan berolahraga serta makan makanan yang sehat.

Tetap semangat Indonesiaku.

Sumber : Kompas.com