fbpx
cara membuat kartu pra kerja

Memahami Cara Membuat Kartu Pra Kerja Beserta Manfaat dan Syaratnya

Dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir ini, cara membuat kartu pra kerja sangat dicari oleh banyak orang. Bagaimana tidak, kartu pra kerja merupakan salah satu program pemerintah untuk mendukung tumbuh kembang perekonomian Indonesia. Apalagi ketika pandemi virus corona mulai melumpuhkan banyak sektor sehingga perlu diambil tindakan dan inisiatif terbaik.

Presiden Joko Widodo pun akhirnya memutuskan untuk mempercepat proses realisasi program pembagian sekaligus pengadaan kartu pra kerja secara nasional dengan lebih cepat dari rencana awal. Percepatan pengadaan kartu ini untuk mengatasi timbunan kasus pemutusan hubungan kerja akibat pandemi. Itulah sebabnya, cara membuat kartu pra kerja mulai diincar banyak orang.

cara membuat kartu pra kerja

Apa itu kartu pra kerja?

Diketahui, kartu pra kerja ini dirilis pada bulan April 2020 lalu. Melalui program satu ini, pemerintah berharap banyak pekerja Indonesia yang terbantu. Bahkan, pemerintah menambah anggaran dana program kartu pra kerja menjadi Rp 20 triliun sehingga cara membuat kartu pra kerja semakin diburu karena nilai manfaat yang diterima peserta cukup bear.

Sebenarnya, cara membuat kartu pra kerja ini sangat mudah. Para peserta yang mendaftar dan berhasil lolos akan mendapatkan uang sejumlah Rp 3.550.000 selama menjalani program tersebut. Jika dijelaskan secara rinci, bantuan intensif tersebut meliputi biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta yang tidak bisa dicairkan, insentif Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan masa pelatihan dan dana insentif survei sebesar Rp 150 ribu.

Manfaat dan syarat membuat kartu pra kerja

Melalui cara membuat kartu pra kerja ini, pemerintah berharap mampu memberikan manfaat dan solusi terbaik bagi masyarakat Indonesia. Adapun di antaranya sebagai berikut:

  • Membantu meringankan biaya pelatihan yang semula ditanggung oleh pihak perusahaan dan pekerja.
  • Mengurangi biaya pencarian informasi mengenai pelatihan.
  • Memberi pendidikan tambahan selain pendidikan formal.

Selain itu, ada juga syarat dan keuntungan yang akan didapat ketika Anda memperhatikan cara membuat kartu pra kerja dengan baik, seperti:

  • Kartu pra kerja adalah program pelatihan khusus untuk meningkatkan kompetensi pekerja Indonesia yang dibiayai secara langsung oleh pemerintah.
  • Setiap warga negara yang berusia 18 tahun ke atas dan bukan termasuk pelajar bisa mendaftar sebagai peserta.
  • Setelah pelatihan diselesaikan dengan baik, maka insentif akan diberikan dalam bentuk biaya pelatihan setiap bulan.
BACA JUGA  Cara Buat Akun Prakerja Gelombang 23 Tahun 2022, Ini Dia Syaratnya!

Selain cara membuat kartu pra kerja yang perlu Anda ketahui, ada beberapa mitra yang bekerja sama dengan pemerintah untuk program satu ini. Di antaranya adalah Tokopedia, Pintaria, Bukalapak, Skill Akademia, Kemenaker, dan lain sebagainya.

cara membuat kartu pra kerja

Cara membuat kartu pra kerja Indonesia

Apabila pemohon atau pendaftar telah memenuhi syarat dan ketentuan dasar cara membuat kartu pra kerja seperti memiliki akun yang telah terverifikasi dengan email dan nomor ponsel yang aktif. Langkah selanjutnya adalah mendaftar untuk mendapatkan bantuan kartu pra kerja tersebut.

Adapun beberapa langkah atau cara membuat kartu pra kerja melalui situs resmi www.prakerja.go.id yang benar dan valid, seperti berikut ini:

  • Buka laman situs prakerja.go.id menggunakan ponsel atau laptop yang telah tersambung dengan jaringan internet.
  • Masukkan alamat email dan nomor ponsel pribadi pada kolom yang tersedia, lalu klik ‘Daftar’.
  • Selanjutnya, pilih metode verifikasi untuk mendapatkan kode yang dikirim melalui email atau SMS sesuai nomor ponsel yang telah didaftarkan.
  • Pendaftaran akan dinyatakan berhasil setelah Anda memasukkan kode yang sesuai dan Anda akan diarahkan ke halaman dashboard sesuai akun kartu pra kerja tersebut.
Tes kartu pra kerja

Setelah Anda berhasil membuat akun kartu pra kerja, maka langkah berikutnya yang jadi bagian dari cara membuat kartu pra kerja adalah memastikan bahwa Anda telah terdaftar dalam seluruh program yang tersedia. Caranya sebagai berikut:

  • Buka laman resmi prakerja.go.id melalui ponsel atau laptop yang memiliki jaringan internet.
  • Login akun yang telah Anda miliki seperti langkah sebelumnya, kemudian pilih ‘Daftar Kartu Prakerja’.
  • Isi formulir pendaftaran berupa pertanyaan dan data pribadi.
  • Setelah semua data terisi dengan baik dan benar, jangan lupa untuk mengikuti tes kemampuan dasar.
  • Ketika Anda berhasil menyelesaikan pendaftaran, mengisi formulir data diri, dan mengisi tes dasar, Anda akan menerima notifikasi berikutnya melalui akun masing-masing. Biasanya, pengumuman kelolosan pendaftaran kartu pra kerja ini diumumkan dalam waktu 3-5 hari kerja. Pengumuman tersebut akan diberitahukan secara langsung melalui SMS atau Anda bisa memeriksanya secara berkala melalui dashboard akun prakerja masing-masing.

Perlu Anda ketahui, tes yang jadi bagian dari cara membuat kartu pra kerja ini umumnya dilakukan langsung ketika proses pendaftaran. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk bersiap jauh sebelumnya, baik kesiapan untuk menjawab tes yang diberikan hingga jaringan internet yang stabil.

Para peserta yang berhasil lolos dan diterima dalam program kartu prakerja ini hanya mereka yang berhasil menyelesaikan tes melalui situs resmi kartu prakerja sekaligus mendapat kuota dari batch yang telah dipilih ketika mendaftar. Jangan lupa, setiap proses seleksi atau batch kartu prakerja ini memiliki periode dan kuota tersendiri.

BACA JUGA  Bikin Geram! Bocah Diduga Disuruh Ayah Mencuri HP di Mall!

Pada dasarnya, program kartu prakerja menjaring sekitar 5,6 juta peserta khusus di tahun 2020 lalu. Bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi, tapi kuota batch yang diinginkan telah terpenuhi, maka secara otomatis peserta tersebut tidak bisa mengikuti pelatihan pada batch tersebut. Dengan kata lain, peserta harus melakukan pendaftaran ulang atau memilih dan mengikuti batch berikutnya.

Namun, para peserta yang melakukan pendaftaran ulang seperti ini tidak perlu repot lagi memasukkan semua data seperti saat melakukan pendaftaran kedua. Pasalnya, data yang dimasukkan sebelumnya telah direkam secara otomatis oleh pihak kartu prakerja.

Apabila peserta tidak mendapat program yang dikehendaki pada pendaftaran pertama, maka tak ada salahnya untuk mengulang kembali dan mengikuti batch selanjutnya. Bahkan, peserta tersebut juga bisa mempertimbangkan untuk mengikuti program lainnya hingga pada akhirnya nanti dinyatakan lolos sebagai penerima insentif program kartu prakerja.

cara membuat kartu pra kerja

Kesimpulan dari cara membuat kartu pra kerja

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara membuat kartu pra kerja ini hanya bisa dilakukan melalui situs resmi prakerja yang didampingi oleh petugas pengantar dari Disnaker di setiap daerah di Indonesia. Setiap calon pendaftar atau penerima manfaat akan lebih dulu diminta mengisi sekaligus melengkapi seluruh data sesuai informasi yang sebenar-benarnya.

Setelah peserta berhasil melakukan login atau mendapat akses untuk masuk ke dalam dashboard situs resmi prakerja, maka langkah selanjutnya adalah menjalani seleksi penyaringan peserta.

Penyeleksian dan penyaringan peserta ini dilakukan berdasarkan hasil verifikasi oleh pihak prakerja sesuai data yang diinput peserta, hasil tes kemampuan dasar, latar belakang motivasi peserta dan juga jumlah kuota yang tersedia. Langkah terakhir dari cara membuat kartu pra kerja ini adalah memilih dan menentukan jenis pelatihan yang diinginkan tiap-tiap peserta pada laman situs prakerja.

Jika peserta atau penerima manfaat kartu prakerja telah menentukan program yang diinginkan, maka mereka akan segera menerima uang saku melalui rekening bank atau e-wallet masing-masing. Tak lupa juga, peserta akan menerima sertifikat digital secara resmi sebagai modal untuk mencari pekerjaan atau membuka lapangan kerja baru.

Demikian cara membuat kartu pra kerja beserta manfaat dan syarat yang harus dipenuhi. Semoga informasi ini bisa membantu Anda.

 

Tentang nezzumia

Check Also

Kartu Prakerja Gelombang 36 Dibuka, Berikut 6 Faktanya

Pemerintah telah berupaya dalam membantu masalah perekonomian masyarakat kecil. Mulai dari pembagian sembako, bantuan langsung …