subscene di tutup

Subscene Akhirnya Ditutup Juga Setelah Sekian Lama Menemani Penggemar Film

Untuk anda penggemar film mancanegara, tentunya sudah tidak asing lagi dengan situs Subscene. Situs dan forum daring yang terkenal sebagai tempat download subtitle film gratis tersebut, resmi ditutup pada Jumat (3/5/2024).

Pengumuman penutupan ini datang dari pengguna dengan username that_thing dalam sebuah postingan berjudul “Subscene is closing – so sorry”.

“Hai semuanya, dengan sedih saya harus menginformasikan bahwa situs ini akan ditutup dalam 24 jam ke depan. Rencana pengambilalihan tidak memungkinkan. Terima kasih atas partisipasi kalian semua dalam komunitas ini! Tetap jaga diri!” tulis akun @that_thing dalam forum Subscene pada hari Sabtu (4/5/2024) kemarin.

pengumuman subscene di tutup

Subscene dikenal sebagai sumber terpercaya untuk mengunduh subtitle film dan serial TV, dengan subtitle dalam berbagai bahasa seperti Inggris, Arab, Denmark, Perancis, Swedia, Malaysia, hingga bahasa Persia.

Dengan ditutupnya situs Subscene tersebut, maka dengan begini pengguna tidak lagi dapat mengunduh subtitle dari situs tersebut. Tentu hal ini sangat disayangkan karena banyak aplikasi pihak ketiga di berbagai perangkat seperti TV, tablet, dan ponsel yang bergantung pada database Subscene untuk menyediakan layanan subtitle.

Disayangkan pengguna

Subscene ditutup karena kurangnya pendapatan dalam beberapa waktu terakhir dan biaya pemeliharaan yang mahal. Sebelum penutupan ini diumumkan, tidak ada tanda-tanda bahwa ini akan terjadi, sehingga pengumuman tersebut membuat pengguna terkejut.

Menurut laporan TechWorm yang dikutip oleh KompasTekno, pengunjung Subscene semakin sedikit, sehingga pendapatan menurun dan biaya operasional menjadi terlalu tinggi.

Pengumuman penutupan Subscene membuat reaksi beragam, terutama dari pengguna yang sering berkontribusi membuat subtitle. Banyak di antara mereka merasa marah dan prihatin karena subtitle yang telah mereka buat selama bertahun-tahun hilang begitu saja.

Di forum online Reddit, beberapa pengguna bahkan meminta akses untuk mengunduh semua data dan subtitle sebelum penutupan situs. Akan tetapi, permintaan dari para pengguna itu tidak direspons oleh pengelola forum.

Beberapa pengguna menyarankan untuk mengambil alih situs dan melanjutkan operasinya. Ada juga yang mengusulkan untuk membuat profil donasi untuk mendanai situs tersebut. Namun, pengelola Subscene tidak memberikan tanggapan atas saran-saran ini.

BACA JUGA  Wanita Ketahuan Mencuri di Minimarket Sambil Bawa Bayi, Warganet: Nggak Kasian!

Situs Pengganti

Beberapa pengguna berhasil membuat cadangan situs Subscene, meski situs tersebut sudah ditutup dan tidak dapat diakses. Mereka melakukan hal ini dengan mengunduh seluruh database Subscene yang berukuran 90 GB.

Pengguna yang ingin membaca lebih lanjut tentang hal ini dapat mengunjungi halaman GitHub atau mengakses Subscene melalui situs web archive.

Selain itu, ada alternatif lain yang dapat digunakan pengguna jika ingin mendapatkan subtitle dari berbagai film baru, seperti OpenSubtitles, Addic7ed, dan masih banyak lagi. Situs-situs ini menawarkan layanan serupa bagi mereka yang mencari subtitle untuk film dan serial TV.