cek penerima bansos 2023

Cek Penerima Bansos 2023, Begini Cara Daftar, Syarat, dan Besarnya Uang yang Diterima

Pemerintah Indonesia telah mengumumkan program Bantuan Sosial Tunai (BST) atau yang sering disebut sebagai Bansos sebagai salah satu upaya untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Program BST akan terus berlanjut hingga tahun 2023, dan diharapkan dapat memberikan bantuan sosial yang tepat sasaran bagi masyarakat yang membutuhkan. Namun, terkadang masih banyak masyarakat yang kesulitan dalam mengecek apakah mereka menjadi penerima Bansos tahun 2023.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara cek penerima Bansos 2023 untuk anda semua. Tidak hanya itu, kami juga akan membahas tentang persyaratan yang harus anda penuhi agar mendapatkan bansos tersebut.

Besarnya Bantuan yang Diterima

Dalam Bansos 2023 ini dibagikan menjadi beberapa kategori, dan masing-masing memiliki nominal dan sistem pembagian yang berbeda-beda. Untuk detailnya bisa anda simak di bawah ini :

1. Bantuan Langsung Tunai (BLT)

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa telah mulai dicairkan sejak bulan Februari 2023 di beberapa daerah. Program bantuan ini ditujukan untuk masyarakat miskin yang termasuk dalam kategori miskin ekstrem dan memiliki pendapatan harian tidak lebih dari Rp 20 ribu.

Setiap penerima bantuan akan mendapatkan dana sebesar Rp 300 ribu per bulan. Untuk bisa menerima BLT Dana Desa tersebut, maka masyarakat diharuskan untuk mendaftarkan diri di kantor desa setempat dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) sebagai salah satu persyaratannya.

2. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan sebuah program bantuan sembak, bukan berupa uang tunai seperti BLT. Nantinya bagi para penerima program bantuan tersebut akan mendapatkan bantuan dengan total Rp 900 ribu dari pemerintah.

BACA JUGA  Bantuan UMKM 2,5 Juta Rupiah Untuk Pemilik Kartu Prakerja

Saat ini, skema pencairan bantuan tersebut dilakukan melalui bank himbara atau Kantor Pos masih belum diumumkan secara resmi oleh Kementerian Sosial.  Maka dari itu, disarankan untuk menyiapkan dokumen-dokumen seperti KTP, KK, dan KKS supaya ketika dibutuhkan untuk berinteraksi dengan lembaga penyalur yang akan ditunjuk nantinya semua sudah siap.

3. Program Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK)

Program Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) adalah sebuah program bantuan sosial yang dicairkan secara rutin setiap bulan oleh pemerintah. Bagi para penerima bantuan tersebut nantinya dapat menggunakan layanan fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan secara gratis tanpa harus membayar iuran.

Dalam prosesnya, iuran PBI JK tersebut akan dibayarkan langsung oleh pemerintah pusat ke BPJS Kesehatan. Sehingga bagi para penerima bantuan dapat langsung memanfaatkan bantuan PBI JK tersebut untuk berobat atau melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

4. Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 1

Terakhir ada bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 1. Dalam informasi yang beredar dari aplikasi Sistem Informasi dan Komunikasi untuk Penyaluran Bantuan Sosial Nasional Terpadu (SIKS-NG) menyatakan bahwa PKH Tahap 1 akan dicairkan melalui bank himbara.

Nah untuk mempercepat proses pencairan bantuan tersebut, maka disarankan bagi penerima bansos 2023 ini untuk menyiapkan KKS atau Kartu Merah Putih dan KTP agar dapat langsung mencairkan saldo bantuan yang dikirimkan ke Kartu Keluarga Sejahtera.

Syarat Penerima Bansos 2023

Sebelum menjadi anggota penerima Bansos, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi sebagai penerima bantuan dari pemerintah tersebut. Nah berikut diantaranya :

  • WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Memikii Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Termasuk dalam kategori masyarakat ekonomi menengah ke bawah (miskin atau rentan miskin)
  • Bukan merupakan anggota anggota sipil atau non-sipil negara (ASN, TNI/Polri)
  • Tercatat dalam DTKS Kemensos sebagai penerima bansos 2023
  • Sudah mengusulkan diri salah satu kategori bansos 2023

penerima bansos 2023

Cara Daftar Penerima Bansos 2023

Nah bagi anda yang ingin menjadi salah satu penerima Bansos 2023 dari pemerintah Indonesia, berikut ini akan kami bagikan beberapa caranya untuk anda semua.

BACA JUGA  Syarat Daftar Bansos PKH 2022, Dana Pemerintah Cair Hingga 28,7 Trilliun!

1. Pastikan Anda memenuhi kriteria penerima Bansos.

Sebelum anda mendaftarkan diri sebagai penerima bansos, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memerikan apakah anda sebagai penerima bansos. Penerima Bansos adalah masyarakat yang membutuhkan dan terdaftar di dalam database terpadu Kementerian Sosial, yang memiliki kriteria seperti penduduk miskin, keluarga prasejahtera, dan lain-lain.

2. Cek Informasi Pendaftaran

Silahkan anda cek informasi soal pendaftaran penerima bansos di situs resmi Kementerian Sosial atau instansi terkait di daerah Anda. Informasi pendaftaran biasanya akan diumumkan secara resmi melalui media sosial, website, atau papan pengumuman di kantor desa atau kelurahan.

3. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Ada beberapa dokumen yang perlu anda siapkan untuk mendaftarkan diri sebagai calon penerima bansos. Dokumen yang dibutuhkan biasanya meliputi fotokopi KTP, KK, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), dan lain-lain.

4. Kunjungi Kantor Desa Terdekat

Selanjutnya silahkan anda berkunjung ke kantor desa atau kelurahan terdekat untuk melakukan pendaftaran. Bawa dokumen-dokumen yang telah disiapkan dan ikuti prosedur pendaftaran yang telah ditetapkan.

Setelah melakukan pendaftaran, tunggu konfirmasi dari pihak instansi terkait. Jika Anda memenuhi syarat sebagai penerima Bansos, maka Anda akan mendapatkan bantuan sosial tunai sesuai dengan program yang berlaku.

Kesimpulan

Cukup sekian dulu ulasan dari kami tentang cara cek penerima bansos 2023, syarat, dan cara pendaftarannya, Semoga ulasan di atas tadi bermanfaat dan menambah wawasan anda.