fakta unik ikan shisamo

Beberapa Fakta Unik Ikan Shisamo yang Heboh Karena Harganya Super Mahal

Baru-baru ini tengah viral video dari anak kedua Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza yang tengah asik menikmati ikan goreng yang berukuran kecil. Usut punya usut, ternyata ikan tersebut bukanlah ikan cue melainkan ikan Shisamo yang ternyata harganya cukup mahal.

Nah untuk anda yang masih belum tahu dengan ikan tersebut, maka pada kesempatan kali ini akan kami bahas tentang fakta unik ikan Shisamo untuk anda semua.

5 Fakta Unik Ikan Shisamo

Aksi dari Rayyanza memang selalu berhasil menarik perhatian dari para netizen, hal ini tidak terlepas dari momen keseharian dari Rayyanza yang selalu diabadikan dan dibagikan oleh susternya di sosial media.

Yang terbaru saat itu Rayyanza tengah menikmati ikan goreng berukuran kecil. Awalnya netizen mengira jika itu merupakan ikan asin goreng biasa, namun rupanya adalah Ikan Shisamo atau biasa disebut dengan Ikan Caplin.

Selain memiliki nutrisi yang tinggi, namun ikan Shisamo disebut-sebut juga memmiliki harga yang mahal. Berikut ini 5 fakta unik ikan Shisamo yang perlu anda ketahui.

1. Bentuknya Mirip Ikan Piring

Ikan shisamo atau ikan capelin banyak ditemukan di lautan Atlantik dan dalam laut, terutama di daerah Newfoundland, Kanada. Meskipun memiliki bentuk mirip dengan ikan kaca piring, dagingnya tidak bening transparan.

 Ikan yang populer di Jepang ini biasanya memiliki panjang sekitar 10-15 cm dengan tubuh ramping dan warna perak mengkilap, serta memiliki bagian atas yang berwarna hitam.

ikan shisamo

2. Didalam Tubuh Ikan Shisamo Seluruhnya Berisi Telur

Fakta unik ikan Shisamo selanjutnya kali ini ada di bagian tubuhnya. Ikan capelin atau ikan shisamo dapat dimakan dari kepala hingga ekornya, dengan hanya memiliki duri di bagian tengahnya. Yang unik lagi, ikan betina memiliki banyak telur dan hampir seluruh tubuhnya terisi olehnya.

BACA JUGA  Peran Pembantu Dalam Aksi Mutilasi Pria di Bekasi Ini Juga Sama Sadisnya dengan Pelaku Utama

Selain itu, daging ikan shisamo ini sangat lezat dengan rasa yang sangat gurih. Ikan ini dapat diolah dengan berbagai cara seperti digoreng, dipanggangatau dikukus. Teksturnya yang kokoh dan memiliki rasa gurih yang khas membuat ikan Mallotus villosus ini cocok sekali diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat.

3. Manfaat Ikan Shisamo

Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan Shisamo tersebut sangat baik untuk perkembangan sel otak, terutama pada anak-anak. Oleh karena itu, ikan ini sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena minyak ikan di dalamnya dapat mendukung perkembangan janin.

Selain itu, kandungan omega-3 pada ikan Shisamo juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit stroke dan jantung koroner. Konsumsi ikan ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

4. Nutrisi Dalam Ikan Shisamo

Fakta unik ikan Shisamo selanjutnya adalah soal nutrisi di dalam tubuhnya. Telur dari ikan shisamo dikenal sebagai masago, dengan telur berwarna hitam atau oranye yang sering digunakan sebagai topping sushi sebagai pengganti tobiko.

Kandungan telur yang melimpah dalam ikan shisamo membuatnya kaya akan nutrisi asam lemak omega-3, dengan jumlah yang lebih tinggi daripada ikan salmon. Dalam 100 gram ikan salmon hanya mengandung 1,0 gram asam lemak omega-3, sedangkan ikan shisamo mengandung 1,2 gram asam lemak omega-3. Selain itu, ikan shisamo juga kaya akan protein.

5. Harga Ikan Shisamo

Dan fakta unik ikan Shisamo yang terakhir kali ini adalah soal harganya. Di mana ikan kecil tersebut memiliki harga jual yang cukup tinggi, dimana pada sejumlah toko online ikan ini dijual sekitar Rp 70.000 dalam kemasan 500 gram.

Ikan ini jarang dijual dalam kondisi segar, di mana umumnya dijual dalam kondisi beku atau dikenal dengan frozen.  Anda bisa menemukan ikan ini di sejumlah swalayan besar atau toko bahan makanan Korea atayu Jepang.

Pastikan saat membeli ikan Shisamo anda memiliki ikan yang memiliki bagian tubuh menggembung berisi telur, memiliki badan utuh mulus dan tidak ada yang rusak.

BACA JUGA  Jangan Tunggu Kaya Untuk Berbagi, Viral Video Bocah Laki-laki Berbagi Makanan Dengan Kucing!

Nah itu tadi sedikit ulasan dari kami tentang Fakta unik ikan Shisamo, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.