fbpx
nasi minyak

Bahaya! Konsumsi Makanan Berminyak Picu Penyakit Jantung

Untuk anda pengguna sosial media, mungkin sudah sempat melihat video viral yakni kuliner nasi yang diolah dengan minyak yang berlebih. Dalam konten tersebut, nasi ini disajikan pada sebuah piring yang diberi sambal beserta bumbu yang memiliki banyak sekali minyaknya.

Mengenai konten viral tersebut, dr.Isman Firdaus, SpJP, FIHA, spesialis jantung mengungkapkan, jika mengkonsumsi makanan dengan kadar minyak berlebih tersebut mampu meningkatkan kadar LDL (kolesterol jahat) yang ada di dalam tubuh.

Nah jika kolesterol jahat tersebut telah masuk ke dalam pembuluh darah, maka hal ini bisa memicu timbulnya bisul-bisul maupun benjolan yang lama-kelamaan bakal membuat penyempitan pada pembuluh darah. Dan kondisi inilah yang mengakibatkan pasokan oksigen menjadi berkurang atau umum disebut dengan iskemia.

“LDL seperti kulit yang terluka. Kalau kulit luka apa yang terjadi? Pasti ada berdarah ya. Kalau tidak diberi antiseptik jadi radang kan, jadi bisul. Sama juga ketika ada endotel yang rusak, itu bisa jadi masuknya LDL, jadi calon bisul, bisul di dalam dinding pembuluh darah,” Ujar dr Isman dikutip dari Detik.com.

nasi minyak

Lama-lama bisul yang berada dalam pembuluh darah ini tiba-tiba di isi seperti benjolan yang mengakibatkan penyempitan. Apabila telah terjadi Iskemia maka seseorang bakal mengalami sejumlah gejala, seperti nyeri dada dan gampang lelah.

Dari yang sebelumnya naik tangga, kini jadi lebih memilih untuk naik lift karena aliran darah dalam tubuh berkurang.  Dan hal ini disebut dengan   penyakit jantung koroner. Karena aterosklerosis, proses aterosklerosis.

Maka dari itu, dr Isman pun menyarankan agar tidak mengkonsumsi nasi yang diolah dengan minyak berlebih tersebut karena bisa memicu kolesterol tinggi.

BACA JUGA  Ngeri! Ini Lho Dampak Negatif Sering Konsumsi Frozen Food