fbpx
cek penerima bansos

Cara Mengecek Penerima Bansos BLT 2023

Ada kabar baik dari pemerintah Indonesia, di mana Bansos (bantuan sosial) yang diberikan pada saat pandemi covid-19 di tahun 2021 – 2022 bakalan diberikan lagi tahun 2023 ini. Padahal kita tahu jika Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah secara resmi dicabut oleh pemerintah.

Untuk Bansos 2023 yang dianggarkan oleh pemerintah juga sangat besar, yakni nominalnya mencapai Rp 470 triliun. Dana tersebut dibagikan menjadi beberapa bantuan, mulai dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP), Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), KIS PBI, Prakerja, serta BLT Dana Desa.

5 Daftar Bansos Cair Tahun ini, PKH, Listrik, hingga PIP

Cara Mengecek Penerima Bansos BLT 2023

Penyebab Gagal Mendapatkan Bansos 2023 dari Kemensos

Untuk setiap bansos yang diberikan oleh pemerintah ini memiliki jenis bantuan serta anggaran yang beragam.  Untuk bansos BNPT adalah berupa bantuan pangan dalam non-tunai yang nominalnya sebanyak Rp 200 ribu per bulan.

Lalu ada bansos PKH yang diberikan untuk 10 juta keluarga di seluruh Indonesia. Untuk bantuan PKH bagi ibu hamil dan usia dini nominalnya adalah Rp 3 juta pertahun, lalu untuk siswa SD mendapat Rp 900 ribu per tahun, siswa SMP menerima Rp 1.5 juta per tahun, siswa SMA mendapat Rp 2 juta pertahun.

bansos pkh 2023

Lalu untuk penderita disabilitas serta lansia yang berusia 70 tahun, bakal mendapatkan bantuan senilai Rp 2.4 jutaan pertahun. Berikut ini cara mengecek penerima bansos 2023 yang bisa anda lakukan

Cara Mengecek Penerima Bansos 2023

Dengan banyaknya jumlah bansos yang diberikan pemerintah Indonesia, berikut ini kami bagikan cara mengecek penerima bansos 2023 yang bisa anda gunakan.

  1. Langkah pertama silahkan anda buka laman https://cekbansos.kemensos.go.id/
  2. Langkah selanjutnya silahkan anda maka masukan wilayah penerima manfaat, mulai dari Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan, serta Desa sesuai wilayah domisili anda.
  3. Silahkan anda isi data wilayah penerima manfaat
  4. Setelah itu, silahkan anda masukan nama penerima manfaat sesuai dengan data yang tertera di e-KTP atau Dukcapil sesuai dengan identitas diri anda
  5. Selanjutnya silahkan anda ketik huruf kode chaptca untuk verfikasi
  6. Selanjutnya silahkan anda klik opsi ‘Cari Data’
BACA JUGA  Bantuan UMKM 2,5 Juta Rupiah Untuk Pemilik Kartu Prakerja

Download Aplikasi Daftar Bansos

Nantinya sistem bakal mengecek Bansos Kemensos dan mencari Nama Penerima Manfaat bantuan tersebut. Jika anda termasuk, maka nama anda bakalan tertera di layar.

Cukup sekian cara mengecek penerima bansos BLT 2023 kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

5 Daftar Bansos Cair Tahun ini, PKH, Listrik, hingga PIP

Cara Mengecek Penerima Bansos BLT 2023

Penyebab Gagal Mendapatkan Bansos 2023 dari Kemensos