fbpx
bansos pkh 2023 cair

5 Daftar Bansos Cair Tahun ini, PKH, Listrik, hingga PIP Untuk Membantu Ekonomi Keluarga Sederhana

Dari kabar yang beredar, jika pemerintah Indonesia ini berencana untuk melanjutkan pembagian Bansos (bantuan sosial) kepada masyarakat di tahun 2023 ini. Sejumlah bansos yang akan cair pada awal tahun 2023 ini seperti bansos PKH serta Kartu Prakerja. Tentunya untuk keluarga kaya yang mempunyai dealer mobil serta Cicilan rumah tidak berhak atas Bantuan ini.

Nah untuk mendaftarkan Kartu Prakerja ini memiliki persyaratan yang berbeda dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Selain itu untuk insentif yang diberikan pun juga nominalnya lebih besar, yakni mencapai Rp 4.2 juta.

Download Aplikasi Daftar Bansos

Sementara itu, untuk Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk karyawan dikabarkan telah ditiadakan pada tahun 2023 kali ini. Nah untuk anda yang penasaran, berikut ini daftar bansos yang bakalan cari pada tahun 2023 selengkapnya.

 

Daftar bansos yang cair pada 2023:

bansos pkh 2023 cair

1. Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

Melanjutkan program tahun kemarin, kini bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) masih akan tesedia untuk keluarga miskin yang diberi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok dasar pangan mereka. Sebelumnya untuk kebutuhan pokok yang diberikan kepada penerima bansos ini hanya komoditas beras dan telur.

Namun untuk tahun 2023 ini, BPNT bakalan lebih bervariatif yakni seperti dari awalnya keperluan primer yang bisa diterima oleh masing-masing keluarga cuma terbagi dalam komoditas beras dan telur.

Tetapi sekarang BPNT diberi lebih bervariadi seperti jenis karbohidrat, sayur sampai buah. Yang menerima BNPNT umumnya akan memperoleh manfaat sejumlah Rp200.000 /bulan untuk satu orang.

5 Daftar Bansos Cair Tahun ini, PKH, Listrik, hingga PIP

Cara Mengecek Penerima Bansos BLT 2023

Penyebab Gagal Mendapatkan Bansos 2023 dari Kemensos

2. PKH

Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai salah satu kenis program bansos yang dirancang oleh pemerintah Indonesia yang tujuannya adalah menolong keluarga yang kurang mampu dalam tingkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial mereka di lingkungan.

BACA JUGA  Intip Profesi Jasa Pemberi Nama, Bisa Raup Rp. 144 Juta Per Bayi

Bansos PKH ini sendiri merupakan program bantuan langsung ke masyarakat (BLM) yang pertama kali dilekukan pada tahun 2008 silam. Bagi mereka yang termasuk keluarga tidak mampu bakal mendapatkan bantuan senilai Rp 550 ribu untuk sati KK. Selain itu bantuan ini juga diberikan kepada ibu hamil serta balita.

3. Bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Bantuan ini diberi pemerintah ke masyarakat Indonesia yang memerlukan untuk membayar iuran bulanan BPJS. Dengan begini bagi mereka yang termasuk penerima bantuan tersebut, tidak perlu membayar lagi iuran bulanan.

4. Subsidi Listrik

Pemerintah Indonesia membuat program bansos bantuan listrik ini untuk diberikan pada keluarga tidak mampu. Bantuan sosial ini mempunyai tujuan supaya mereka dapat membayar tagihan istrik bulanan dengan biaya yang lebih murah dari biasanya. Bantuan ini juga diberikan sesuai dengan daya listrik yang dipakai oleh masyarakat tersebut.

5. Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP)

Dan bansos terakhir yang bakalan cair pada tahun 2023 ini adalah Program Indonesia Pintar (PIP) bagi para pelajar SD, SMP, dan SMA yang masuk dalam kualifikasi. Bagi pelajar yang memenuhi persyaratan akan dapat bantuan sebesar Rp 1 juta, bantuan PIP ini juga berasal dari Kementrian Agama untuk pelajar MI, MTS, serta MAN.

 

5 Daftar Bansos Cair Tahun ini, PKH, Listrik, hingga PIP

Cara Mengecek Penerima Bansos BLT 2023

Penyebab Gagal Mendapatkan Bansos 2023 dari Kemensos