Segera Cek! Cara Ketahui Aplikasi Berbahaya “Paket APK” Dkk di HP Android

Baru-baru ini heboh penipuan berkedok paket di WhatsApp. Modus penipuan ini memancing korban dengan memintanya untuk menginstal aplikasi jahat.

Motif penipuan ini tentu saja membantu jalannya social engineering pelaku. Namun ternyata ada cara untuk mengetahui, apakah ada aplikasi jahat yang terinstal di HP.

Hal ini disampaikan oleh pengamat keamanan siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya, melansir Detik Inet saat mencoba menghubunginya.

“Untuk tahu aplikasi jahat disarankan pakai antivirus untuk Android. Dan jangan pernah instal aplikasi dari luar Play Store,” ucapnya pada Selasa (6/12/2022).

 

Kedua, untuk menjaga dari tindak pencurian SMS yaitu dengan mengecek aplikasi apa saja yang mempunyai akses ke SMS. Hal ini karena pelaku kejahatan dengan modus serupa kerap kali memanfaatkan aksi SMS to Telegram.

Berikut ini dapat disimak, cara mengetahui apakah ada aplikasi jahat yang terinstal di HP sekaligus mencegah forward SMS to Telegram di Android yang digunakan untuk mencuri kode OTP:

  • Masuk ke menu “Settings”, klik “Search”.
  • Ketik “Permission Manager”, lalu klik.
  • Scroll ke bawah dan cari SMS, dan klik.
  • Cari “Allowed” dan klik “Telegram”, nantinya akan muncul pop up SMS permission Telegram.
  • Kemudian pilih “Don’t Allow” dan klik “Back”.
  • Pastikan daftar SMS yang di allowed hanya aplikasi yang di percaya saja.

“Kalau ada nama aplikasi pencuri SMS yang beredar namanya [J&T_Express] atau nama apa saja yang asing. Langsung [Don’t Allow] dan uninstal aplikasinya. Pastikan akun m-Banking anda masih aktif dan kalau perlu segera reset kredensial m-Banking ke bank,” imbuhnya.

BACA JUGA  Video Penggrebekan Sabung Ayam Viral, Kocar-Kacir Nyebur Tambak!