Pemandangan Tak Biasa Ini Muncul Saat Sungai Terpanjang di Dunia Mengering

Amerika Serikat mempunyai sungai terpanjang yang rupanya cukup menyita perhatian disaat kering.

Sungai Mississippi akan menunjukkan pemandangan tak biasa disaat kekeringan melanda, yakni penampakan dasar sungai yang sangat menakjubkan.

Tatanan bebatuan unik membentuk formasi cantik yang jarang sekali dilihat, namun bisa di akses dengan berjalan kaki.

Salah satunya adalah Tower Rock, merupakan sebuah pulau besar terletak di tengah sungai Mississippi, tepatnya di bagian selatan St. Louis.

Biasanya, lokasi tersebut tampak dikelilingi air yang hanya bisa di akses dengan naik perahu. Akan tetapi sangat berbeda saat kekeringan parah melanda Midwest dan membuat permukaan sungai berada di rekor terendah.

“Sungai yang dalam keadaan turun cukup rendah, memungkinkan sekali bagi Anda bisa berjalan ke Tower Rock dan tidak membuat kaki Anda basah atau bahkan berlumpur,” ujar salah seorang penduduk Missouri, Jeff Biget.

Foto-foto yang telah diambil oleh Biget juga menunjukkan saat orang-orang tengah melintasi dasar sungai berbatu ke pulau berbentuk menara tersebut. Bahkan diperkirakan permukaan air terus turun setidaknya selama dua minggu ke depan.

Pemandangan Tower Rock bisa ditempuh dengan berjalan kaki disaat ketinggian air berada di bawah 1,5 kaki di pengukur sungai Chester, Illinois, demikian menurut Departemen Konservasi Missouri.

Pengukur itu pun turun hingga angka nol dan tak menunjukkan adanya tanda-tanda kenaikan.

Tidak sedikit, lebih dari 55% wilayah yang berdekatan mengalami kekeringan, dan yang terbesar sejak adalah sejak April.

Terdapat lebih dari 133 juta orang tinggal di daerah yang dilanda kekeringan tersebut, dan jumlah populasi terbesar yang terdampak sejak 2016.

Terjadinya kekeringan parah meliputi lebih dari 70% di Arkansas dan hampir 40% Missouri, dimana naik hanya 5% sebulan yang lalu.

Curah hujan beberapa minggu terakhir mencapai rekor terendah di beberapa lokasi termasuk Fayetteville, Arkansas, Memphis, Missouri, dan Springfield.

BACA JUGA  Ini Sosok Muskan Khan yang Viral Usai Perjuangkan Hak Hijab di India