BLT Anak Sekolah Rp. 4,4 Juta Segera Cair, Ini Cara Daftarnya!

Sejak pandemi covid 19 pemerintah seperti tak berhenti mencari solusi untuk mengatasi masalah finansial masyarakat. Bagaimana tidak, sejak pandemi tersebut dampak yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia adalah perihal ekonomi.

Secara bijak pemerintah berusaha keras dalam pemerataan pembagian bantuan sosial atau bansos. Mulai dari PKH, BNPT dan bantuan anak sekolah. Sebelumnya sudah dilakukan pemerintah untuk memberikan bantuan kepada anak sekolah mulai SD sampai dengan SMA sesuai kemampuan anggaran negara.

Kini, April 2022 memasuki bulan suci ramadhan bukan saja isu soal di perpanjangnya bantuan sosial berupa sembako kepada pemegang kartu PKH melainkan adanya kembali bantuan anak sekokah.

Belum Terdaftar Bansos? Download aplikasi Bansos Segera

BLT Anak Sekolah Rp. 4,4 juta sudah ramai di bicarakan, kabarnya akan cair pada bulan ini. Bantuan ini tak lain adalah bagian dari PKH. Bagi calon penerima baru bisa cek BLT Anak Sekolah Rp. 4,4 Juta dan kalau tersedia bisa mendaftar secara online di Aplikasi Cek Bansos.

Bantuan yang termasuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH) ini salah satu penerimanya adalah kategori siswa pelajar. Adapun penerimanya mulai dari tingkat sekolah dasar (SD), SMP, dan SMA apabila telah memenuhi syarat. Jadi, sebelum mendapatkan PKH penerima telah lebih dulu terdata pada sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau (DTKS).

DTKS sendiri menjadi basis data peserta penerima PKH yang telah tersingkronisasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan sudah terverifikasi. Bagi yang ingin mendapatkan BLT harus terdata dalam DTKS yang mana cara pendaftarannya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Cek Bansos

Aplikasi Cek Bansos dari Kemensos bisa di unduh karena sudah tersedia di Google Play Store, pastinya gratis. Pendaftaran BLT Anak Sekolah juga tidak di pungut biaya, untuk lengkapnya simak panduan dibawah ini.

  • Download aplikasi ‘Cek Bansos’ di Google Play Store.
  • Buat akun baru, dengan langkah daftar terlebih dahulu. Pertama adalah membuat user id dengan memakai data diri lengkap sesuai KTP, KK serta foto selfie.
  • Apabila akun selesai dibuat, silakan login kembali ke aplikasi Cek Bansos.
  • Klik menu “Daftar Usulan”
  • Kemudian isi data diri lengkap. Jangan lupa sertakan pula foto selfie dan foto rumah.
BACA JUGA  Miris! Seorang Bocah Dirantai Ditemukan Tak Berdaya di Rumah yang Terbakar!

Setelah berhasil input data, pihak admin Kemensos nantinya akan melakukan validasi data serta verifikasi sebelum akhirnya akun peserta akan diaktivasi.

BLT Anak Sekolah Rp. 4,4 juta sebetulnya diberikan dengan nominal berbeda. Dengan kata lain maka tidak sepenuhnya benar, Rp. 4,4 juta untuk setiap penerima. Jumlah tersebut tak lain merupakan total dari keseluruhan antara SD, SMP dan SMA.

Untuk lebih jelas, berikut rincian nominal BLT Anak Sekolah dari PKH.

  • Siswa SD mendapatkan Rp. 225 ribu per tahap atau Rp. 900 ribu per tahunnya.
  • Siswa SMP mendapatkan Rp. 375 ribu per tahap atau Rp. 1,5 juta per tahunnya.
  • Siswa SMA mendapatkan Rp. 500 ribu per tahap atau Rp. 2 juta per tahunnya.

Namun, ketentuan PKH untuk para peserta dibatasi dalam 1 KK penerima PKH yakni hanya untuk 4 jiwa. Dengan begitu apabila dalam 1 KK mempunyai satu anggota siswa SD, satu anggota siswa SMP, dan satu anggota siswa SMA dalam setahun bisa cairkan dana PKH hingga Rp. 4,4 juta.

Belum Terdaftar Bansos? Download aplikasi Bansos Segera

Sementara untuk jadwal penyaluran, PKH akan disalurkan setiap tiga bulan sekali. Tahap I pada bulan Januari-Maret, tahap II bulan April-Juni, tahap III bulan Juli-September, dan tahap IV bulan Oktober-Desember.