Bantuan BLT minyak goreng 300.000 dari presiden liputantimes.com 2022

Selamat! Cair Bulan ini BLT Minyak Goreng, Satu Keluarga Dapat Rp. 300.000

Kelangkaan minyak goreng memberikan dampak harga yang relatif tinggi dari sebelumnya. Bahkan saat ini harga minyak goreng kemasan untuk per liternya hampir dua kali lipat dari harga normal yang sebelumnya.

Kondisi seperti ini tentu menjadi sorotan bagi semua pihak, termasuk Presiden Indonesia Joko Widodo. Belum lama ini Presiden Jokowi mengumumkan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai atau (BLT) berupa minyak goreng untuk keluarga sampai dengan pedagang kaki lima (PKL). Kabarnya bantuan tersebut akan diberikan untuk periode bulan April, Mei dan Juni.

“Kita tahu harga minyak goreng naik cukup tinggi sebagai dampak lonjakan harga minyak sawit di pasar internasional. Untuk meringankan beban masyarakat pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng,” kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers virtual, Jumat (1/4/2022).

Jokowi juga menjelaskan jika nilai bantuan tersebut diberikan sebesar Rp 100.000/bulan. Untuk skema pencairannya akan diberikan dimuka April ini, sekaligus rapel untuk tiga bulan yakni Rp 300.000.

“Adapun bantuan yang diberikan sebesar Rp. 100.000. Pemerintah akan memberikan bantuan itu untuk setiap bulannya. Pemerintah akan memberikan 3 bulan sekaligus yaitu April, Mei, Juni yang akan dibayar dimuka pada bulan April 2022 sebesar Rp 300.000,” terangnya.

Sebagai informasi, bantuan ini akan digelontorkan untuk 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai atau (BPNT) dan Program Keluarga Harapan atau (PKH).

Cek Bansos Kemensos 2022, Syarat dan Cara Dapat Bantuan Sampai Rp10 Juta!

“Serta 2,5 juta pkl yang berjualan makanan gorengan,” imbuhnya.

“Saya minta Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, dan TNI serta Polri berkoordinasi agar pelaksanaan penyaluran bantuan ini berjalan dengan baik dan lancar,” sambung Jokowi mengutip Detik Finance, Sabtu (2/4/2022).

bansos minyak goreng jokowi liputantimes.com 2022

Ia juga menyebut dalam akun Instagram bahwa langkah yang dilakukan guna meringankan beban masyarakat sebagaimana diketahui.

“Untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng. Bantuan itu akan diberikan pada 20,5 juta keluarga yang termasuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan,” ujar Jokowi, mengutip Pikiran Rakyat dari Instagram Official @jokowi.

BACA JUGA  Nonton Better Days 2019 Sub Indo Peraih Nominasi Oscar!

“Terakhir, saya minta Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, dan TNI/Polri berkoordinasi agar pelaksanaan penyaluran bantuan berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya mengakhiri pengumuman.

Masyarakat bisa mengetahui daftar penerima bansos BPNT dan PKH melalui situs di alamat cekbansos.kemensos.go.id dengan cara berikut:

  • Buka laman situs cekbansos.kemensos.go.id
  • Pilih wilayah penerima manfaat dengan mencantumkan provinsi, kabupaten/ kota, kecamatan dan kelurahan.
  • Cantumkan nama lengkap sesuai KTP.
  • Tuliskan 8 huruf kode yang diminta.
  • Klik menu “Cari Data” untuk menemukan daftar penerima manfaat. Apabila terpampang di layar hasil pencarian, maka Anda berhak mendapatkan BLT minyak goreng.
Cek Bansos Kemensos 2022, Syarat dan Cara Dapat Bantuan Sampai Rp10 Juta!