Kepoin Yuk Fakta-Fakta Menarik Tentang Bumi Kita

Di dalam tata surya, kita mengenal beberapa planet. Salah satunya yakni Bumi merupakan planet yang sempurna bagi kehidupan yang punya beragam hal menarik. Diantara beberapa planet lainnya, hanya Bumi yang bisa di hidupi. Hal menarik tentang Bumi kita bida disimak dari beberapa poin berikut, menghimpun Detik Inet, Sabtu, (19/3/22):

  1. Bumi Tidak Berbentuk Bulat Sempurna

Bentuk Bumi tidaklah datar, sebagaimana kita tahu planet-planet mempunyai bentuk bulat. Apalagi jika dilihat dari Luar Angkasa, selain dominan terlihat biru lantaran luasnya samudra yang membentang, ternyata jika di amati dari atas bentuk Bumi memang tidak bulat sempurna. Ini karena kekuatan yang dihasilkan pada saat Bumi berotasi, Kutub Utara dan Selatan menjadi sedikit datar.

  1. Mempunyai Medan Gravitasi Tidak Sama Rata

Pada dasarnya permukaan Bumi banyak bebatuan dan bergelombang, sehingga medan gravitasinya tidak sama. Terlebih lagi bentuk Bumi yang tidak bulat sempurna. Ada berbagai macam anomali gravitasi di Bumi, baik itu positif atau negatif.

  1. Usia Bumi Sudah Sangat Tua

Lembaga National for Science Educations menentukan perkiraan umur Bumi dari hasil riset bebatuan maupun meteor yang ada di planet ini. Diestimasi umur Bumi yakni sudah sekitar 4,54 miliar tahun.

  1. Populasi Bumi 60% Berada di Asia

Asia merupakan salah satu benua terbesar di Bumi sekaligus paling banyak penduduknya. Dengan lebih dari 40 negara berada di benua ini, dan sebagian di antaranya mempunyai tingkat populasi besar. Jadi tidak mengherankan jika sekitar 60% manusia hidup di kawasan Asia.

BACA JUGA  Sinopsis dan Link Nonton Film Don 3 Shahrukh Khan Subtitle Indonesia

  1. Sebelah Lautan Merupakan Tempat erkering di Bumi

Kalian tentu pernah mendengar Gurun Acatama di Chile, dikenal sebagai lokasi paling kering di Bumi. Akan tetapi, letaknya berada di sebelah Lautan Pasifik yang merupakan penampung air terbanyak di Bumi. Disana memang cukup panas, rata-rata temperatur di Acatama yaitu sekitar 17 derajat Celcius.

  1. Satu Hari Saja di Bumi Bertambah Lama

Tahukah kalian, bahwa pada awal usia Bumi, satu hari di planet ini hanya sekitar 6 jam sana. pada saat itu, satu hari di Bumi adalah 24 jam, tetapi akan bertambah lama. Setiap satu abadnya satu hari bertambah lama yakni 1,7 milidetik.

  1. Berat Manusia yang Berbeda, Tergantung Lokasi

Ini menurut Live Science, berat manusia bisa berbeda karena tergantung lokasinya di Bumi. Misalnya, berat seseorang di ekuator bisa saja lebih ringan daripada jika dia berada di kutub meski tidak banyak. Perbedaannya kisaran antara 0,5%.

  1. Antartika Mengandung Es Air Tawar Bumi 70%

Berdasarkan American Museum of Natural History, hanya sekitar 3% air yang ada di dunia adalah air tawar. Dimana 70%-nya berada di bagian antartika. Mayoritas air di Bumi ini merupakan air asin.

  1. Antartika Secara Teknis Merupakan Gurun

Kita tahu bahwa Antartika diselimuti dengan es dan sangat dingin temperaturnya. Tetapi karena curah hujan sangat rendah, Antartika secara teknis merupakan sebuah gurun.

  1. Amazon adalah Hutan Hujan Terbesar Dunia

Siapa yang tidak akrab dengan kawasan Hutan Amazon, berlokasi di Amerika Selatan, yang merupakan hutan hujan dengan areanya paling besar di dunia. Di sana, terdapat sekitar 30 juta populasi manusia. Lalu, satu di antara sepuluh spesies yang teridentifikasi di Bumi tinggal di Amazon.

  1. Jarak Bumi dengan Matahari

Menurut Space.com, jarak Bumi dan Matahari diestimasi sekitar 150 juta kilometer. Dengan jarak tersebut, maka dibutuhkan waktu kira-kira 8 menit dan 19 detik untuk cahaya Matahari bisa mencapai planet ini.

  1. Jumlah Spesies di Bumi

Tidak dipungkiri, sangat banyak makhluk hidup yang menghuni planet Bumi. Menurut National Geographic, ada sekitar 8,7 juta spesies yang teridentifikasi di planet ini, baik itu flora maupun fauna seperti yang kita tahu saat pada faktanya.

  1. Di Bumi Ada Pohon Tertua yang Usianya Sekitar 5.000 Tahun

Jika harus memberikan pertanyaan yang cocok, pohon apa sih yang paling tua usianya di Bumi ini? Berdasarkan data Guiness Book of World Records, pohon itu bernama Methusala yang usianya diperkirakan sudah 4.854 tahun.

  1. Libya Merupakan Tempat Terpanas Bumi

Di Bumi ada tempat terpanas, tepatnya berada di El Azizia, Libya. Earth Observatory NASA Mencatat bahwa pada 13 September 1922, suhu disana bisa tembus sampai 57,8 derajat Celcius.

  1. Tempat Terdingin Bumi Berada di Kawasan Rusia

Adapun lokasi terdingin di muka Bumi yakni berada di Vostok Station, Rusia. Tercatat, temperatur di sana mencapai rekor minus 89,2 derajat Celsius pada tanggal 21 Juli 1983.

BACA JUGA  Sepasang Pengantin Menikah dengan Mahar Minyak Goreng Apa Maksudnya?

Itulah beberapa fakta tentang Bumi kita.