fbpx

Batuk dan Pilek? 5 Makanan Sehat Ini Bisa Bantu Jaga Kesehatan Tubuh Selama Musim Hujan

Setiap musim yang berubah, kondisi kesehatan seseorang terkadang rentan menurun. Apalagi saat musim penghujan telah tiba, sepertinya banyak dari mereka mengalami batuk dan pilek sebagai hal biasa. Namun jangan spelekan hal ini, karena kondisi tidak sehat jika dibiarkan bisa bertambah parah sekalipun itu suatu yang umum terjadi. Flu (Batuk dan Pilek) kebanyakan menyerang saat musim penghujan, perubahan iklim dari panas ke hujan.

Setiap orang tentu menginginkan kondisi tubuh sehat dan bugar, karena itu adalah aset terpenting kita untuk selalu ceria dan bahagia dengan kondisi sehat. Untuk itu cegah atau obati jika anda sedang tidak baik-baik saja. Melansir dari Food NDTV (18/12), imunitas tubuh harus tetap terjaga selama musim hujan agar terhindar dari flu. Oleh karena itu, kita perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat antioksidan tinggi, anti inflamasi, dan vitamin C. Nah, berikut ini ada 5 jenis makanan sehat yang bantu kesehatan tubuh selama musim hujan.


1. Bawang Putih

Dari 5 makanan sehat yang bantu jaga kesehatan tubuh selama musim hujan, salah satunya adalah Bawang putih. Ini merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat diandalkan dan bahkan setiap hari mempergunakannya. Bukan hanya dapat digunakan sebagai bumbu masakan saja, tetapi bawang putih juga bisa untuk pengobatan tradisional. Bawang putih kerap dijadikan sebagai pengobatan tradisional untuk beragam penyakit pada zaman dahulu.

Salah satu jenis penyakit yang bisa di obati dengan bawang putih adalah flu, batuk dan pilek. Ini karena di dalam bawang putih mengandung zat anti inflamasi dan anti mikroba yang tinggi yang mampu mencegah batuk dan pilek dan melawan infeksi. Bawang putih bisa di konsumsi dalam keadaan mentah, atau bisa di racik menjadi minuman hangat.

2. Madu

Dikenal sebagai pemanis alami, Madu memberikan banyak manfaat yang tak disangka-sangka. Bahkan zat pemanis di dalam kandungan madu mampu menggantikan gula untuk kebutuhan sehari-hari, baik dalam meracik kopi, susu, teh atau lain sebagainya. Bukan hanya manis tetapi madu banyak mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Madu bermanfaat sebagai antibiotik alami karena mengandung hydrogen peroxide yang menjadi zat anti bakteri.

BACA JUGA  Terlalu Banyak Minum Air Putih Bisa Berujung Kematian?

Dalam kondisi flu, kamu bisa mencoba mengonsumsi madu sebagai khasiat alami bisa dengan cara langsung diminum atau dengan air hangat. Namun tetap harus di perhatikan bahwa batas konsumsi madu tidak boleh lebih dari 9 sdm madu (36 gram) untuk pria dan 6 sdm (24 gram) untuk wanita dan anak kecil.

3. Jeruk

Seperti yang kita tahu bahwa buah jeruk kaya akan vitamin c. Dalam hal ini ia tergolong salah satu jenis makanan yang bisa bantu jaga kesehatan tubuh selama musim hujan, terutama saat batuk pilek. Melansir dari USDA, di dalam 100 gram jeruk terdapat vitamin C sebanyak 53,2 miligram. Sedangkan vitamin C sendiri dibutuhkan untuk menjaga imunitas tubuh.

Selain vitamin C, buah jeruk juga kaya akan zat antioksidan, yang mana akan membantu tubuh tetap sehat dan terlihat fresh atau tak mudah terserang penyakit. Kamu bisa mengonsumsi wedang jeruk setiap hari secara rutin namun cukup sekali sehari selama batuk. Sebab bagaimanapun, air putih tetap yang terbaik dikonsumsi dalam jumlah banyak

4. Jahe

Rempah yang satu ini sering digunakan sebagai wedangan. Ya, selain bawang putih, madu dan jeruk, jahe sang bumbu dapur umum digunakan oleh orang Indonesia kaya akan manfaat bagi kesehatan. Selain untuk bumbu masakan, jahe juga bisa digunakan untuk minuman hangat. Jahe mengandung zat antioksidan, anti bakteri, anti viral, hingga anti inflamasi yang cukup tinggi.

Sehingga jahe bisa di konsumsi karena dapat membantu dalam mengatasi flu yang menyerang tubuh. Kamu bisa menjadikan jahe sebagai wedang, dibakar atau tidak sesuai selera. Lalu di tumbuk sedikit dan masukkan pada air hangat yang telah di kasih gula sesuai kebutuhan saja.

5. Kunyit

Sama halnya jahe, kunyit juga termasuk salah satu rempah yang umum digunakan sebagai bumbu masakan di Indonesia, kunyit banyak digunakan sebagai rempah-rempah. Kunyit sebagaimana kita tahu sering dimanfaatkan untuk bumbu dapur seperti gulai, bumbu ungkep ayam goreng, jamu dan masih banyak lagi.

Kunyit adalah jenis rempah yang menghasilkan warna kuning, ternyata bermanfaat sebagai obat tradisional. Salah satunya juga menjadi ramuan batuk dan pilek. Zat antioksidan di dalam kunyit bisa mengatasi flu. Kamu bisa mengonsumsinya menjadi minuman segar hangat.