dune
Tangkapan gambar YouTube/Warner Bros. Pictures

Ini Dia Alasan Kamu Harus Nonton Film Dune: Aksi Menegangkan Timothee Chalamet Melawan Cacing Raksasa

LiputanTimes.com – Setelah beberapa kali tertunda akibat pandemi, Dune akhirnya tayang perdana di Indonesia pada Rabu (13/10/2021).

Film Dune merupakan adaptasi dari novel fiksi ilmiah karya Frank Herbert (1965) yang memenangkan penghargaan Hugo dan Nebula.

Film Dune digarap oleh sutradara ternama, Denis Villenueve, yang juga sempat menggarap Arrival dan Blade Runner 2049. Dibintangi oleh berbagai aktor dan aktris ternama, berikut sinopsis film Dune.

Sinopsis

Dune menceritakan Paul Atreides (Timothee Chalamet), anak dari Duke Leto Atreides (Oscar Isaac) dan Lady Jessica (Rebecca Ferguson), yang bisa melihat masa depan melalui mimpinya.

Paul sering bermimpi tentang Chani (Zendaya), seorang penduduk asli Arrakis atau disebut Fremen. Dalam mimpinya, Chani menceritakan penjajahan yang dialami oleh kaumnya selama ini.

Konflik muncul ketika keluarga Atreides ditunjuk untuk memerintah Arrakis oleh sang Kaisar. Arrakis adalah sebuah planet yang gersang berpasir namun menyimpan Melange, jenis rempah-rempah yang dapat memperpanjang usia.

Saat itu Arrakis tengah dikuasai oleh Harkonnen yang kejam. Tentu saja, Harkonnen tidak ingin kehilangan sumber daya yang begitu berharga yaitu, Melange dan Fremen.

Keluarga Atreides menghadapi semua konflik dan peperangan demi melaksanakan tugas dari sang Kaisar. Paul yang mulai tinggal di Arrakis pun perlahan menyadari bahwa mimpinya merupakan petunjuk atas takdirnya.

Sinematografi yang memukau

Selain nama-nama yang disebut di atas, film berdurasi 155 menit ini pun dibintangi oleh Jason Momoa, Stellan Skasgard, dan Dave Bautista. Sinematografi film ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton.

Villenueve berhasil menyulap hamparan pasir yang terbayang membosankan menjadi hamparan penuh misteri dari awal hingga akhir film.

Selain itu, cacing gurun sebesar 400 meter beserta detail yang ditampilkan pun tergambar sempurna.

Hal menarik lainnya dari film ini adalah kehadiran Ornithopter, sebuah helikopter berbentuk capung dalam semesta Dune.

Villenueve berhasil menghidupkan detail helikopter itu dengan baik, di mana pengoperasian sayap-sayapnya yang begitu rumit diolah menjadi tarian sayap yang indah.

BACA JUGA  Link Nonton Film Hidden Figures (2016) Sub Indo, Kisah Dibalik Proyek Apollo 11!

Dune juga berhasil mendapatkan banyak komentar positif dari penonton, begitu pula akting dari setiap aktor dan aktrisnya. Selain itu, film ini mendapatkan rating 8.4 pada IMDB dan 90% pada Rotten Tomatoes.

***