fbpx

Daftar Di Sini! Tata Cara Mencairkan BSU Kemnaker 2021, Bisa Lewat Situs, WA, atau Call Center

LiputanTimes.com – Apabila sudah memenuhi persyaratan sebagai calon penerima, Anda bisa mencairkan dana BSU melalui situs BPJS Ketenagakerjaan, situs Kemnaker, WhatsApp, atau Call Center 175.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Melalui situs Kemnaker

Setelah Anda masuk ke dalam situs Kemnaker, lakukan pendaftaran jika Anda belum memiliki akun.

Lengkapi pendaftaran akun lalu aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda.

Setelah melengkapi profil termasuk foto profil, status pernikahan, dan tentang diri, Anda akan mendapatkan pemberitahuan apakah Anda terdaftar atau tidak sebagai penerima BSU.

Cek status penerimaan

Setelah melakukan registrasi akun, Anda akan menunggu tiga jenis status. Status pertama adalah calon pendaftar. Status kedua adalah penetapan pendaftar. Status ketiga adalah penyaluran dana.

Status pertama

Jika terdaftar sebagai calon penerima BSU, Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa Anda telah diterima. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menunggu tahapan berikutnya.

Anda juga akan mendapatkan notifikasi apabila tidak memenuhi persyaratan sebagai penerima BSU dan apabila Anda memenuhi persyaratan namun data dari BPJS Ketenagakerjaan belum diserahkan ke Kementerian Ketenagakerjaan.

Status kedua

Apabila sudah lolos tahap pertama, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa Anda telah ditetapkan sebagai penerima BSU. Notifikasi juga akan diberikan jika Anda tidak lolos tahap ini.

Status ketiga

Terakhir, apabila dana BSU telah masuk ke rekening Bank Himbara (Mandiri, BRI, BNI, BTN), Anda juga akan mendapatkan notifikasi.

Begitu pula jika rekening baru Anda telah dibuatkan oleh pihak terkait. Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa dana telah ditransfer ke salah satu Bank Himbara (Mandiri, BRI, BNI, BTN).

Selanjutnya, Anda diminta untuk segera melakukan aktivasi rekening baru agar dana BSU bisa dicairkan.

Mencairkan dana BSU via WhatsApp ke 081380070175 dan Call Center 175

Kirim pesan apa saja lalu tunggu balasan “Informasi Calon Penerima BSU 2021”. Setelah itu, ikuti panduan yang diberikan.

BACA JUGA  Syarat dan Cara Mencairkan BSU Kemnaker, Mudah Tidak Perlu Rekening Himbara

Untuk call center, buat panggilan ke nomor 175 lalu ikuti instruksinya.

Sekian penjelasan cara mencairkan BSU Kemnaker tahun 2021. Klik link di bawah ini untuk mulai mendaftar.

Daftar BSU via situs Kemnaker di sini.