Tidur berkualitas

Jangan Abai! Begini Tips Tidur Berkualitas yang Penting untuk Kesehatan

Ternyata ada banyak hal yang bisa kita lakukan demi menjaga kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya adalah menjaga pola makan, mengonsumsi suplemen ataupun vitamin, dan melakukan berbagai aktivitas fisik. Namun siapa sangka, kita justru lupa kalau tidur berkualitas juga memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Cara paling tepat mendapatkan tidur berkualitas

Ketahuilah, tidur berkualitas bukan sekadar memejamkan mata saja. Tidur yang dikatakan baik harus mampu menjadikan hidup Anda semakin berkualitas pula. Selain itu, tidur yang baik juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan risiko stres, depresi, dan lain sebagainya.

Namun sayang, tak semua orang bisa memiliki tidur berkualitas. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal semacam ini terjadi. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa tips tidur berkualitas yang mudah diterapkan sehingga kesehatan tubuh lebih terjaga. Di antaranya sebagai berikut:

Berolahraga secara rutin

Tidur berkualitas

Para ahli menganjurkan kita untuk berolahraga secara rutin di mana dan kapan saja. Hal ini tentu tidak lepas dari berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga itu sendiri. Salah satunya adalah tidur berkualitas yang sangat memengaruhi kesehatan tubuh Anda.

Melakukan peregangan sebelum tidur

Anda juga disarankan untuk melakukan peregangan sederhana sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk melepaskan ketegangan pada setiap otot dan menjadikan tubuh merasa lebih rileks saat tidur. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan tidur berkualitas dan bangun lebih segar keesokan harinya.

Cara mendapatkan tidur berkualitas dengan peregangan sederhana ini sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu berbaring telentang di tempat tidur ataupun lantai, kemudian tekuk kaki kanan seakan hendak menyentuhkan lutut ke bagian dagu. Dengan peregangan ini, Anda akan merasakan tarikan pada bagian hamstring dan juga punggung bagian bawah.

Tahan posisi ini sekitar 15-20 detik sebelum Anda mengulanginya pada kaki kiri. Setelah itu, Anda bisa duduk dalam posisi bersila, lalu letakkan tangan kanan di lantai tepat di samping tubuh dan angkat tangan kanan ke atas telinga. Coba miringkan tubuh ke kanan, bahu ke arah bawah lantai, dan tahan sekitar 10-15 detik sebelum mengulanginya pada sisi lain tubuh.

BACA JUGA  7 Resep Minuman yang Bisa Hangatkan Tubuh Paling Gampang

Menjadwalkan waktu tidur dengan baik

Tidur berkualitas

Ketika Anda menjadwalkan tidur secara teratur, maka Anda akan mendapatkan tidur berkualitas yang selama ini diidamkan. Artinya, Anda harus tidur di waktu yang sama setiap harinya. Hal ini juga untuk mengurangi ketidakdisiplinan Anda dengan waktu tidur sehari-hari. Apalagi bagi Anda yang hobi begadang di setiap malam.

Demi mendapatkan tidur berkualitas, Anda yang telah terbiasa tidur pada pukul 22.00 harus tidur di jam yang sama setiap harinya. Ketahuilah, keteraturan semacam ini bisa membantu metabolisme tubuh Anda berjalan lebih baik dan sempurna.

Mengenali kebiasaan diri

Ketika Anda sudah mendapatkan jam tidur yang tepat di setiap malam, pastikan Anda mempersiapkan segala sesuatu yang biasa dilakukan sebelum tidur dengan baik. Dengan cara ini, jam tidur Anda tak akan terlewat sehingga tidur berkualitas pun bisa didapatkan sesuai harapan.

Mengonsumsi camilan sebelum tidur

Tidur berkualitas

Ternyata, mengonsumsi makanan sebelum tidur boleh saja dilakukan. Namun, Anda tetap harus memperhatikan makanan yang hendak disantap demi mendapatkan tidur berkualitas. Beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi menjelang tidur adalah jenis makanan ringan seperti sepotong buah atau yogurt rendah lemak.

Alternatif camilan lain adalah segelas susu hangat karena mengandung hormon melatonin yang mampu menginduksi tubuh sehingga Anda mendapatkan tidur berkualitas. Selain itu, makanan ringan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti, sereal ataupun roti gandum juga baik untuk tubuh karena mampu meningkatkan kadar trytophin dalam tubuh.

Diketahui, trytophin merupakan salah satu jenis zat kimia yang mendorong otak untuk memproduksi lebih banyak serotonin atau hormon bahagia dan santai yang membuat Anda lebih mudah terlelap. Dengan demikian, tidur berkualitas pun tak lagi jadi sekadar angan.

Matikan komputer atau laptop

Apabila Anda seorang penggila komputer atau laptop, baik itu untuk keperluan berselancar di dunia maya ataupun main game, sebaiknya buat jeda antara Anda berhenti bermain komputer dengan saat sebelum Anda naik ke atas ranjang. Minimal waktu tersebut sekitar 30 menit.

Pasalnya, Anda akan mengalami kesulitan tidur jika langsung berbaring setelah menggunakan komputer. Oleh sebab itu, buat otak relaks sejenak demi mendapatkan tidur berkualitas.

Memang prakteknya cukup sulit untuk dilakukan. Sebab, Anda merasa sedang asyik, tapi tiba-tiba harus dipaksa berhenti. Namun ketahuilah, jika Anda berhasil menerapkan cara ini, maka otak bakal terasa lebih cepat relaks dan tidur berkualitas pun bisa didapatkan.

BACA JUGA  Perokok Wajib Konsumsi 8 Makanan yang Dapat Bantu Bersihkan Paru-paru ini

Menghindari smartphone

Tidur berkualitas

Seperti halnya komputer dan laptop yang telah kita bahas sebelumnya, Anda juga harus menghindari penggunaan smartphone sebelum tidur jika ingin mendapat tidur berkualitas.

Memang tak bisa dipungkiri jika smartphone memiliki fungsi sangat krusial dalam keseharian kita. Namun, ponsel harus benar-benar dihindari menjelang tidur karena cahaya yang ditimbulkan bisa mengalihkan konsentrasi. Inilah yang kemudian membuat Anda kehilangan kesempatan mendapatkan tidur berkualitas.

Memastikan lampu kamar padam

Sebaiknya, Anda tidur dalam keadaan kamar yang gelap. Sebagian besar ahli pun mengungkap, mematikan lampu ketika beristirahat bisa memengaruhi kualitas tidur di setiap malam. Sebab, efek cahaya mampu merangsang hormon tertentu dalam tubuh sehingga memengaruhi metabolisme dan mengganggu kondisi kesehatan.

Percayalah, ketika ruangan tempat Anda beristirahat dalam keadaan gelap, maka Anda bisa mendapatkan tidur berkualitas yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Menyiapkan tempat tidur yang bersih dan nyaman

Tidur berkualitas

Poin satu ini wajib Anda terapkan jika ingin mendapatkan tidur berkualitas. Ketahuilah, tempat tidur nyaman merupakan tempat tidur yang mampu menunjang kesehatan tulang punggung sehingga harus memiliki kesamaan dengan garis tulang tersebut.

Hal ini penting dilakukan, karena saat tidur tulang punggung bisa berada di posisi paling natural demi mencegah terjadinya kelelahan pada otot. Nah, untuk mendapatkan tidur berkualitas, Anda juga harus memastikan tempat tidur bebas dari segala kotoran, debu, ataupun tungau yang mudah berkembang biak di dalamnya.

Coba ingat lagi, apakah kasur Anda sudah terlalu tua untuk digunakan saat ini? Coba lihat juga, apakah bagian tengah kasur tersebut terasa lebih kempis daripada keempat sisinya? Apabila demikian, sebaiknya Anda segera mengganti kasur tersebut supaya mampu menopang tubuh dengan lebih baik dan Anda mendapatkan tidur berkualitas sepanjang malam.

Memperhatikan lingkungan tidur

Bila Anda kerap terbangun hanya untuk mematikan kipas angin ataupun AC hanya karena kedinginan, maka hal tersebut jelas sangat memengaruhi tidur berkualitas yang hendak Anda dapatkan. Sebaiknya, atur timer pada AC maupun kipas angin tersebut supaya suhu di dalam kamar tetap terjaga dan Anda tidak perlu terbangun berulang kali.

Jika tidak terdapat timer pada perangkat tersebut, pastikan tubuh Anda tertutup selimut sehingga tidak perlu terbangun tengah malam hanya sekadar untuk mematikan kipas angin maupun AC.

Demikian tadi beberapa tips mendapatkan tidur berkualitas demi kesehatan yang tetap terjaga dari hari ke hari. Selamat mencoba.

Tentang nezzumia