tampil cantik di Bulan Ramadan

Tips Bergaya Hidup Sehat dan Tampil Cantik di Bulan Ramadan

Kulit dan bibir jadi dua bagian tubuh yang paling rentan mengalami masalah kekeringan selama berpuasa akibat kurangnya asupan cairan. Bukan itu saja, kurangnya asupan makanan karena pola makan yang salah ketika sahur dan berbuka juga jadi penghalang Anda untuk tampil cantik di Bulan Ramadan.

Belum lagi jika jam tidur Anda berantakan, tentu bisa memengaruhi kondisi kulit. Oleh sebab itu, Anda tak boleh malas menjaga kulit ketika puasa karena berbagai alasan. Kendati demikian, tampil cantik di Bulan Ramadan tetap bisa diupayakan dengan beberapa tips di bawah ini.

Mengatur jadwal tidur dengan baik

tampil cantik di Bulan Ramadan

Mungkin ketika sedang tidak berpuasa, Anda sering menyepelekan waktu tidur hanya karena harus mengerjakan tugas kuliah atau sekadar menonton film kesukaan. Namun di bulan puasa seperti ini, alangkah baiknya jika Anda coba untuk mengatur jadwal tidur secara teratur demi tetap tampil cantik di Bulan Ramadan.

Misalnya, jika Anda sering tidur di atas jam dua belas malam, maka tubuh akan lebih mudah merasa lelah karena harus bangun sahur. Apalagi jika Anda harus bangun di pagi harinya guna melakukan berbagai rutinitas sehari-hari. Oleh sebab itu, atur waktu tidur sebaik mungkin supaya bisa tetap tampil cantik di Bulan Ramadan.

Memperbanyak konsumsi buah ketika sahur dan berbuka

Sebagian besar orang kerap memilih makanan seperti gorengan ketika berbuka puasa. Padahal, jenis makanan yang tinggi minyak seperti ini bisa memicu timbunan lemak pada tubuh dan pastinya berdampak pada penampilan Anda.

Apabila ingin tampil cantik di Bulan Ramadan, Anda harus memastikan untuk lebih banyak mengonsumsi buah-buahan segar supaya kebutuhan vitamin kulit terpenuhi dengan baik. Anda sangat disarankan untuk memilih buah yang kaya akan kadar air. Bukan hanya untuk menutrisi kulit, buah jenis ini juga membantu memberikan cairan lebih yang dibutuhkan tubuh Anda.

Contoh buah yang kaya akan kandungan air untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka adalah semangka, tomat, atau stroberi. Dengan menjaga asupan buah ketika puasa, maka secara tidak langsung Anda telah berupaya untuk tampil cantik di Bulan Ramadan.

BACA JUGA  Menu Terbaik untuk Kulit Saat Puasa Agar Tetap Cantik Memesona

Menggunakan pelembap wajah, bibir, dan tubuh

tampil cantik di Bulan Ramadan

Kulit wajah dan tubuh yang terasa kering disertai bibir pecah-pecah merupakan masalah utama yang sering terjadi ketika Anda berpuasa. Penyebab utamanya tentu saja pengurangan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk mengatasi hal semacam ini, Anda harus mengonsumsi air mineral dengan cukup ketika sahur dan berbuka puasa sehingga bisa tampil cantik di Bulan Ramadan.

Anda juga disarankan untuk menggunakan pelembap wajah, pelembap bibir, dan juga body lotion supaya kulit tidak semakin kering sehingga memicu iritasi. Dengan pelembap, beberapa area tubuh bisa terhidrasi dengan baik sehingga tampil cantik di Bulan Ramadan bukan hanya angan belaka.

Memulas blusher di bagian pipi

Salah satu trik paling jitu untuk tampil cantik di Bulan Ramadan adalah memulas tulang pipi dengan blusher sehingga jauh dari kesan pucat ketika berpuasa. Namun ingat, jangan terlalu banyak atau aplikasikan tipis-tipis saja hingga rona cantik di bagian pipi Anda terpancar dan wajah pun jadi lebih segar.

Menggunakan alas bedak yang ringan

tampil cantik di Bulan Ramadan

Untuk tampil cantik di Bulan Ramadan, hindari penggunaan alas bedak yang terlalu bedak. Sebab, permukaan wajah Anda akan terlihat retak dan menghalangi pori-pori kulit untuk bernapas. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan alas bedak dengan formula yang lebih ringan seperti bb cream, cushion, atau cc cream.

Pastikan juga pemilihan alas bedak tersebut sesuai dengan jenis kulit Anda masing-masing. Untuk kulit berminyak, pilih alas bedak dengan kesan matte saat digunakan dan jika kulit Anda kering, maka gunakan alas bedak yang menghasilkan efek dewy di wajah. Ketika menerapkan cara ini, dijamin Anda bakal tampil cantik di Bulan Ramadan.

Menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas

Tampil cantik di Bulan Ramadan juga bisa Anda dapatkan dengan cara menggunakan tabir surya setiap hendak beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan. Pasalnya, paparan sinar matahari bisa berdampak buruk pada wajah seperti kulit kemerahan hingga flek hitam yang mengganggu penampilan.

Mengurangi konsumsi kafein

tampil cantik di Bulan Ramadan

Apabila Anda ingin tampil cantik di Bulan Ramadan, mulai hari ini kurangi konsumsi kafein selama berpuasa. Menurut para ahli, kafein dan soda adalah jenis zat yang menyerap mineral dari tubuh sehingga memberikan dampak negatif pada kulit Anda.

Alih-alih mengonsumsi kopi ataupun teh, Anda disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak air mineral ketika berpuasa sebagai cadangan cairan dalam tubuh saat berpuasa. Dengan upaya ini, kulit dan tubuh Anda bakal terhindari dari dehidrasi sehingga tetap bisa tampil cantik di Bulan Ramadan.

BACA JUGA  Yuk, Mulai Jauhi Kebiasaan Ini Agar Bisa Menabung Demi Masa Depan

Selain itu, konsumsi superfood yang mengandung banyak kandungan air. Dengan demikian, tubuh bisa mendapatkan vitamin dan mineral yang maksimal selama berpuasa.

Mengganti camilan dengan jenis kacang-kacangan

Tak bisa dipungkiri, kacang-kacangan kaya akan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh sehingga menjadikan Anda tetap tampil cantik di Bulan Ramadan. Beberapa di antaranya seperti kacang mente dan almond yang berperan penting pada proses peremajaan kulit karena kaya serat dan asam lemak tak jenuh. Jadi sebaiknya, ganti camilan Anda dengan kacang-kacangan mulai dari sekarang.

Mengurangi asupan gula selama sahur dan berbuka

tampil cantik di Bulan Ramadan

Tak hanya berdampak buruk pada kesehatan, gula juga turut memengaruhi kecantikan kulit Anda. Ketahuilah, asupan gula berlebih bisa menyebabkan penuaan dini, melemahkan sistem imun tubuh, memicu breakout, kerutan, dan elastisitas kulit. Oleh sebab itu, hindari makanan ataupun minuman tinggi gula supaya bisa tampil cantik di Bulan Ramadan.

Pilih produk perawatan kulit yang berbahan alami

Di samping memulai pola makan yang sehat, berpuasa di bulan penuh berkah seperti sekarang ini juga bisa jadi momen yang tepat untuk mengganti produk kecantikan Anda jadi lebih alami. Ketika Anda menggunakan skincare berbahan dasar organik, maka Anda berpotensi mengurangi risiko kulit mengalami iritasi dari kandungan kimia sehingga tetap tampil cantik di Bulan Ramadan.

Puasa baik untuk kesehatan dan menjaga tetap tampil cantik di Bulan Ramadan

tampil cantik di Bulan Ramadan

Perlu Anda ketahui, puasa ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya untuk membersihkan racun yang disebut sebagai proses detoksifikasi. Racun yang selama mengendap di dalam tubuh kita bakal dikeluarkan secara bertahap selama kita menjalankan ibadah puasa. Tentu saja, ini yang membuat kecantikan kulit semakin terpancar dan Anda bisa tampil cantik di Bulan Ramadan.

Puasa juga bisa mempercepat proses peremajaan sel tubuh sekaligus memperbaiki fungsi hormon. Bukan itu saja, puasa bisa membantu Anda membersihkan jerawat dari dalam karena proses regenerasi sel berjalan baik sehingga bekas jerawat membandel bisa berangsur hilang. Inilah yang kemudian membuat Anda tetap tampil cantik di Bulan Ramadan.

Demikian tadi beberapa tips bergaya hidup sehat dan tampil cantik di Bulan Ramadan yang bisa Anda terapkan. Selamat menjalankan ibadah puasa dan sehat selalu, ya!

Tentang nezzumia

nezzumia

Check Also

cara menurunkan berat badan saat Ramadan

Cara Menurunkan Berat Badan Saat Ramadan yang Paling Ampuh

Tak sedikit orang yang menganggap, bahwa puasa di Bulan Ramadan merupakan salah satu solusi untuk …