Dijamin Ampuh, Ini 11 Tips Bangun Sahur Tepat Waktu di Awal Ramadan

Sebagian besar orang bertanya-tanya, apakah ada tips bangun sahur tepat waktu di awal Ramadan. Pasalnya, bangun sahur merupakan kebiasaan baru yang cukup sulit diterapkan. Sampai pada akhirnya mereka harus melalui hari tanpa asupan gizi yang cukup sehingga bekerja jadi kurang fokus karena badan lemas dan tak bersemangat.

Namun tenang saja, ternyata ada kok tips bangun sahur tepat waktu tanpa harus begadang. Penasaran seperti apa? Simak ulasan berikut ini.

Niatkan hati untuk menjalani sahur dan puasa esok hari

 

Tips bangun sahur tepat waktu yang pertama adalah meniatkan hati untuk bangun sahur tanpa terlambat sebelum tidur. Jika Anda bersungguh-sungguh dengan niat ingin menunaikan ibadah, percayalah akan selalu ada jalan dan kemudahan yang diberikan. Anda juga harus menguatkan hati untuk melawan rasa malas yang kerap melanda.

Ingat, semua kegiatan yang Anda lakukan dengan hati dan niat sudah pasti dimudahkan. Pastikan juga Anda sudah membaca niat sahur sebelum tidur atau sesudah melaksanakan salat tarawih agar semakin mudah melakukan tips bangun sahur tepat waktu ini.

Tidur lebih awal

Tips bangun sahur tepat waktu selanjutnya adalah tidur lebih awal supaya tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup sehingga Anda lebih mudah bangun sahur. Meski interval waktu setelah buka puasa tidak terlalu panjang, Anda tetap harus beristirahat meski hanya beberapa jam saja. Jangan pernah begadang karena akan merusak jam tidur dan membuat tubuh terasa lebih lelah saat sedang berpuasa.

Memasang alarm

tips bangun sahur tepat waktu

Salah satu tips bangun sahur tepat waktu adalah memasang alarm 15-30 menit sebelum waktu bangun yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda memiliki waktu ekstra untuk sekadar menyiapkan diri dan tubuh tidak kaget karena harus langsung makan.

Namun sebaiknya, jangan hanya memasang alarm di satu waktu saja. Anda juga harus menyetel waktu alarm sesudah waktu yang diinginkan supaya tips bangun sahur tepat waktu ini semakin efektif. Misalnya, Anda ingin sahur tepat di pukul 3 pagi, maka pasang alarm pukul 02.45, 03.00, dan 03.10. Setelan seperti ini membantu Anda mengantisipasi tertidur lagi ketika alarm pertama berbunyi.

BACA JUGA  Tips Bergaya Hidup Sehat dan Tampil Cantik di Bulan Ramadan

Apabila tips bangun sahur tepat waktu tersebut kurang ampuh untuk Anda, coba akali dengan memasukkan ponsel yang sudah dipasang alarm ke dalam gelas. Percayalah, cara satu ini bisa membuat suara alarm dari ponsel Anda lebih kencang dari biasanya.

Selain memasukkan ke dalam gelas, Anda juga bisa menggunakan trik nada alarm sesuai nada panggilan masuk ponsel sebagai tips bangun sahur tepat waktu selanjutnya. Dengan begitu, Anda secara tidak sadar akan terbangun dan kaget karena ingin cepat merespon sumber bunyi tersebut.

Mengusap mata dengan handuk dingin

Tahukah Anda, absen sahur ternyata bisa membuat tubuh terasa lemas di siang hari. Jika Anda tidak ingin hal seperti itu terjadi, maka siapkan sebuah baskom berisi air dingin dan handuk di dalamnya. Ketika alarm sahur sudah berbunyi, usapkan handuk tersebut ke area sekitar mata sebagai tips bangun sahur tepat waktu selanjutnya.

Tips bangun sahur tepat waktu ini sangat ampuh membuat mata terbuka dan segar kembali. Pasalnya, ketika kulit terkena air dingin, syaraf dan otak langsung aktif. Dengan demikian, rasa kantuk pun hilang dalam sekejap.

Olahraga secara rutin

tips bangun sahur tepat waktu

Kata siapa, orang yang berpuasa tidak bisa berolahraga? Faktanya, Anda tetap bisa berolahraga ringan sebelum jam berbuka tiba. Melansir dari laman WebMD, olahraga yang dilakukan secara rutin bisa memperbaiki kualitas tidur seseorang. Inilah salah satu tips bangun sahur tepat waktu yang bisa Anda coba terapkan.

Saat berpuasa, Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Cukup stretching atau sekadar jalan kaki santai sekitar 30 menit setiap harinya sebagai tips bangun sahur tepat waktu. Ketika tidur Anda berkualitas, dijamin Anda pun bisa lebih mudah bangun sahur.

Mengatur jam dan jumlah asupan yang dikonsumsi

Setiap orang yang berpuasa selama sehari penuh pasti bakal merasa lapar. Namun, Anda tetap disarankan untuk tidak makan terlalu banyak saat berbuka tiba. Hal ini terjadi karena terlalu kenyang bisa membuat Anda tertidur sangat lama sehingga melewatkan jam bangun untuk sahur.

Bukan hanya terlalu banyak, waktu makan juga sangat memengaruhi jam tidur Anda. Ketika Anda makan terlalu malam, justru bisa membuat sulit tidur. Perlu Anda ketahui, manusia membutuhkan setidaknya dua hingga tiga jam setelah makan untuk tidur. Periode ini merupakan jangka waktu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna makanan dengan baik.

BACA JUGA  Tips Aman Konsumsi Gula Biar Tubuh Tetap Sehat Bugar

Mengurangi asupan gula dan kafein

tips bangun sahur tepat waktu

Tak bisa dipungkiri, mengonsumsi minuman dengan kandungan gula dan kafein yang berlebihan sudah pasti bisa mengganggu jam tidur di malam hari. Kafein memang terbukti bisa membuat pengonsumsinya melek dan jadi lebih bersemangat untuk melakukannya banyak aktivitas. Apalagi, jika minuman tersebut diberi tambahan gula.

Jadi, jika Anda ingin tidur berkualitas dan mudah untuk bangun sahur tepat waktu, kurangi atau bahkan hindari minuman yang mengandung gula serta kafein.

Menjadikan sahur sebagai waktu keluarga

Waktu sahur memang jadi waktu yang tidak biasa bagi sebuah keluarga untuk berkumpul bersama. Namun sebenarnya, sahur bisa dijadikan waktu paling tepat untuk menikmati kebersamaan keluarga di rumah. Oleh sebab itu, tips bangun sahur tepat waktu berikutnya adalah menjadikan waktu sahur tertentu untuk bangun bersama seluruh keluarga.

Pikirkan tentang sesuatu yang ingin disantap saat sahur

tips bangun sahur tepat waktu

Sebaiknya, pikirkan sesuatu yang membuat Anda bahagia hingga ingin segera beranjak dari tempat tidur ketika waktu sahur tiba. Salah satunya adalah memikirkan jenis makanan yang ingin disantap. Oleh sebab itu, Anda harus memilih menu yang menggugah selera sebagai tips bangun sahur tepat waktu.

Hindari main gadget sebelum tidur

Jika Anda ingin tidur yang berkualitas dan tips bangun sahur tepat waktu yang ampuh maka sebaiknya jangan bermain gadget menjelang tidur. Untuk meminimalkan tindakan ini, coba letakkan ponsel ataupun laptop di tempat yang agak jauh dari kasur. Kemudian, pasang alarm seperti yang telah dijelaskan di atas dan fokus untuk tidur.

Tips bangun sahur tepat waktu ini benar-benar harus Anda terapkan. Sebab, bermain gadget untuk sekadar membuka media sosial merupakan suatu distraksi yang bakal membuat Anda sulit untuk langsung terlelap.

Matikan lampu kamar

tips bangun sahur tepat waktu

Tips bangun sahur tepat waktu yang bisa Anda terapkan di awal Ramadan ini adalah dengan mematikan lampu kamar. Pasalnya, keadaan gelap di suatu ruangan dipercaya mampu menjadikan Anda lebih gampang terlelap.

Namun, jika Anda terbiasa untuk tidur dalam keadaan ruangan gelap gulita, maka sebaiknya gunakan lampu dengan pencahayaan redup sebagai tips bangun sahur tepat waktu.

Demikian beberapa tips bangun sahur tepat waktu di awal Ramadan yang bisa Anda coba terapkan. Jika Anda tidur berkualitas sekaligus bangun dalam keadaan tubuh yang segar, maka Anda bisa lebih fokus bekerja dan bersemangat dalam menjalani hari.

 

Tentang nezzumia

Check Also

tampil cantik di Bulan Ramadan

Tips Bergaya Hidup Sehat dan Tampil Cantik di Bulan Ramadan

Kulit dan bibir jadi dua bagian tubuh yang paling rentan mengalami masalah kekeringan selama berpuasa …