cara menghilangkan noda kuning di baju putih

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih Tanpa Repot

Banyak orang beranggapan, menjaga pakaian berwarna putih supaya tetap bersih bukan suatu hal yang mudah. Sebab, jika warnanya sudah berubah bisa saja Anda akan berpikir ulang untuk mengenakannya kembali. Namun sebagian orang justru mencari cara menghilangkan noda kuning di baju putih tersebut untuk dijadikan solusi terbaik.

Tahukah Anda, keringat yang keluar dari tubuh kita mengandung garam, minyak dan protein yang menyebabkan noda kuning tertinggal pada baju putih. Biasanya, noda semacam ini terdapat di sekitar kerah baju atau bagian kulit yang sulit dihilangkan. Oleh sebab itu, Anda patut tahu cara menghilangkan noda kuning di baju putih.

Apa sebenarnya warna keringat manusia?

cara menghilangkan noda kuning di baju putih

Dalam kondisi normal, keringat manusia berwarna bening atau bisa dikatakan tidak berwarna sama sekali. Keringat yang keluar dari tubuh diproduksi oleh kelenjar keringat yang ada di bawah lapisan kulit. Tidak seperti urine yang mengandung pigmen khusus bernama urokrom dan zat sisa lainnya, keringat normal tidak mengandung pigmen sehingga warnanya cenderung bening.

Namun, keringat juga bisa berubah warna menjadi agak kekuningan. Inilah yang membuat banyak orang mencari cara menghilangkan noda kuning di baju putih supaya penampilan tetap terjaga.

Sebenarnya, ada dua alasan mengapa keringat yang keluar dari tubuh kita bisa berwarna kuning, di antaranya:

  • Reaksi kimia

Noda keringat berwarna kuning di baju Anda biasanya tidak disebabkan oleh penyakit ataupun kelainan tertentu. Penyebab yang paling mungkin adalah produk deodoran yang Anda gunakan sehari-hari sehingga memaksa Anda mencari cara menghilangkan noda kuning di baju putih.

Keringat yang terdiri mengandung protein dan mineral ini bereaksi dengan aluminium yang merupakan salah satu bahan utama deodoran. Aluminium ini berfungsi untuk menekan produksi keringat. Inilah yang menyebabkan terjadinya suatu reaksi kimia. Alhasil, keringat berwarna kuning dan terserap ke dalam pakaian Anda.

  • Chromhidrosis

Selain reaksi kimia yang sering terjadi, ada juga kondisi langka yang bisa menjadikan keringat Anda berwarna kuning, oranye, ataupun hijau. Kondisi langka semacam ini dikenal sebagai chromhidrosis yang hingga kini belum diketahui penyebabnya.

Secara garis besar, ada dua kelenjar yang mengendalikan produksi keringat di dalam tubuh, di antaranya adalah kelenjar apokrin dan ekrin. Pada penderita chromhidrosis apokrin, keringat yang diproduksi mengandung pigmen lipofuscin.

BACA JUGA  Tips Minum Kopi Saat Puasa Agar Tidak Mengganggu Pencernaan

Dengan begitu, keringat yang diproduksi berwarna kekuningan. Sementara chromhidrosis ekrin lebih jarang terjadi, kecuali jika Anda mengonsumsi pewarna makanan atau obat-obatan tertentu. Inilah yang membuat para penderita chromhidrosis mau tak mau mencari cara menghilangkan noda kuning di baju putih.

Cara menghilangkan noda kuning di baju putih menggunakan bahan alami

Berikut ini ada beberapa bahan alami yang bisa dijadikan cara menghilangkan noda kuning di baju putih, di antaranya:

Lemon bisa dijadikan pembersih serbaguna yang ampuh untuk pakaian berwarna putih

cara menghilangkan noda kuning di baju putih

Buah yang dikenal memiliki rasa asam ini tak sekadar bisa digunakan untuk minuman saja. Selama ini, Anda mungkin memanfaatkan buah lemon sebatas untuk jus atau campuran minuman supaya lebih segar. Padahal, lemon juga bisa dijadikan cara menghilangkan noda kuning di baju putih.

Beberapa fakta membuktikan, lemon bisa dijadikan pembersih serbaguna yang baik untuk pakaian berwarna putih sehingga terlihat seperti baru. Cara menghilangkan noda kuning di baju putih menggunakan lemon ini begitu mudah. Campurkan saja air perasan tiga buah lemon ke dalam air panas, lalu rendam pakaian Anda selama satu jam atau semalaman.

Setelah itu, Anda bisa mencuci pakaian seperti biasa dan jangan lupa untuk membilasnya menggunakan air jernih sekitar 2-3 kali. Cara menghilangkan noda kuning di baju putih yang terakhir adalah menggantung baju atau jemur di bawah sinar matahari hingga kering.

Soda kue untuk menghilangkan noda kuning di baju putih sekaligus mengusir bakteri

Sudah sejak lama soda kue dikenal sebagai penghilang berbagai jenis noda pada pakaian, termasuk noda kuning karena keringat. Bukan itu saja, soda kue juga kerap dijadikan pewangi alami dan jadi bahan antiseptik ringan sehingga pakaian Anda terlindung dari bakteri berbahaya. Itulah sebabnya, cara menghilangkan noda kuning di baju putih dengan soda kue sering dicari.

Cara menghilangkan noda kuning di baju putih dengan soda kue sangat mudah. Pertama, Anda harus melarutkan bahan tersebut terlebih dulu menggunakan air secukupnya hingga bertekstur seperti pasta. Kemudian, oleskan di bagian baju yang terdapat noda kuning dan diamkan semalaman. Setelah itu, cuci seperti biasa menggunakan deterjen dan keringkan.

Aspirin membantu memutihkan pakaian tanpa merusak tekstur kain

cara menghilangkan noda kuning di baju putih

Umumnya, baju yang berwarna putih akan menguning karena penggunaan deodoran. Oleh sebab itu, cara menghilangkan noda kuning di baju putih yang paling efektif adalah menggunakan aspirin. Sebab, asam salisilat yang ada di dalam aspirin mampu memutihkan pakaian secara alami tanpa memudarkan sedikitpun warna ataupun tekstur kainnya.

BACA JUGA  Ini Lho Manfaat Olahraga Saat Puasa Bagi Kesehatan

Cara menghilangkan noda kuning di baju putih ini sangat mudah karena Anda hanya perlu mencuci dan merendamnya di dalam air panas yang telah dilarutkan sebanyak 5 tablet aspirin selama dua jam. Setelah perendaman selesai, cuci dan bilas pakaian sampai bersih sebelum dikeringkan di bawah sinar matahari.

Cuka putih untuk menetralisir minyak di tubuh yang menempel pada pakaian

Hanya sedikit orang yang tahu, bahwa cuka putih juga bisa dijadikan cara menghilangkan noda kuning di baju putih. Diketahui, cuka yang bersifat asam mampu menetralisir minyak tubuh yang menempel dan meninggalkan noda kekuningan di beberapa bagian baju.

Cara menghilangkan noda kuning di baju putih menggunakan cuka ini sangat mudah kok untuk diterapkan. Cukup rendam baju tersebut selama satu jam di dalam air panas yang telah dicampur ½ cangkir cuka putih, kemudian cuci seperti biasa menggunakan air bersih serta deterjen.

Sabun cuci piring kembalikan warna baju putih jadi lebih cemerlang

Baju putih kerap dipilih untuk menampilkan kesan rapi dan bersih saat dikenakan di berbagai acara. Namun sayangnya, baju putih ini rentan berubah warna apabila Anda tidak merawatnya dengan baik dan benar. Ada beberapa cara menghilangkan noda kuning di baju putih Anda yang bisa dicoba selain cara yang telah disebutkan di atas.

Kali ini, cara menghilangkan noda kuning di baju putih menggunakan rendaman sabun cuci piring selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas dengan air bersih. Kemudian, jemur baju tersebut di bawah sinar matahari.

Cairan biru menghilangkan noda kuning di baju putih

Tak bisa dipungkiri, bahwa noda kuning di baju putih sangat sulit dihilangkan. Akan tetapi, Anda tetap bisa mengatasinya dengan cara menghilangkan noda kuning di baju putih menggunakan cairan biru.

Terdapat dua jenis cairan biru yang bisa Anda temukan di pasaran sebagai cara menghilangkan noda kuning di baju putih. Jenis pertama yang berbentuk cairan sementara bentuk lainnya adalah bubuk. Anda hanya perlu mencampurkan cairan biru ke dalam mesin cuci berisi deterjen dengan takaran 1:1 dan buktikan keampuhan cara menghilangkan noda kuning di baju putih satu ini.

Jemur baju putih di bawah terik sinar matahari

cara menghilangkan noda kuning di baju putih

Ingat, salah satu cara menghilangkan noda kuning di baju putih yang paling efektif selain menggunakan bahan-bahan di atas adalah menjemurnya di bawah terik sinar matahari sampai kering. Sebab, sinar UV bisa membantu mempertahankan warna asli pakaian tanpa meninggalkan bau tak sedap yang diakibatkan oleh bakteri.

Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan noda kuning di baju putih yang mungkin sedang Anda butuhkan. Semoga bermanfaat, ya!

 

Tentang nezzumia

Check Also

cara menghilangkan bau ketiak permanen

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Permanen Agar Percaya Diri Meningkat

Meski tidak terlihat, bau badan tak sedap tentu bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Sekeren …