cara menghilangkan jerawat punggung

Tak Perlu Repot, Begini Cara Menghilangkan Jerawat Punggung yang Paling Ampuh

Cara menghilangkan jerawat punggung ternyata bisa diatasi menggunakan bahan-bahan alami maupun obat yang dibuat secara khusus. Bagi sebagian orang, jerawat di punggung tentu mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika Anda sedang ingin mengenakan pakaian dengan bagian punggung terbuka.

Cara menghilangkan jerawat punggung super praktis dan anti-ribet

Secara umum, ada beberapa cara menghilangkan jerawat punggung yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Bukan hanya mudah diikuti, tetapi cara-cara di bawah ini juga dinilai sangat efektif untuk mengobati jerawat yang membandel sekaligus mengembalikan kecantikan kulit tubuh Anda.

Menjaga kebersihan tubuh

cara menghilangkan jerawat punggung

Cara menghilangkan jerawat punggung yang pertama adalah menjaga kebersihan tubuh. Ketahuilah, keringat, kotoran, dan juga minyak tubuh yang menumpuk di kulit setelah beraktivitas seharian bisa menyumbat pori-pori sehingga memicu munculnya jerawat di punggung.

Oleh sebab itu, Anda harus menjaga kebersihan tubuh sebagai salah satu bentuk cara menghilangkan jerawat punggung. Selain itu, mandi juga berfungsi mengusir bakteri penyebab jerawat berkumpul di area punggung Anda. Tak ada salahnya juga menggunakan air hangat saat mandi supaya pori-pori kulit terbuka dan kotoran jadi lebih mudah dibersihkan.

Menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat

Cara menghilangkan jerawat punggung selanjutnya adalah menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat. Sebab, pakaian yang Anda gunakan bisa memengaruhi pembentukan jerawat pada kulit di bagian punggung. Oleh sebab itu, mengenakan baju longgar bisa dijadikan cara menghilangkan jerawat punggung karena keringat tidak akan terperangkap di area tersebut.

Membersihkan kulit dengan scrub

cara menghilangkan jerawat punggung

Membersihkan kulit di bagian punggung menggunakan scrub juga bisa dijadikan cara menghilangkan jerawat punggung paling efektif. Sebab, scrub bisa membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus membuka pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran ataupun minyak tubuh.

Mengikat rambut

Jika Anda memiliki rambut panjang, ada baiknya untuk mengikat rambut sebagai cara menghilangkan jerawat punggung yang mengganggu. Mungkin Anda yang berambut panjang tak menyadari, kalau ternyata rambut bisa menempel di area kulit punggung dan jadi penyebab munculnya jerawat.

Sebab, rambut juga bisa jadi sarang debu dan kotoran yang kemudian menempel di area kulit punggung Anda sehingga menyumbat pori-pori. Selain itu, rambut juga mengandung minyak alami yang mampu memicu jerawat membandel. Inilah mengapa Anda harus sering mengikat rambut sebagai cara menghilangkan jerawat punggung yang tepat.

BACA JUGA  10 Produk Hair Treatment Terbaik untuk Mengatasi Segala Masalah Rambut

Menggunakan bahan alami

cara menghilangkan jerawat punggung

Para ahli membuktikan, ada beberapa cara menghilangkan jerawat punggung secara alami. Salah satunya menggunakan tea tree oil yang mengandung anti-inflamasi dan juga antiseptik untuk membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain tea tree oil, Anda juga bisa menggunakan lidah buaya dan ekstrak green tea untuk dijadikan cara menghilangkan jerawat punggung paling efektif. Diketahui, lidah buaya sangat berkhasiat untuk mengurangi peradangan pada jerawat, sedangkan ekstrak green tea mampu melawan bakteri penyebab jerawat membandel.

Mengonsumsi makanan bergizi

Cara menghilangkan jerawat punggung lainnya adalah mengonsumsi makanan bergizi secara rutin. Mulai dari protein rendah lemak, buah, sayur, hingga biji-bijian. Dengan asupan nutrisi yang baik, dijamin punggung maupun bagian kulit lain pada tubuh Anda akan terbebas dari jerawat.

Kompres menggunakan air hangat

Siapa sangka, kompres menggunakan air hangat bisa dijadikan cara menghilangkan jerawat punggung secara efektif. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membuka pori-pori sekaligus mengempiskan jerawat yang membandel.

Cara menghilangkan jerawat punggung menggunakan air hangat ini juga memungkinkan nanah muncul ke permukaan kulit sehingga pecah dengan sendirinya tanpa harus dipencet. Sebaiknya, gunakan handuk bersih, kain, ataupun kapas yang telah dibasahi dengan air hangat, lalu letakkan di area punggung yang berjerawat. Diamkan sekitar 15-20 menit supaya hasilnya maksimal.

Cara menghilangkan jerawat punggung menggunakan obat-obatan kimia

cara menghilangkan jerawat punggung

Apabila cara menghilangkan jerawat punggung yang telah disebutkan di atas ternyata tidak berhasil, maka Anda bisa menggunakan obat-obatan kimia untuk mengatasi jerawat tersebut. Ada beberapa pilihan obat jerawat yang harus Anda sesuaikan dengan penyebab kemunculannya.

Oleh sebab itu, Anda wajib berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum menggunakan cara menghilangkan jerawat punggung menggunakan obat-obatan kimia di bawah ini.

Benzoil peroksida

Salah satu pilihan obat jerawat yang paling sering digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat punggung adalah benzoil peroksida. Diketahui, bahan satu ini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat secara signifikan. Biasanya, benzoil peroksida dibuat dalam bentuk sabun atau salep khusus jerawat yang harus diaplikasikan secara teratur demi hasil yang optimal.

Asam salisilat

Bahan satu ini juga kerap dijadikan cara menghilangkan jerawat punggung yang bisa Anda dapatkan secara bebas di apotek terdekat atau melalui resep dokter. Diketahui, asam salisilat memiliki efek anti-inflamasi atau anti-peradangan yang bisa menyebabkan kulit terasa kering, bahkan mengelupas setelah digunakan secara rutin.

BACA JUGA  10 Sabun Pepaya Terbaik yang Bikin Kulit Cantik Memesona

Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati saat menggunakan cara menghilangkan jerawat punggung satu ini supaya tidak terjadi kondisi yang justru merugikan Anda nantinya. Sebaiknya, berkonsultasi dulu dengan dokter agar lebih aman.

Retinoid

Cara menghilangkan jerawat punggung berikutnya bisa Anda lakukan dengan bantuan retinoid. Biasanya, retinoid dijual dalam bentuk gel dengan konsentrasi sebesar 0,1% sehingga tidak terlalu berbahaya pada kulit jika digunakan dalam jangka panjang. Anda bisa mengombinasikan obat satu ini dengan benzoil peroksida demi mendapatkan hasil yang optimal.

Sebaiknya, gunakan cara menghilangkan jerawat punggung ini setiap hari setelah mandi ataupun sebelum tidur. Namun sayangnya, retinoid bisa membuat kulit Anda jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Sebab, obat kimia ini memiliki efek menipiskan lapisan kulit. Oleh sebab itu, Anda wajib menggunakan tabir surya jika menggunakan retinoid untuk mencegah risiko kulit terbakar.

Asam alfa hidroksi

Ternyata, obat jerawat dengan kandungan asam alfa hidroksi atau AHA mampu mempercepat pergantian sel kulit. Dengan begitu, pengelupasan sel kulit ini bisa lebih cepat sekaligus mengurangi sumbatan pada pori yang disebabkan oleh kotoran ataupun minyak alami kulit. Inilah alasan mengapa AHA kerap dijadikan cara menghilangkan jerawat punggung.

Antibiotik

Apabila jerawat yang Anda alami cukup parah, kemungkinan dokter spesialis kulit akan meresepkan obat jerawat berupa antibiotik sebagai cara menghilangkan jerawat punggung paling efektif. Pasalnya, antibiotik memang terbukti ampuh untuk mengurangi peradangan atau inflamasi pada kulit sekaligus mengusir bakteri penyebab munculnya jerawat di punggung.

Pil kontrasepsi

cara menghilangkan jerawat punggung

Bukan sekadar mencegah terjadinya kehamilan, pil kontrasepsi juga bisa dijadikan cara menghilangkan jerawat punggung. Sebab, pil kontrasepsi mampu membantu pengaturan hormon sekaligus mengurangi produksi minyak pada kulit. Akan tetapi, opsi pengobatan jerawat punggung satu ini bisa mengganggu siklus ovulasi Anda dan tidak cocok bagi para remaja.

Isotretinoin

Obat-obatan kimia untuk dijadikan cara menghilangkan jerawat punggung yang terakhir adalah isotretinoin. Diketahui, isotretinoin merupakan obat keras yang harus dikonsumsi secara teratur selama beberapa waktu. Meski dinilai efektif untuk menghilangkan jerawat di punggung, obat ini ternyata memiliki efek samping yang sangat berbahaya bagi janin.

Oleh sebab itu, cara menghilangkan jerawat punggung menggunakan isotretinoin sangat tidak dianjurkan untuk wanita hamil ataupun yang sedang merencanakan kehamilan.

Nah, itu tadi beberapa cara menghilangkan jerawat punggung. Jika ingin mencobanya, pastikan penggunaannya tepat dan telah Anda konsultasikan dulu dengan dokter spesialis kulit. Semoga bermanfaat.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
jerawat di punggung

Tentang nezzumia

Check Also

body wash terbaik

9 Rekomendasi Body Wash Terbaik Bebas Kandungan Anti-Bakteri Berbahaya

Mandi merupakan kebutuhan setiap manusia yang hidup di muka bumi, khususnya bagi kita yang tinggal …