fbpx
cara menghilangkan bau jengkol di mulut

Ini Lho 10 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut Paling Mudah

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut tampaknya masih sering dicari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama yang memang menggemari penganan beraroma khas tersebut. Meskipun memiliki rasa yang nikmat, apalagi saat disantap menggunakan nasi hangat, bau mulut yang muncul karena jengkol bisa membuat orang yang mengonsumsinya kehilangan kepercayaan diri.

Bahkan, tak sekadar bau mulut saja, aroma khas jengkol yang menyengat juga bisa tercium dari aroma urine yang dikeluarkan. Inilah mengapa cara menghilangkan bau jengkol di mulut masih sering dicari.

cara menghilangkan bau jengkol di mulut

Sebenarnya, bau jengkol ini berasal dari asam amino yang pada akhirnya membentuk sulfur di dalam tubuh pengonsumsinya. Kandungan sulfur ini yang kemudian menjadikan mulut Anda bau sesaat setelah memakan jengkol. Ketahuilah, sulfur bukan hanya dari makanan seperti jengkol saja, tapi juga bakteri sisa makanan yang tertinggal di mulut Anda.

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut sebenarnya tidak sulit. Anda bisa menggunakan bahan pembersih mulut dan beberapa bahan alami yang bisa ditemukan dengan mudah.

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut paling praktis

Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang terbukti efektif, mudah, dan paling praktis untuk dicoba.

Menyikat gigi setelah mengonsumsi jengkol

cara menghilangkan bau jengkol di mulut

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut dimulai dari cara paling mudah dan paling banyak dilakukan oleh sebagian besar masyarakat, yaitu menyikat gigi sesaat setelah mengonsumsi jengkol. Mengingat mulut adalah salah satu tempat berkumpulnya bakteri dari sisa makanan, maka Anda harus memberi perhatian lebih di bagian satu ini, terutama gigi.

Sebab, gigi memiliki banyak celah yang memungkinkan sisa makanan terselip dan jadi sumber utama penyebab bau mulut. Akan tetapi, Anda harus memastikan cara menghilangkan bau jengkol di mulut dengan sikat gigi ini dilakukan secara baik dan benar. Anda tidak boleh terburu-buru supaya seluruh sisa makanan yang tertinggal bisa terangkat sempurna.

Menggunakan obat kumur penghilang bau mulut

Setelah menyikat gigi, tapi Anda masih bisa merasakan bau dari jengkol tersebut, maka cara menghilangkan bau jengkol di mulut berikutnya adalah berkumur menggunakan obat kumur. Umumnya, obat kumur semacam ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek ataupun minimarket terdekat.

BACA JUGA  Inilah 10 Jurusan Kuliah Potensial di Era Digital Seperti Sekarang

Membersihkan lidah penyebab bau mulut

cara menghilangkan bau jengkol di mulut

Apabila menyikat gigi dan menggunakan obat kumur sudah Anda lakukan, maka pastikan sekali lagi bau dari jengkol tersebut sudah benar-benar hilang. Jika ternyata belum, cara menghilangkan bau jengkol di mulut berikutnya adalah membersihkan bagian lidah menggunakan alat khusus yang bisa Anda dapatkan di apotek terdekat.

Membersihkan lidah terbukti efektif sebagai cara menghilangkan bau jengkol di mulut karena organ tubuh satu ini adalah tempat berkembangnya bakteri. Terutama di lidah bagian belakang yang sulit dijangkau sikat gigi ataupun obat kumur.

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut dengan alat pembersih lidah ini juga sangat mudah. Tempelkan saja pembersih lidah tersebut di area paling belakang, kemudian tarik sekaligus tekan ke arah depan. Setelah diangkat, coba Anda lihat pada alat tersebut. Pasti ada banyak kotoran berwarna putih dengan aroma tidak sedap yang cukup menyengat.

Minum secangkir kopi

Bahan minuman satu ini tentu tak perlu diragukan lagi khasiatnya dalam mengatasi berbagai aroma tak sedap, termasuk jengkol. Namun jika Anda tidak bisa meminum kopi karena memiliki masalah pada lambung, sebaiknya berkumur saja dengan bubuk kopi yang telah diberi sedikit air sebagai cara menghilangkan bau jengkol di mulut.

Setelah berkumur selama beberapa detik, segera bilas mulut menggunakan air bersih supaya tidak ada bubuk kopi yang tertinggal di antara celah gigi. Lebih bagus lagi jika Anda menyikat gigi sampai bersih setelah melakukan cara menghilangkan bau jengkol di mulut satu ini.

Mengunyah daun mint supaya napas kembali segar

cara menghilangkan bau jengkol di mulut

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut selanjutnya adalah mengunyah daun mint selama beberapa saat. Daun mint dikenal mampu menguarkan aroma mentol yang cukup menyegarkan mulut. Tak heran jika aroma satu ini kerap digunakan sebagai aroma di beberapa produk pembersih mulut ataupun permen.

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut ini sangat mudah, kunyah saja beberapa lembar daun mint segar yang sudah dicuci bersih tepat setelah Anda makan jengkol. Kunyah daun tersebut sampai bau jengkol di mulut benar-benar hilang. Namun jangan lupa untuk berkumur setelahnya dan pastikan tak ada daun mint yang tersisa ataupun menempel pada gigi Anda.

Mengonsumsi yogurt untuk mengatasi bakteri penyebab bau mulut

Yogurt diketahui kaya akan bakteri sehat yang dikenal dengan nama lactobacillus. Bakteri sehat ini dinilai baik dalam membantu mengatasi bakteri jahat di beberapa bagian tubuh, salah satunya adalah usus. Beberapa penelitian mengungkap, kandungan probiotic pada yogurt juga sangat efektif untuk dijadikan cara menghilangkan bau jengkol di mulut.

BACA JUGA  Penyebab Bau Mulut Selama Puasa Beserta Cara Mencegah dan Menghilangkan

Kendati demikian, Anda harus memastikan jenis yogurt yang digunakan sebagai cara menghilangkan bau jengkol di mulut ini benar-benar rendah gula. Pasalnya, yogurt yang mengandung gula terlalu tinggi bisa memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh Anda.

Mengunyah permen karet beraroma mentol

cara menghilangkan bau jengkol di mulut

Jika cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang telah dijabarkan sebelumnya masih belum mampu mengatasi masalah Anda, tak ada salahnya menggunakan permen karet sebagai alternatif terbaiknya. Namun, Anda tidak bisa sembarangan memilih produk permen karet untuk menghilangkan bau mulut.

Anda sangat disarankan untuk membeli jenis permen karet yang memiliki aroma mentol sebagai cara menghilangkan bau jengkol di mulut. Produk semacam ini bisa Anda temukan dengan mudah di toko ataupun minimarket terdekat.

Garam membantu memproduksi air liur untuk mengusir bau mulut

Pernahkah terlintas di benak Anda untuk melakukan cara menghilangkan bau jengkol di mulut dengan bantuan garam? Jika tidak, maka Anda patut mencobanya. Tentu saja, Anda harus mampu menahan rasa asin yang kurang enak ketika melakukan cara satu ini untuk mengatasi bau mulut karena jengkol.

Namun percayalah, cara menghilangkan bau jengkol di mulut dengan mengunyah garam sangat efektif untuk dilakukan. Sebab, garam memicu produksi air liur di mulut sehingga lebih mudah mengusir bau tak sedap.

Mengonsumsi segelas susu

cara menghilangkan bau jengkol di mulut

Susu ternyata memiliki sifat netral sehingga banyak orang yang menyarankan untuk tidak mengonsumsi susu bersamaan dengan obat. Namun tahukah Anda, ternyata susu juga bisa dijadikan cara menghilangkan bau jengkol di mulut karena kandungan allyl methyl sulfide di dalamnya mampu menghilangkan aroma tak sedap akibat mengonsumsi jengkol.

Memperbanyak asupan air putih

Banyak mengonsumsi air putih ternyata bukan hanya dijadikan cara menghilangkan bau jengkol di mulut, tapi juga jadi salah satu pengusir bau tak sedap pada urine. Memperbanyak asupan air putih juga terbukti memengaruhi penyerapan senyawa kimia jengkol di urine sehingga semakin banyak air di tubuh yang tersaring ke ginjal, maka senyawa jengkol semakin memudar.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara menghilangkan bau jengkol di mulut menggunakan bahan-bahan alami? Semoga tips di atas bisa membantu Anda mengembalikan kepercayaan diri setelah menyantap sajian jengkol yang lezat nan menggoda

Tentang nezzumia

Check Also

penyebab bau mulut selama puasa

Penyebab Bau Mulut Selama Puasa Beserta Cara Mencegah dan Menghilangkan

Menahan rasa lapar dan haus ketika puasa di Bulan Ramadan kerap mengakibatkan munculnya bau mulut …