fbpx
cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan

Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan Secara Cepat dan Praktis

Ternyata ada banyak cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan. Biasanya, seseorang yang di tenggorokannya tersangkut tulang ikan akan merasa khawatir karena takut jika benda asing tersebut tidak bisa dikeluarkan.

Ikan memang jadi salah satu menu paling populer bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain kaya akan vitamin dan mineral, daging ikan yang memiliki aroma khas ini juga bisa memunculkan rasa manis setelah diolah menjadi hidangan yang lezat. Namun terkadang, ketika tengah menyantap ikan kita juga berisiko mengalami duri yang menyangkut di tenggorokan.

Cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan yang paling efektif

Cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan ini biasanya sudah diketahui oleh banyak orang. Terutama, orang-orang yang memang memiliki pengalaman tersedak tulang ikan. Intinya, ketika Anda mengalami kondisi serupa, Anda bisa menggunakan beberapa cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan seperti berikut ini.

Minum air putih secukupnya

cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan
Young woman drinking water

Cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan yang paling mudah adalah dengan meminum air putih secukupnya. Perlu Anda ketahui, saat duri ikan tersangkut di tenggorokan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah jangan pernah panik. Setelah itu, cobalah untuk minum air putih secukupnya hingga duri tersebut lepas dan tidak melukai tenggorokan Anda lagi.

Hindari mengambil duri menggunakan tangan

Cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan paling aman adalah menghindari penggunaan tangan untuk mengatasinya. Sebab, tangan yang kurang bersih dan tidak steril justru bisa memicu terjadinya infeksi sekaligus cedera pada bagian kerongkongan. Sebaiknya, Anda memikirkan cara paling aman lainnya daripada harus menggunakan tangan kosong ketika ada duri tersangkut di tenggorokan.

Batuk kencang

cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan

Cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan berikutnya bisa dilakukan dengan batuk kencang. Pada beberapa kasus, batuk kencang bisa dipercaya mampu mengatasi duri ikan yang tersangkut di kerongkongan.

Selain itu, batuk juga dikatakan sebagai cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan yang paling efektif. Sebab, Anda tidak membutuhkan alat atau persiapan apapun saat melakukannya. Cukup dengan batuk kencang secara sengaja, maka duri ikan yang tersangkut bisa segera dikeluarkan.

Mengonsumsi air garam

Siapa sangka, jika mengonsumsi air garam juga bisa dijadikan cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan yang paling ampuh. Apabila batuk kencang tidak bisa membuat duri ikan keluar dari area tenggorokan Anda, maka meminum segelas air garam bisa jadi solusi terbaiknya.

BACA JUGA  Inilah 10 Jurusan Kuliah Potensial di Era Digital Seperti Sekarang

Cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan menggunakan air garam ini cukup mudah. Ambil saja segelas air hangat yang ditambahkan dengan sejumput garam. Setelah itu, minum larutan tersebut secara perlahan. Biasanya, duri ikan berukuran kecil yang tersangkut di tenggorokan akan luruh terbawa air garam tersebut dan masuk ke dalam organ pencernaan Anda.

Menelan nasi

cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan

Cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan satu ini adalah trik paling populer di berbagai kalangan masyarakat. Pasalnya, menelan nasi dinilai cukup mudah untuk dilakukan ketika seseorang tak sengaja menelan duri ikan dan tersangkut di tenggorokannya.

Menelan sekepal nasi sebagai cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan ini sangat mudah untuk Anda lakukan. Cukup ambil segenggam nasi, lalu bentuk seperti bola-bola berukuran sedang atau sebesar kemampuan Anda untuk menelannya tanpa dikunyah.

Setelah itu, masukkan kepalan nasi tersebut ke dalam mulut. Pastikan Anda menelannya tanpa dikunyah sedikit pun sambil sesekali mendorongnya dengan segelas air. Inilah alasan, mengapa nasi yang dikepal tidak boleh terlalu besar. Selain itu, supaya Anda tidak tersedak saat menelannya.

Menelan beberapa butir marshmallow

Selain menelan sekepal nasi, ada cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan selanjutnya yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah menelan beberapa butir marshmallow. Kunyah saja camilan dengan rasa manis tersebut, tapi ingat jangan mengunyahnya terlalu lembut. Ada baiknya jika marshmallow tersebut masih terasa sedikit kasar sebelum Anda telan.

Marshmallow sering dijadikan cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan karena makanan satu ini dinilai memiliki tekstur kenyal dan tebal. Namun uniknya, marshmallow akan berubah menjadi super lengket ketika terkena air liur. Inilah yang memungkinkan duri ikan menempel dan luruh menuju organ pencernaan Anda.

Tentu saja, cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan ini jadi trik favorit banyak orang. Bukan hanya karena marshmallow mudah ditemukan di toko bahan pangan atau minimarket terdekat, tapi juga karena rasanya yang manis dan menyenangkan saat dikunyah.

Mengonsumsi buah pisang

cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan

Cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan berikutnya yang juga patut untuk Anda coba adalah mengonsumsi buah pisang. Sebab, buah satu ini dikenal memiliki tekstur super lembut yang gampang ditelan. Inilah yang membuat duri ikan di tenggorokan Anda jadi lebih mudah luruh dan masuk ke dalam organ pencernaan.

Trik paling tepat menggunakan buah pisang ini sebagai cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan adalah memotongnya menjadi beberapa bagian, lalu coba telah tanpa dikunyah sedikitpun. Setelah menelan potongan pisang tersebut, Anda harus segera meminum segelas air supaya tidak tersedak.

BACA JUGA  Tips Aman Konsumsi Gula Biar Tubuh Tetap Sehat Bugar

Tekstur pisang yang lengket dinilai mampu menarik duri ikan yang tersangkut di tenggorokan sehingga cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan satu ini juga sering dicoba oleh banyak orang.

Meminum minyak zaitun

Hal lain yang patut Anda coba sebagai cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan adalah mencoba meminum minyak zaitun. Jika terlalu sulit, campur saja minyak zaitun tersebut dengan segelas air hangat sehingga kerongkongan terasa lebih licin dan duri ikan pun melunak, lalu terlepas.

Menepuk punggung dengan kuat

Jika menggunakan cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan di atas belum mampu mengatasi permasalahan Anda, maka Anda bisa meminta bantuan dari orang lain untuk menepuk punggung. Tentu saja, hal semacam ini harus dilakukan dengan hati-hati supaya tidak memicu risiko yang berbahaya.

Cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan dengan menepuk punggung ini sangat mudah. Anda hanya perlu berdiri membungkuk, lalu orang yang hendak membantu berdiri tepat di samping Anda. Minta orang tersebut untuk melingkarkan lengannya ke leher atau dada, kemudian minta supaya ia menepuk punggung Anda tepat di antara dua tulang belikat.

Ulangi cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan ini sampai duri yang mengganjal di tenggorokan benar-benar teratasi.

Konsultasi ke dokter

cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan

Jika Anda sudah melakukan semua cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan, tapi masalah tersebut belum bisa teratasi, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter THT. Apalagi jika duri ikan tersebut menimbulkan beberapa keluhan lain, seperti pembengkakan di area tenggorokan atau rasa nyeri yang tak kunjung reda.

Biasanya, dokter akan melakukan X-ray dan meminta Anda untuk menelan cairan yang mengandung barium sebagai cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan paling efektif. Sementara metode lainnya yang sering dilakukan oleh para tenaga medis adalah laringoskopi untuk mengetahui kondisi bagian belakang tenggorokan Anda.

Jika Anda mengalami kasus yang lebih parah, biasanya para dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan CT Scan dan endoskopi sebagai bagian dari cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan. Hal ini dilakukan untuk melihat tingkat kerusakan pada kerongkongan akibat menelan duri ikan tersebut.

Demikian beberapa cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan yang patut Anda coba supaya tidak tersiksa terlalu lama. Namun ingat, pilih cara yang benar-benar aman menurut Anda. Selamat mencoba.

 

 

Tentang nezzumia

Check Also

tips aman konsumsi gula

Tips Aman Konsumsi Gula Biar Tubuh Tetap Sehat Bugar

Mengkonsumsi gula dalam kehidupan sehari-hari memang sangat penting, hanya saja yang patut jadi perhatian disini …