fbpx
cara menghilangkan dahak di tenggorokan

Berbagai Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Cara menghilangkan dahak dari tenggorokan ternyata bisa dilakukan sendiri di rumah. Perlu Anda ketahui, sebenarnya dahak adalah lendir yang diproduksi di paru-paru yang sebenarnya memiliki fungsi tersendiri bagi tubuh. Salah satunya adalah menjaga kelembapan berbagai organ penting tubuh supaya tidak terjadi dehidrasi.

Bukan itu saja, dahak mengandung enzim pembunuh bakteri yang menjadikannya ampuh dalam melawan berbagai jenis bakteri. Namun pada kondisi tertentu, dahak tetap harus dikeluarkan dari tubuh. Itulah mengapa banyak orang mencari cara menghilangkan dahak dari tenggorokan dengan cepat.

Cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang paling mujarab

Meski sangat dibutuhkan oleh tubuh, Anda tetap tak bisa mengelak bahwa keberadaan dahak di tenggorokan sangat mengganggu. Beruntung, ada beberapa cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, di antaranya:

Gunakan pelembap udara

cara menghilangkan dahak di tenggorokan

Tahukah Anda, melembapkan udara merupakan cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang bisa dilakukan di rumah dengan aman sekaligus mudah. Anda hanya perlu memasang mesin pelembap udara selama seharian penuh, terutama ketika sedang beraktivitas di dalam rumah. namun jangan lupa untuk selalu mengganti air di dalam mesin tersebut secara berkala.

Mengonsumsi air putih

Ternyata, minum air putih juga bisa dijadikan cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang paling aman, alami, dan mudah. Pasalnya, ketika tubuh terjaga hidrasinya, secara otomatis dahak menjadi lebih cair dan gampang terlarut oleh air.

Itulah sebabnya, Anda selalu disarankan untuk mengonsumsi kuah sup ayam hangat atau minum hangat lain seperti air lemon, jus buah, hingga teh tanpa kafein sebagai cara menghilangkan dahak di tenggorokan.

Mengonsumsi ekspektoran

Secara garis besar, ekspektoran adalah jenis obat yang berfungsi untuk mengencerkan dahak supaya lebih mudah dikeluarkan. Meski tidak bisa mengatasi infeksi, ekspektoran kerap dijadikan cara menghilangkan dahak di tenggorokan sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak.

Memanfaatkan dekongestan

cara menghilangkan dahak di tenggorokan

Anda juga bisa mengandalkan dekongestan untuk menurunkan kadar dahak pada saluran tenggorokan, membatasi dan mempersempit aliran darah. Salah satu cara menghilangkan dahak di tenggorokan ini tersedia dalam bentuk sirup maupun hirup. Meski begitu, sebaiknya jangan mengonsumsi dekongestan dalam dosis berlebih karena memiliki beberapa efek samping.

BACA JUGA  Ternyata Ini Lho Efek Mie Instan yang Dikonsumsi Saat Sahur

Mengonsumsi obat antihistamin

Apabila Anda mengalami alergi, maka kemungkinan munculnya dahak dalam jumlah berlebih juga semakin besar. Demi mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi antihistamin. Sebab, obat antihistamin mengandung senyawa untuk mengurangi reaksi terhadap alergi sehingga kerap dijadikan cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang paling ampuh.

Berkumur menggunakan air garam

Cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang paling populer adalah berkumur dengan air garam. Bukan sekadar mengencerkan dahak dan memudahkannya untuk keluar, air garam juga berfungsi untuk membunuh kuman di tenggorokan Anda. Caranya mudah, campur saja air putih hangat dengan setengah sendok teh garam, lalu berkumurlah hingga larutan menyentuh tenggorokan tanpa harus menelannya.

Mengonsumsi jahe dan lemon

Ternyata, ada juga cara menghilangkan dahak di tenggorokan secara alami selain menggunakan air garam. Salah satunya menggunakan campuran jahe dan juga lemon. Kedua bahan ini terbukti mampu mengatasi dahak, pilek, dan juga batuk. Bukan itu saja, minuman ini juga efektif untuk menghangatkan tubuh di tengah suhu yang dingin.

Menggunakan minyak kayu putih

cara menghilangkan dahak di tenggorokan

Cara menghilangkan dahak di tenggorokan berikutnya adalah menggunakan minyak kayu putih. Anda hanya perlu menghirup uap minyak kayu putih atau mengoleskan produk beraroma eucalyptus ini, dijamin tenggorokan bakal terasa lega seketika. Sebab, minyak kayu putih memang dipercaya sebagai salah satu bahan alami untuk mengencerkan dahak sekaligus mengeluarkannya.

Mengompres wajah

Ternyata, menempelkan kompres hangat ke wajah juga bisa jadi cara menghilangkan dahak di tenggorokan lho. Hal ini dikarenakan uap hangat meredakan penumpukan lendir yang terjadi akibat sinus. Bukan itu saja, menghirup udara melalui kain kompres yang lembap juga bisa menjadikan tenggorokan terhidrasi sehingga dahak lebih mudah dikeluarkan.

Meninggikan kepala setiap tidur

Meski umumnya dahak berasal dari paru-paru, lendir yang berada di area hidung atau saluran pernapasan juga bisa turun dan tersangkut di tenggorokan Anda. Kondisi semacam ini dikenal dengan sebutan post-nasal drip. Alhasil, Anda bakal merasa terus berdahak padahal tidak sedang batuk.

Menjaga posisi kepala lebih tinggi setiap tidur juga bisa dijadikan cara menghilangkan dahak di tenggorokan. Ketika tidur dengan posisi kepala tidur, dipastikan lendir yang berasal dari hidung lebih sulit mengalir ke tenggorokan untuk keluar melalui mulut. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk tidur dengan menempatkan dua bantal di belakang kepala agar postur tetap terjaga dan dahak lebih mudah dikeluarkan.

BACA JUGA  Daftar Film Komedi Terbaik yang Dapat Bikin Kamu Terhibur

Jauhi kebiasaan merokok

Walaupun Anda sudah tahu cara menghilangkan dahak di tenggorokan, ada baiknya jika Anda juga menghindari kebiasaan merokok. Bahkan, Anda juga disarankan untuk menjauh dari sumber asap rokok yang ada di lingkungan sekitar. Pasalnya, merokok atau menghirup asap dari perokok lain bisa menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak dahak sehingga lendir jadi semakin sulit dikeluarkan.

Jauhi bahan iritan berbahaya

Pada dasarnya, iritasi bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari bahan-bahan kimia berbahaya, polusi, hingga minyak wangi. Nah, ketika Anda sedang mengupayakan berbagai cara menghilangkan dahak di tenggorokan, sebaiknya hindari apapun yang bisa memicu iritasi bagi paru-paru. Sebab, bahan iritan bisa memperbanyak produksi dahak di paru-paru dan akhirnya tersangkut di tenggorokan.

Hindari kafein dan alkohol

Diketahui, kafein dan alkohol merupakan zat yang bisa mengundang dehidrasi sehingga dahak jadi lebih sulit dikeluarkan. Itulah sebabnya, hindari kafein dan minuman beralkohol sebagai cara menghilangkan dahak di tenggorokan.

Mandi menggunakan air hangat

cara menghilangkan dahak di tenggorokan

Cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang ampuh juga bisa dilakukan dengan mandi menggunakan air hangat. Sebab, uap yang dihasilkan oleh air hangat bisa mencairkan dahak di tenggorokan dan menjadikan kondisi Anda jauh lebih baik.

Mengonsumsi berbagai jenis buah

Penelitian membuktikan, mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah, ternyata bisa dijadikan cara menghilangkan dahak di tenggorokan Anda. Bahkan, buah-buahan juga bisa membantu Anda mengurangi risiko masalah pernapasan, seperti menumpuknya lendir di area tenggorokan.

Hindari makanan yang memicu asam lambung

Meningkatnya produksi asam lambung juga bisa menyebabkan dahak semakin berkumpul di tenggorokan. Oleh sebab itu, Anda harus menghindari konsumsi makanan yang memicu asam lambung sebagai cara menghilangkan dahak di tenggorokan. Bukan itu saja, Anda juga disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter apabila kondisi tubuh semakin memburuk.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang bisa Anda coba. Namun sebelumnya, pastikan dulu warna dahak yang berhasil Anda keluarkan. Umumnya, dahak normal tidak berwarna alias transparan. Namun jika dahak berwarna kuning atau hijau, bisa jadi hal tersebut adalah tanda dari infeksi bakteri sehingga Anda harus segera berkonsultasi ke dokter.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
cara alami keluarkan dahak di tenggorokan

Tentang nezzumia