fbpx
Cara menghilangkan bau sepatu

Begini Cara Menghilangkan Bau Sepatu dalam Waktu Semalam

Tampil keren dengan sepasang sepatu andalan pasti membuat siapa saja jadi semakin percaya diri. Namun jika Anda memiliki masalah bau kaki, tentu urusan tampil gaya bisa jadi batal seketika. Berbagai cara menghilangkan bau sepatu tentu tidak akan ada gunanya, jika sepatu tidak diperiksa secara rutin. Sebab, kaki dan sepatu berbau biasanya dikarenakan bakteri yang telah bercampur keringat.

8 Cara menghilangkan bau sepatu dalam sekejap

Bukan hanya sekadar menggunakan kaos kaki supaya menyerap keringat saat mengenakan sepatu, ada beberapa tips praktis berupa berbagai cara menghilangkan bau sepatu hanya dalam semalam saja.

Mencuci kering sepatu

Cara menghilangkan bau sepatu
Pair of white sneakers in washing machine, closeup

Cara menghilangkan bau sepatu yang sering dilakukan oleh orang adalah mencuci sepatu kesayangan. Namun, jika Anda membutuhkan trik yang lebih cepat, maka coba cuci kering alias dry cleaning.

Sebenarnya, cara menghilangkan bau sepatu dengan proses dry cleaning cukup mudah. Anda hanya perlu membersihkan bagian depan sepatu dengan menggunakan sikat khusus sepatu atau sikat gigi bekas. Kemudian, beri campuran sedikit air hangat dengan sabun detergen beraroma favorit Anda, lalu gunakan sikat yang sama untuk menggosoknya ke seluruh permukaan sepatu.

Setelah itu, Anda ambil kain lap dan rendam menggunakan air bersih. Peras kain lap tersebut hingga kering dan mulai bersihkan sisa-sisa busa ataupun detergen. Kemudian, lanjutkan menggunakan kain lap kering yang baru, lalu jemur di bawah sinar matahari. Percayalah, cara menghilangkan bau sepatu ala dry cleaning ini tidak membutuhkan waktu lebih dari 15 menit.

Memanfaatkan perlengkapan rumah tangga yang tersedia

Cara menghilangkan bau sepatu

Siapa sangka, ternyata banyak benda di rumah yang bisa dijadikan obat mujarab menghilangkan bau sepatu dalam semalam. Oleh sebab itu, pastikan Anda mencatat sekaligus menyiapkan salah satu perlengkapan di bawah ini supaya tidak bingung mencari cara menghilangkan bau sepatu yang mengganggu penampilan.

  • Bubuk soda kue

Umumnya, soda kue digunakan sebagai bumbu dapur. Tapi ternyata, soda kue juga bisa dijadikan cara menghilangkan bau sepatu yang ampuh. Sebab, bahan ini bisa dijadikan deodoran yang berfungsi dengan baik jika ditaburkan ke dalam sepatu.

Cara menghilangkan bau sepatu menggunakan soda kue ini cukup mudah. Taburkan saja soda kue ke dalam sepatu sebelum mengenakannya, lalu ulangi lagi jika bau belum berangsur hilang sampai beberapa hari ke depan.

  • Cairan alkohol
BACA JUGA  9 Rekomendasi Body Wash Terbaik Bebas Kandungan Anti-Bakteri Berbahaya

Ternyata cairan pembasuh luka seperti alkohol juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau sepatu. Anda bisa menggunakannnya dengan cara mencampur alkohol dan air, lalu masukkan ke dalam botol semprotan untuk membunuh bakteri sehingga bau pun hilang dalam sekejap.

Namun cara menghilangkan bau sepatu ini harus dilakukan dengan hati-hati. Pastikan Anda tidak menyemprot sepatu hingga terlalu basah. Sebab, kondisi lembap justru mengundang bau tak sedap pada sepatu kesayangan.

  • Bubuk kopi

Cara menghilangkan bau sepatu dengan kopi nyaris sama dengan soda kue. Anda bisa menggunakannya sebagai penghilang bau sekaligus memberi aroma segar untuk sepatu yang bermasalah. Apabila Anda tidak ingin menaburkan bubuk kopi, maka letakkan saja sepatu dengan kantong berisi bubuk kopi dalam kotak penyimpanan atau kantong plastik kedap udara.

  • Kulit jeruk

Cara menghilangkan bau sepatu menggunakan kulit jeruk tergolong ampuh. Sebab, kulit jeruk mengandung minyak esensial di setiap bagian kulitnya. Anda cukup meninggalkan beberapa kulit jeruk selama semalaman pada sepatu yang dipakai keesokan harinya supaya bau sepatu bukan hanya hilang tapi juga beraroma segar sepanjang hari.

  • Garam dapur

Selain bisa digunakan untuk menyedapkan rasa makanan, garam juga bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan bau sepatu. Sebab, garam memiliki fungsi untuk mengurangi kelembapan yang ada di dalam sepatu kesayangan Anda tersebut.

Adapun cara menghilangkan bau sepatu menggunakan garam ini dengan mencampurkan garam ke dalam sebuah baskom berisi air hangat. Kemudian, rendam kaki sebelum mengenakan sepatu selama 20 menit ke dalam campuran tersebut. Bilas kaki sampai benar-benar bersih. Percayalah, tips satu ini sangat ampuh menghilangkan bakteri penyebab bau kaki.

Dinginkan sepatu di freezer

Cara menghilangkan bau sepatu

Terdengar sedikit konyol, tapi percayalah cara menghilangkan bau sepatu satu ini sangat praktis. Anda hanya perlu membungkus sepatu ke dalam kantong plastik kedap udara atau resealable bag dengan rapi, lalu masukkan ke dalam freezer di kulkas rumah. Suhu yang dingin ternyata ampu membasmi bakteri pemicu bau tak sedap secara total.

Koran bekas

Cara menghilangkan bau sepatu

Menyumpalkan koran bekas pada tiap pasang sepatu adalah ide paling bagus untuk menyerap bau dan lembap. Cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam ini juga tergolong murah karena hanya membutuhkan beberapa lembar koran bekas dan lokasi yang kering supaya bau terserap sempurna.

BACA JUGA  Sudah Terbukti! Rempah dan Bumbu Ini Dapat Cegah Kanker

Minyak atsiri

Cara menghilangkan bau sepatu

Cara menghilangkan bau sepatu berikutnya adalah menggunakan minyak atsiri yang dikenal juga dengan nama essential oil. Bahan satu ini bisa Anda dapatkan di toko atau pasar terdekat. Untuk menggunakannya pun cukup mudah, masukkan saja beberapa tetes minyak ke dalam sepatu, penuhi sepatu dengan kertas dan biarkan selama semalaman.

Setelah semua cara menghilangkan bau sepatu tersebut dilakukan, Anda bisa mengeluarkan kertas dari dalam sepatu. Percayalah, langkah yang terbilang sangat sederhana ini mampu menjadikan sepatu Anda kembali wangi tanpa bau tak sedap.

Spiritus

Cara menghilangkan bau sepatu

Bisa dikatakan, spiritus bukan barang yang bisa dengan mudah ditemukan. Biasanya, Anda menemukan bahan satu ini di laboratorium sekolah atau toko bahan-bahan kimia. Namun siapa sangka, jika cairan ini juga bisa dijadikan cara menghilangkan bau sepatu lho.

Cara menghilangkan bau sepatu menggunakan spiritus cukup mudah. Campurkan saja spiritus dan air ke dalam botol spray, lalu semprotkan cairan tersebut ke dalam sepatu yang berbau. Dijamin, bakteri penyebab bau pun bisa diusir dengan sempurna.

Kantong teh hitam

Cara menghilangkan bau sepatu

Teh hitam mengandung tanin atau senyawa polifenol yang sangat ampuh dalam membunuh bakteri sekaligus menghilangkan bau pada sepatu. Inilah yang membuatnya kerap dijadikan cara menghilangkan bau sepatu dalam semalam.

Cara menghilangkan bau sepatu dengan kantong teh hitam ini mudah kok, Anda hanya perlu mencelupkan kantong teh hitam ke dalam air mendidih selama 2-3 menit. Setelah itu, tiriskan dan biarkan dingin untuk beberapa saat. Kemudian, simpan kantong tersebut ke dalam sepatu yang bau selama kurang lebih satu jam.

Menggunakan produk khusus

Cara menghilangkan bau sepatu

Cara menghilangkan bau sepatu yang tak kalah ampuh berikutnya adalah membeli produk penghilang bau yang banyak dijual di pasaran. Sebaiknya, pilih produk yang mengandung arang sebagai alternatif paling aman sehingga efek buruk dari bahan-bahan kimia berbahaya bisa diminimalisir.

Sekarang, ucapkan selamat tinggal pada berbagai masalah bau tak sedap di sepatu dan kaki berkat cara menghilangkan bau sepatu yang telah dijelaskan di atas, ya! Selain mencoba cara-cara tersebut, pastikan Anda juga membersihkan kaki secara rutin dan menjaga kebersihan rak atau kotak penyimpanan sepatu tersebut.

 

Tentang nezzumia

Check Also

tips aman konsumsi gula

Tips Aman Konsumsi Gula Biar Tubuh Tetap Sehat Bugar

Mengkonsumsi gula dalam kehidupan sehari-hari memang sangat penting, hanya saja yang patut jadi perhatian disini …