tanda gejala ginjal tidak sehat

Kenali 6 Tanda Gejala Ginjal Tidak Sehat, Jangan Terlambat!

Agar terhindar dari risiko komplikasi serius di kemudian hari, penting untuk mengenali sejumlah gejala fisik yang bisa menjadi tanda-tanda ginjal tidak sehat. Ginjal merupakan organ vital yang berperan dalam menyaring racun dalam darah.

Ketika fungsi ginjal terganggu, kemampuannya untuk membersihkan racun dalam tubuh dapat terhambat, berpotensi menimbulkan masalah pada ginjal, hati, dan organ-organ penting lainnya.

Penumpukan racun dan limbah dalam tubuh tidak hanya berdampak pada fungsi ginjal, tetapi juga dapat menyebabkan munculnya penyakit serius, seperti batu ginjal. Oleh karena itu, memahami gejala-gejala yang mengindikasikan ketidaksehatan ginjal merupakan langkah awal yang krusial untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

6 Tanda Gejala Ginjal Tidak Sehat

Ada 6 tanda gejala ginjal tidak sehat yang perlu anda ketahui, nah berikut ini kami berikan beberapa tanda-tandanya.

Rasa Lelah Tak Kunjung Hilang

Rasa lelah yang terus-menerus seringkali diabaikan sebagai gejala kesehatan ginjal yang tidak sehat. Menurut National Kidney Foundation, kelelahan yang tak kunjung hilang bisa menjadi tanda adanya penumpukan racun dan kotoran dalam darah yang tidak disaring secara optimal oleh ginjal.

Kelelahan juga bisa dipicu oleh penurunan jumlah sel darah merah akibat rendahnya produksi hormon erytropoetin, yaitu hormon pembentukan sel darah merah yang dihasilkan oleh ginjal.

tanda ginjal tidak sehat

Sering Buang Air Kecil

Tanda gejala ginjal tidak sehat selanjutnya adalah intensitas buang air yang terlalu sering. Seringnya keinginan untuk buang air kecil, terutama pada malam hari, dapat menjadi indikasi lain dari ketidaksehatan ginjal.

Kerusakan pada ginjal mengganggu fungsi filtrasi, yang pada gilirannya dapat menyebabkan frekuensi buang air kecil yang meningkat. Selain itu, kerusakan ginjal juga dapat menyebabkan urine berbuih dan munculnya bercak darah pada urine.

Kaki Mengalami Pembengkakan

Penurunan fungsi ginjal dapat menimbulkan pembengkakan pada kaki, terutama di pergelangan kaki, karena penumpukan sodium dan cairan di tubuh. Meskipun gejala ini dapat menjadi tanda penyakit ginjal, bengkak di kaki juga bisa menjadi gejala penyakit lain seperti gangguan jantung, hati, atau pembuluh darah.

BACA JUGA  Ngeri! Ini Lho Dampak Negatif Sering Konsumsi Frozen Food

Nafsu Makan Menurun

Nafsu makan yang menurun merupakan salah satu tanda gejala ginjal tidak sehat yang cukup umum. Namun, hal ini sebaiknya tidak dianggap remeh karena bisa menjadi tanda adanya penumpukan racun dan kotoran dalam darah akibat penurunan fungsi ginjal.

Jika nafsu makan tidak membaik dalam jangka waktu tertentu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang akurat.

Kram Otot

Kram otot dapat muncul sebagai akibat dari ketidakseimbangan kadar sodium, kalsium, potasium, dan elektrolit lain dalam tubuh akibat kerusakan ginjal. Ketidakseimbangan ini dapat mengganggu fungsi otot dan sistem saraf, sehingga menimbulkan kram otot.

Kulit Mengalami Kering dan Gatal

Dan tanda gejala ginjal tidak sehat yang terakhir dialami pada bagian kulit. Dimana jika kondisi kulit kering dan gatal juga dapat menjadi gejala ketidaksehatan ginjal. Ketidakmampuan ginjal untuk membersihkan dan mengeluarkan racun dari darah dapat menyebabkan penumpukan racun, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kulit kering dan gatal.

Kerusakan ginjal juga dapat mengganggu keseimbangan mineral dan nutrisi dalam tubuh, memicu gangguan mineral dan tulang yang juga dapat menyebabkan gejala kulit kering dan gatal.

Nah itu tadi beberapa tanda gejala ginjal tidak sehat yang perlu anda ketahui. Jika anda mengalami salah satu masalah di atas, bisa langsung saja menanyakan pada dokter terdekat.