Daftar Pinjaman Online Ilegal Tidak Usah Dibayar

Daftar Pinjaman Online Ilegal

Mengapa bisa ada daftar pinjaman online ilegal tidak usah dibayar? Hal tersebut karena pinjaman ilegal sering kali beroperasi tanpa izin dari Badan Jasa Keuangan (OJK). Meski OJK sendiri kerap menerbitkan daftar pinjaman ilegal yang harus Anda hindari.

Oleh karena itu, pemerintah menyarankan bahwa masyarakat awam untuk memilih pinjaman yang memiliki lisensi legal. Namun, masih banyak orang yang terjebak dalam penipuan pinjaman ilegal dan adanya pemerasan untuk membayar.

Faktor Penyebab Risiko Pinjaman Online Ilegal

Masyarakat juga telah melakukan tindakan wanprestasi terhadap daftar pinjaman online ilegal tidak usah dibayar ini. Sayangnya, ada risiko besar yang terkait dengan mereka yang menolak membayar pinjaman ilegal. Hal tersebut karena adanya beberapa faktor seperti berikut ini;

  1. Tidak ada pengawasan dan perlindungan.
  2. Intimidasi berlebihan selama penagihan yang dapat mempengaruhi sentimen pelanggan.
  3. Risiko kebocoran data pribadi masyarakat yang meminjam pada lembaga tidak sah. Mengingat saat akan bertransaksi, masyarakat yang akan meminjam harus menyerahkan data diri.
  4. Peningkatan keuntungan daftar pinjaman online ilegal tidak usah dibayar yang berkali-kali lipat dan biaya administrasi yang tinggi.

Berbeda dengan pinjaman abal-abal, pinjaman online yang resmi akan memasukkan nama nasabah yang menunggak ke dalam sistem layanan informasi keuangan OJK (SLIK), sehingga menyulitkan nasabah untuk mengajukan pinjaman lain nantinya. Tentu saja, hal ini terbilang lebih manusiawi daripada apa yang pinjaman ilegal lakukan.

Tiga Solusi Gagal Bayar Pinjaman Legal dan Ilegal

Menurut Tongam L. Tobing, Ketua Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), beberapa langkah yang dapat Anda lakukan jika terjadi gagal bayar pada pinjaman legal dan ilegal, seperti dilansir situs resmi Ajaib, berikut beberapa solusinya.

1. Restrukturisasi Pinjaman

Langkah ini bisa Anda tempuh jika debitur mengalami kesulitan untuk mengajukan pengampunan dan membayar pokok dan bunga. Penyedia jasa daftar pinjaman online ilegal tidak usah dibayar dapat melakukan restrukturisasi kredit dengan cara sebagai berikut:

  1. Perpanjangan jangka waktu pembayaran pinjaman
  2. Pengurangan bunga pinjaman yang terlambat
  3. Mengurangi tunggakan hutang pokoknya
  4. Menambah fasilitas pinjaman yang dapat mengurai beban bayar tunggakan.
  5. Mengubah pinjaman menjadi penyertaan modal sementara

Jika Anda memperpanjang jangka waktu kredit melalui restrukturisasi, jumlah pembayaran bulanan Anda akan berkurang, namun perlu diketahui bahwa jumlah total hutang akan bertambah. Hal ini hanya memberikan solusi jangka pendek.

2. Permintaan Pengurangan Bunga

Debitur juga dapat bernegosiasi dengan penyedia jasa pinjaman untuk menurunkan bunga pinjaman. Mengurangi bunga pinjaman berarti juga mengurangi total jumlah pinjaman. Sehingga, lebih mudah bagi debitur untuk membayar kembali.

BACA JUGA  Yuk, Mulai Jauhi Kebiasaan Ini Agar Bisa Menabung Demi Masa Depan

Hal ini mungkin agak sulit karena jarang sekali. Bagaimana tidak!, karena akan mengurai keuntungan lembaga atau orang secara pribadi yang telah memberi pinjaman dengan kesepakatan bunga yang harus Anda bayar. Keuntungan memang menjadi tujuan dari banyak aplikasi dalam daftar pinjaman online ilegal tidak usah dibayar.

3. Pemberitahuan kepada Otoritas Yang Berwenang

Jika Anda mendapatkan perilaku tidak menyenangkan selama periode pinjaman yang mengarah ke teror dab ancaman atau hal lain yang merugikan Anda. Silakan untuk dapat melaporkannya ke polisi agar polisi dapat mengambil tindakan hukum yang tepat.

Tidak diragukan lagi, semua hutang yang tidak segera Anda bayar terutama jika ada dalam daftar pinjaman online ilegal tidak usah dibayar memang memiliki konsekuensi. Salah satu akibatnya adalah munculnya tagihan dengan kekerasan seperti pemaksaan dan ancaman. Hak tersebut menyebabkan situasi yang menakutkan.

Hal-hal yang biasanya akan muncul antara lain adalah panggilan telepon terus menerus, membuat grup WhatsApp yang berisi kerabat, anggota keluarga, teman, dan atasan lalu menyebarkan ancaman dan teror lainnya, bisa berupa postingan gambar porno di handphone, ancaman melalui SMS dengan bahasa yang kasar.

Teknik Umum Pinjaman Ilegal untuk Menjebak Nasabah

Ada beberapa teknik yang harus Anda waspadai agar tidak terjebak dengan daftar pinjaman online ilegal tidak usah dibayar. Pinjaman ilegal biasanya menawarkan berbagai kemudahan bagi nasabah untuk mendapatkan pinjaman awalnya. Selain itu, ia melakukan berbagai kegiatan ilegal seperti:

1.      Biaya Administrasi Tinggi dan Pemotongan Langsung dari Jumlah Pinjaman

Praktik pinjaman ilegal sebenarnya secara langsung merugikan nasabah dengan membebankan biaya tinggi hingga 40% dari pinjaman setelah mereka setuju untuk mengambil pinjaman. Biaya kemudian dipotong langsung dari pinjaman awal.

Akan tetapi, mungkin karena terdesak kebutuhan, banyak orang yang tetap mengambil pinjaman tersebut. Sementara itu, selanjutnya pembayaran akan ,menghitung utuh jumlah pinjaman sebelum adanya pemotongan beserta dengan bunganya.

2.      Penetapan Suku Bunga dan Denda Yang Tinggi

Permintaan pinjaman ilegal tidak sesuai dengan suku bunga resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bahkan, OJK menetapkan suku bunga FinTech sedemikian rupa sehingga tidak membebani nasabah sehingga FinTech dan nasabah sama-sama mendapatkan keuntungan dari transaksi pinjaman.

Namun sekali lagi, pinjaman ilegal tidak sesuai dengan peraturan OJK karena hanya fokus untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Sehingga, penetapan suku bunga hanya berdasarkan pada kepentingan pribadi tanpa mempertimbangkan kepentingan pihak lain.

3.      Jangka Waktu Pengembalian yang Sangat Singkat

Sementara itu, selain suku bunga yang lebih tinggi, aplikasi yang ada di daftar pinjaman online ilegal tidak usah dibayar juga memberijan çjangka waktu pembayaran pada pinjaman ilegal umumnya sangat singkat. Bahkan, banyak pinjaman ilegal yang menagih utang yang tidak memenuhi tenggat waktu atau lebih cepat dari kesepakatan semula.

Dalih yang akan Anda terima dari pinjol ilegal tentu akan beragam, misalnya penagihan cepat bertujuan agar pihak yang menerima pinjaman disiplin dalam membayar cicilan dengan baik. Akan tetapi, pada dasarnya ada trik agar nasabahnya merasa takut dan bersegera melunasi hutang di aplikasi Pinjol ilegal.

BACA JUGA  Syarat dan Cara Mencairkan BSU Kemnaker, Mudah Tidak Perlu Rekening Himbara

4.      Meminta Izin untuk Mengakses Kontak

Jebakan pinjaman ilegal berikutnya adalah meminta izin untuk mengakses kontak Anda. Setelah berhasil mendapatkan akses kontak Anda, maka mereka Itu kemudian menggunakannya untuk meneror orang-orang di kontak tersebut jika Anda tidak segera membayar pinjaman pada pinjol ilegal mereka.

Dengan demikian, pasti Anda akan sesegera mungkin membayar hutang pada pinjol ilegal. Karena jika tidak, maka akan menjadi risiko untuk Anda dan keluarga. Kebanyakan orang tidak mau sampai banyak orang yang mengetahui tentang hutang pinjol ileganya.

5.      Penagih Melakukan Ancaman dan Teror

Ini adalah risiko yang akan biasa Anda alami karena tidak membayar pinjaman pada penyedia yang ilegal. Pembayaran yang terlambat tidak hanya membuat Anda ngeri, tetapi juga orang-orang yang berada di sekitar Anda bahkan lingkungan. Sama sekali tidak ada etika dalam penagihan pinjaman.

  1. Tidak Ada Layanan Keluhan Pelanggan

Jika Anda memilih meminjam pada aplikasi dalam daftar pinjaman online ilegal tidak usah dibayar, maka Anda juga harus siap tidak ada layanan pengaduan atau customer servis. Dalam hal ini, kerugian maksimum benar-benar terjadi. Hal tersebut karena Anda tidak memiliki tempat yang resmi untuk membuat pengaduan dan meminta perlindungan.

Cara Menyelesaikan Pinjaman Ilegal

Apakah masih mungkin untuk keluar dari jebakan pinjaman online? Jawabannya mungkin. Maka dari itu, Anda harus tetap bertekad terbebas dari hutang khususnya pada lembaga pinjaman online ilegal ini. Anda dapat melakukan hal berikut.

1.      Melunasi Pinjaman Secepat Mungkin

Anda jangan sampai betah berlama-lama berurusan dengan pinjaman ilegal. Anda mungkin merasa frustrasi atau sakit dan kecewa karena terjebak pada pinjaman online ilegal. Namun, jangan biarkan perasaan ini memperlambat, Anda perlu menyingkirkan dan menyelesaikan hutang pinjol ilegal secepat mungkin. Maka dari itu, jangan pernah berpikir cara kabur dari pinjaman online ilegal.

2.      Jangan Berhutang untuk Membayar Hutang

Saat mengambil pinjaman dari daftar pinjaman online ilegal tidak usah dibayar , fokuslah untuk menyelesaikan pinjaman secepat mungkin. Akan tetapi, tidak dengan cara mengambil pinjaman pada aplikasi pinjaman lainnya. Hal tersebut hanya akan menambah masalah baru yang jauh lebih sulit Anda pecahkan.

3.      Blokir Nomor Telepon Penagih Pinjol Ilegal

jika penagih pinjol ilegal menghubungi Anda, tidak apa-apa untuk mengabaikan atau bahkan memblikirnya. Yang harus Anda lakukan adalah melunasi pinjaman sebelum batas waktu. Tidak perlu menjawab penagih yang hanga merusak pikiran dan mental.

4.      Hubungi Polisi Jika Merasa dalam Bahaya

Pernahkah Anda begitu takut atau khawatir dengan cara penagih mengumpulkan pembayaran pinjaman? Jika terorisnya susah benar-benar berbahaya, hubungi polisi. Anda dapat melaporkan perilaku atau tindakan yang menyinggung atau membahayakan.

Berikut Ini Daftar Nama Pinjaman Online Ilegal Tidak Usah Dibayar Harus Anda Hindari

Pinjol ilegal 2023 apa saja? Berikut ini daftar pinjaman online ilegal tidak usah dibayar yang harus Anda waspadai menurut SWI pada awal Maret tahun 2023.

  1. Aplikasi Cairin Uang Instan
  2. Aplikasi Pinjam Uang Tunai Kredit Dana ilegal KSP Dompet Kelapa
  3. Aplikasi Pinjam Dana Tunai
  4. Aplikasi Bantu Cepat – Pinjaman Uang Online Dana Tunai
  5. Aplikasi Alpha Money – Pinjaman Online Cepat Aman Dana
  6. Aplikasi KLIK DANA – Pelayanan Dana Daring
  7. Aplikasi Dana Pinjol – Cepat Dana Tunai
  8. Aplikasi Kantong Sahabat
  9. Aplikasi pinjam uang tunai cepat flash bernama duit plus
  10. Aplikasi Rupiah Instan – Pinjaman Tunai Instan
  11. Aplikasi HidupID
  12. Aplikasi PinjamGo
  13. Aplikasi Uang Kita – Pinjam Uang Tunai Tanpa Jaminan Cepat
  14. Aplikasi DanakitaCash
  15. Aplikasi Simpan uang – Produk Pinjaman Profesional
  16. Aplikasi Gurita Kita
  17. Aplikasi GO IT
  18. Aplikasi Cepat Pinjam Uang Tunai Kredit Cash yaitu Rupiah saya

Dengan adanya daftar pinjaman online ilegal tidak usah dibayar menjadikan masyarakat pada umunya akan waspada terhadap jebakan pinjaman online ilegal. Jika sudah terlanjur, maka jangan lupa ikuti tips-tips yang ada dalam artikel ini.