cuaca panas

Awas! Terlalu Panas-panasan Bisa Bikin Tubuh Drop

Beberapa hari terakhir, masyarakat di berbagai wilayah Indonesia mengeluhkan cuaca yang sangat panas dan membuat gerah, lebih buruk daripada hari-hari biasanya. Banyak pihak menyoroti pentingnya melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya, karena indeks sinar UV yang tinggi pada beberapa waktu bisa berdampak buruk pada kulit.

Namun, selain itu, para dokter juga mengingatkan tentang efek perubahan cuaca pada sistem kekebalan tubuh. Sering terdengar bahwa perubahan cuaca dapat meningkatkan kerentanan seseorang terhadap penyakit. Ini semakin diperparah oleh kenyataan bahwa banyak orang baru saja melakukan perjalanan jauh pada saat mudik Lebaran.

“Perubahan cuaca dan perubahan suhu saja sudah bisa menurunkan imunitas. Jadi imunitas kita dipengaruhi berbagai faktor dari perubahan suhu,” Kata dr Fitria Amalia Umar SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, dikutip dari laman.

panas

“Pertama, aktivitas fisik misalnya capek mudik butuh waktu, jalan di luar dengan keadaan yang terik misalnya apa lagi UV ekstrem itu bisa menurunkan imunitas kita,” imbuh dr Fitria.

dr Fitria menambahkan, jika seseorang terkena paparan sinar matahari terlalu lama ternyata uga berimbas pada menurunnya imunitas tubuh seseorang. Seperti contohnya yang sering dilakukan oleh seseorang yakni berjemur terlalu lama.

Hal ini dikarenakan kulit merupakan lapisan pelindung pertama dan paling luar dari tubuh. Sehingga sengatan sinar matahari yang terik ini bisa membuat kulit kepanasan bahkan bisa merusak kulit seseorang.

“Kerusakan sel kulit kita bisa mengurangi imunitas secara umum karena kulit adalah barrier terluar tubuh. Pertahanan tubuh paling luar di tubuh kita kalau rusak, imunitasnya ikut berpengaruh,” pungkas dr Fitria.

Dan jika kondisi ini terlalu sering dilakukan, bukan tidak mungkin tubuh bakal menjadi lemah dan bisa menyebabkan seseorang mengalami drop karena kepanasan.

BACA JUGA  Link Download Rally Fury Mod Apk Unlimited Money