bahan dapur mengatasi asam urat

Sederet Bahan Dapur Ini Ternyata Bisa Atasi Asam Urat Loh!

Perlu anda ketahui, jika Asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh konsumsi zat purin secara berlebihan. Zat Purin sendiri adalah senyawa dalam DNA yang bisa memicu produksi asam urat dalam darah, dan zat ini sering ditemukan di daging merah, hati, ampela, paru-paru, usus, kepiting, kerang, udang, dan cumi-cumi.

Diperlukan kewaspadaan terhadap asam urat karena kondisi dapat menyebabkan nyeri dan kesulitan bergerak bagi penderitanya. Namun, terdapat beberapa cara untuk mengatasi asam urat tanpa obat yang dapat dicoba.

Tumpukan asam urat pada persendian dapat menyebabkan gout, yang ditandai dengan bengkak dan rasa sakit di persendian. Asam urat biasanya menyerang persendian jempol kaki, pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, siku, atau tangan.

Terkadang, asam urat juga dapat menyerang tulang belakang dalam beberapa kasus. Ada beberapa cara mengatasi asam urat tanpa menggunakan obat-obatan tertentu. Menurut Healthline, berikut ada 6 bahan dapur yang bisa digunakan untuk mengatasi asam urat, diantaranya :

6 Bahan Dapur Untuk Mengatasi Asam Urat

1. Buah Ceri

Untuk mengatasi asam urat dengan bahan alami yang pertama kali ini salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah ceri. Buah ceri ini dapat dikonsumsi adalah ceri asam, manis, merah, atau hitam, baik dalam bentuk ekstrak, jus, maupun mentah.

Buah ceri merupakan obat asam urat alami yang populer dan dapat memberikan hasil yang efektif. Mau coba?

2. Jahe

Salah satu jenis rempah-rempah ini memang terkenal dengan khasiatnya sebagai anti inflamasi yang dapat membantu mengatasi peradangan. Namun ternyata tidak banyak yang tahu jika jahe dapat dikonsumsi untuk mengatasi asam urat.

Cara mengonsumsi jahe untuk mengatasi asam urat adalah dengan merebus 2 sendok teh jahe dalam air mendidih selama kurang lebih 10 menit. Lalu air rebusan jahe tersebut dapat langsung diminum tiga gelas per hari.

BACA JUGA  10 Menu Sahur untuk Diet yang Bikin Puasa Awet Seharian

Selain cara diseduh, jahe juga dapat dioleskan langsung pada bagian tubuh yang sakit karena asam urat. Caranya adalah dengan mengompres air rebusan jahe yang masih segar memakai kain lap bersih selama 15-30 menit.

obat asam urat alami

3. Teh Jelatang

Apakah anda tahu dengan Jelatang? Jelatang atau nettle ini dipercaya bisa digunakan sebagai obat alami untuk meredakan peradangan serta rasa sakit yang ditimbulkan oleh asam urat. Cara mengonsumsinya pun cukup mudah, yakni dengan merebus 1 hingga 2 sendok teh jelatang kering per cangkir, lalu diminum hingga 3 gelas per hari.

4. Seledri

Bahan dapur yang bisa digunakan untuk mengatasi asam urat selanjutnya adalah seledri. Di dalam seledri ini juga memiliki khasiat antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi masalah asam urat. Dengan mengonsumsi jus seledri dan biji seledri dapat menjadi salah satu alternatif pengobatan alami asam urat tanpa obat.

5. Garam Epson

Garam epsom juga dapat membantu anda untuk mengatasi masalah asam urat tanpa obat. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yakni dengan mencampurkan 1-2 gelas garam epsom ke dalam bak mandi, lalu silahkan anda rendam seluruh tubuh atau hanya bagian sendi yang mengalami peradangan akibat asam urat.

6. Campuran Cuka Apel, Jus Lemon, serta Kunyit

Dan cara mengatasi asam urat tanpa obat yang terakhir kali bisa anda coba adalah campuran air hangat, cuka apel, jus lemon, dan kunyit. Konsumsilah campuran bahan ini sebanyak dua sampai tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah itu tadi sedikit ulasan dari kami tentang beberapa bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi asam urat tanpa obat. Namun jika sejumlah cara di atas tadi tidak memberikan dampak positif, disarankan untuk segera pergi ke dokter supaya mendapat pertolongan medis yang sesuai.