fbpx
tips minum kopi

5 Tips Mengatasi Cemas dan Gelisah Setelah Minum Kopi

Dalam beberapa kejadian, minum kopi ternyata bisa memicu rasa gelisah, cemas, serta tak nyaman. Sebenarnya ada tips mengatasi cemas dan gelisah setelah minum kopi tersebut, namun tidak semua orang mengetahuinya.

Setiap orang pasti memiliki reaksi yang berbeda-beda ketika mengkonsumsi minuman yang identik dengan rasa pahit tersebut. Ada yang merasa baik-baik saja, ada yang merasa tubuhnya makin berenergi, dan ada juga sebaliknya justru mengalami kegelisahan.

Menurut ahli gizi Lamorna Hollingsworth, hal ini biasa terjadi karena cafein merupakan stimulan alami, di mana salah satu efek yang dihasilkan adalah memblokir reseprtor adenosin yang pada akhirnya meningkatkan doradenalin, dopamin, serta glutamat dalam tubuh.

Pada sebuah sistem kardiovaskular, kondisi ini bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah serta detak jantung seseorang.  Lalu pada sistem syaraf pusat, dosis cafein yang lebih rendah mampu meningkatkan aktivitas motorik serta kewaspadaan, namun jika dosisnya terlalu tinggi bisa menyebabkan rasa kecemasan muncul.

Maka dari itu, para ahli kesehatan pun memberikan saran agar mengurangi asupan kopi pada tubuh secara berkala.  Selain itu ada pula sejumlah tips mengatasi cemas dan gelisah setelah minum kopi yang bisa anda lakukan, diantaranya berikut ini :

5 Tips Mengatasi Kegelisahan Setelah Minum Kopi

minum kopi

1. Kualitas Kopi

Tips mengatasi cemas dan gelisah setelah minum kopi yang pertama adalah kualitas kopi yang dikonsumsi. Secara umum kopi ini memiliki rasa yang pahit, hal ini dikarenakan kopi telah diolah dengan cara di sangrai.

Namun perlu anda ketahui, jika sebuah kopi yang berkualitas ini justru memiliki citarasa yang tidak terlalu pahit. Hanya saja jika rasa kopi tersebut tetap saja tidak enak meski sudah ditambah dengan gula, bahkan sampai cream, maka bisa diartikan jika kualitas kopi tersebut sudah tidak terlalu baik.

Nah untuk memastikan kualitas kopi yang anda konsumsi ini baik dan segar, maka ada baiknya untuk membeli bubuk kopi dari tempat penggilingan biji kopi itu sendiri. Atau anda bisa membeli biji kopi sendiri, lalu mengolahnya secara sederhana di rumah.

BACA JUGA  Cara Pantau Keluarga Walaupun dari Luar Negeri dengan CCTV Harga 300 Ribuan

2. Memperbaiki Pola Tidur

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan kecemasan setelah minum kopi adalah dengan memperbaiki pola tidur. Semakin minim orang istirahat atau tidur, maka semakin tinggi ia membutuhkan ko[i.

Hal ini dikarenakan efek dari minum kopi ini membuat orang susah tidur, karena efek stimulan yang dihasilkan oleh cafein yang berasal dari pelepasan senyawa noradrenalin pada kelenjar adrenal yang berada di atas ginjal.

Ketika kelenjar tersebut tidak mendapakan waktu untuk istirahat, maka akan menyebabkan tubuh seseorang jadi gampang lelah. Hal itu menyebabkan munculnya efek seperti kegelisahan maupun cemas.

Untuk itu jika anda ingin mengkonsumsi kopi tanpa rasa cemas dan gelisah setelahnya, maka pastikan anda sudah istirahat dengan cukup sehingga adrenalin di tubuh bisa cepat pulih.

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih

konsumsi air putih

Tips mengatasi cemas dan gelisah setelah minum kopi selanjutnya ialah dengan perbanyak mengkonsumsi air putih. Bagi penggemarminuman yang identik dengan warna hitam tersebut pasti lupa dengan kebiasaan yang satu ini, padahal mengkonsumsi air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh agar selalu terhidrasi.

Pada saat pagi ada baiknya anda mengkonsumsi air putih terlebih sebelum minum kopi. Pasalnya kopi ini memiliki sifat diuretik yang menyebabkan seseorang bakalan lebih sering buang air kecil. Nah dengan dukungan konsumsi air putih yang kurang, maka lama-kelamaan tubuh bakal mengalami dehidrasi.

4. Konsumsi Vitamin

Perlu anda ketahui, jika didalam kopi ini memiliki kandungan pH sekitar 5, jika semakin rendah nilai pH pada kopi ini maka semakin asam sifatnya sehingga menurunkan kadar pH dalam tubuh manusia. Untuk perbandingan, air mineral memiliki kadar pH 7 serta lemon memiliki pH sekitar 2,5.

Nah kadar pH didalam kopi ini tidak selalu 5, namun itu rata-rata. Nah hal yang mempengaruhi nilai pH di dalam kopi ini adalah proses pengolahan atau roasting dari biji kopi tersebut. Efek dari pH inilah yang terkadang membuat tubuh kekurangan kalsium serta magnesium yang menimbulkan efek gelisah maupun tak enak badan.

BACA JUGA  10 Produk Pilihan Obat Tetes Mata Terbaik untuk Mata Lelah

Untuk mengurangi efek negait ftersebut, maka anda bisa mengkonsumsi vitamin maupun suplemen yang memiliki kandungan magnesium dan kalsium. Selain itu anda juga bisa menyelingi konsumsi buah maupun sayuran yang memiliki kadar alkaline tinggi.

5. Waktu Mengkonsumsi Kopi

Dan tips mengatasi cemas dan gelisah setelah minum kopi yang terakhir kali ini adalah mengatur waktu konsumsi kopi tersebut. Jangan pernah mengkonsumsi kopi ketika perut masih kosong, dan tunggu sekitar 1 jam setelah bangun pagi sebelum minum kopi.

Tentu hal ini bertujuan supaya tubuh bisa menyesuaikan efek yang ditimbulkan dari kopi sebelum masuk ke dalam tubuh. Hindari pula kebiasaan minum kopi kurang dari 8 jam waktu tidur, hal ini bertujuan supaya tidur anda tidak terganggu.

Pasalanya zat cafein yang ada di dalam tiap biji kopi ini memang bisa menyebabkan gangguan pada tidur. Apalagi jika seseorang mengalami kurang tidur, maka menyebabkan tubuh merasa lelah sehingga tidak bersemangat untuk beraktifitas.

Selain itu gangguan kurang tidur ditambah dengan minum kopi yang menimbulkan kegelisahan, sangat berbahaya bagi tubuh seseorang. Terlebih jika kebetulan anda sedang berkendara, tentu sangat berbahaya bagi diri sendiri serta orang lain.

Nah itu tadi sedikit ulasan tentang tips mengatasi cemas dan gelisah setelah minum kopi yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.