makanan bisa bikin rambut rontok

Waspada, Sederet Makanan Ini Bisa Bikin Rambut Rontok

Bagaimana pun kondisi tubuh seseorang ini selalu ada kaitannya dengan makanan apa yang mereka konsumsi, seperti halnya rambut. Taukah anda jika ada sejumlah makanan yang bisa bikin rambut rontok?

Pembahasan kami kali ini secara esklusif akan mengulas tentang makanan bisa bikin rambut rontok yang wajib anda pahami. Yang pastinya, sejumlah makanan yang masuk dalam daftar kami kali ini adalah tidak memiliki gizi yang baik untuk memberikan nutrisi pada rambut.

Alhasil membuat rambut anda mengalami masalah dan akhirnya menyebabkan kerontokan.  Penasaran dengan apa saja makanan bisa bikin rambut rontok tersebut? mari smak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Deretan Makanan Bisa Bikin Rambut Rontok

Untuk mencegah berbagai masalah kesehatan, salah satunya tentang kerontokan rambut, maka anda perlu mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi cukup untuk memenuhi kebutuhan rambut. Selain itu anda juga perlu menghindari sejumlah makanan yang bisa membuat rambut rontok.

Nah kira-kira apa saja ya jenis makanan bisa bikin rambut rontok tersebut? Seperti yang pernah diungkapkan Tanya Sharma, ahli gizi dari India, berikut ulasannya :

 

1. Makanan dengan Kadar Gula Tinggi

Makanan bisa bikin rambut rontok pertama kali ini adalah yang memiliki kandungan tinggi gula di dalamnya. Untuk jenis makanan yang masuk dalam kategori ini pun cukup beragam, mulai dari tepung olahan, roti, berbagai minuman dengan kandungan soda, hingga minuman kemasan lainnya yang dijual di pasaran.

Sejumlah makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon, sehingga bisa meningaktkan gula darah dan androgen yang mengikat rambut rontok.  Selain masalah kerontokan rambut, sejumlah makanan di atas juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lan seperti resistensi insulin, obesitas, hingga diabetes.

2. Soda diet

Banyak orang yang meyakini jika konsumsi soda diet ini aman, karena mengandung gula rendah. Padahal perlu anda ketahui, jika soda diet ini mengandung pemanis buatan di dalamnya yang disebut dengan aspartam.

BACA JUGA  Awas! Tidur Kurang dari 5 Jam Sehari Diintai Penyakit Ini

Nah efek buruk dari zat tersebut adalah bisa menyebabkan kerusakan pada foikel rambut sehingga membuat rambut jadi gampang rontok.

3. Minuman Beralkohol

Keratin merupakan sejenis protein yang membangun struktur pada rambut, dan ketika anda mengkonsumsi alkohol maka bisa menyebabkan dampak buruk pada sintesis protein tersebut. Hal ini pun menyebabkan kekuatan rambut jadi melemah dan kilau alaminya pun menghilang.

Terlalu banyak konsumsi Alkohol juga bisa sebabkan rambut kehilangan nutrisi dan foikel rambut jadi mati sehingga bisa menimbulkan kerontokan.

daftar makanan bisa bikin rambut rontok

4. Junk Food

Makanan bisa bikin rambut rontok selanjutnya kali ini adalah Junk Food. Makanan cepat saja ini memang sejak dulu sangat tidak baik untuk kesehatan, terutama bisa timbulkan penyakit jantung, hingga kerontokan rambut.

Junk food ini berperan tingkatkan kadar hormon testosteron dan DHT pada tubuh, dimana keduanya bisa jadi pemicu munculkan kebotakan. Umumnya makanan junk food juga mengandung minyak berlebih, yang bisa menyebabkan kulit kepala berminyak dan memicu folikel rambut menyempit sehingga menyebabkan kerontokan.

5. Putih Telur Mentah

Mengkonsumsi telur memang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut, namun dengan catatan jika telur tersebut dalam keadaan matang.  Tapi jika anda mengkonsumsinya dalam kondisi masih menta, zat avidin yang ada di putih telur ini bisa menghambat penyerapan nutrisi pada rambut.

6. Ikan Dengan Merkuri Tinggi

Dan makanan bisa bikin rambut rontok adalah jenis ikan yang memiliki kandungan merkuri tinggi didalamnya. Adapun jenis ikan yang masuk dalam kategori ini seperti ikan hiu, mackarel, ikan todak, dan beberapa jenis tuna.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang jenis makanan bisa bikin rambut rontok, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda nantinya.