Makanan yang Dapat Bantu Bersihkan Paru-paru

Perokok Wajib Konsumsi 8 Makanan yang Dapat Bantu Bersihkan Paru-paru ini

Merokok memang menjadi sebuah kebiasaan buruk namun tetap saja dijalani oleh banyak orang. Bahkan dampak buruk dari merokok ini tidak akan habis ketika orang tersebut sudah berhenti, karena sisa racun dalam rokok masih mengendap di dalam tubuh.

Tentu jika kondisi ini dibiarkan sangat berbahaya dalam jangka waktu panjang, untuk itu pada kesempatan kali ini akan kami bahas rekomendasi makanan yang dapat bantu bersihkan paru-paru untuk anda konsumsi.

Paru-paru menjadi organ tubuh yang sangat terdampak dari kebiasaan merokok tersebut, padahal paru-paru ini menjadi organ yang sangat penting peranannya. Dikurip dari Web MD, jika kabiasaan merokok ini dapat mengakibarkan dua jenis kerusakan jangka panjang pada paru-paru mereka.

Kerusakan yang dimaksud ini adalah emfisema dan juga bronkitis kronis atau umumnya kedua penyakit tersebut dikenal dengan PPOK (Penyakit Paru Obstutif Kronik).

Sejumlah Makanan yang Dapat Bantu Bersihkan Paru-paru

Nah untuk anda yang sudah berhenti merokok, berkut ini adasejumlah makanan yang dapat bantu bersihkan paru-paru untuk di konsumsi. Penasaran apa saja? yuk cari tahu jawabannya di bawah ini.

1. Apel

Makanan yang dapat bantu bersihkan paru-paru pertama kali adalah buah apel. Jenis buah yang dapat dengan mudah ditemui ini memiliki kandngan quercetin di di dalamnya, sehingga secara klinis sangat bermanfaat untuk membersihkan paru-paru anda.

Selain itu, zat quercetin di dalam apel ini juga mampu mengurangi masalah asma dan juga komplikasi PPOK. Buah apel juga memiliki kandungan yang bersifat anti-inflamasi, sehingga mampu meminimalisir dampak negatif dari PPOK.

2. Tomat

Selanjutnya ada buah tomat yang dikenal dengan rasa asam, di mana buah ini mampu mengurangi peradangan saluran pernafasan karena memiliki kandungan karotenoid likopen di dalamnya. Dalam sebuah studi pada tahun 2017 silam, dimana orang dewasa yang rajin mengkonsumsi 2 buah tomat per hari bisa menurunkan paru-paru lebih sedikit.

BACA JUGA  Jangan Abai! Begini Tips Tidur Berkualitas yang Penting untuk Kesehatan

Meski dapat dikonsumsi secara langsung, namun tubuh akan lebih mudah menyerap likopen di dalamnya ketika sudah di masak terlebih dahulu.

tomat Makanan yang Dapat Bantu Bersihkan Paru-paru

3. Blueberi

Selanjutnya ada buah bluberi yang memiliki kandungan vlavonoid anthocyanin di dalamnya. Zat tersebut merupakan salah satu antioksidan yang mampu menjaga paru-paru seiring dengan bertambahnya usia. Dalam sebuah studi, antioksidan dalam buah bluberi mampu mengurangi perkembangan atau gejala dari masalah PPOK.

4. Sayur Hijau

Makanan yang dapat bantu bersihkan paru-paru selanjutnya kali ini adalah sayuran hijau. Dan beberapa sayuran hijau yang baik adalah kangkung dan bayam, karena di dalamnya memiliki kandungan antioksidan dan keratenoid yang mampu membantu menurunkan peradangan pada paru-paru.

Keratenoid ini di percaya mampu menjaga sel serta memiliki peran untuk menghalangi tahap awal penyakit kanker.

5. Kacang Polong

Perlu anda ketahui, jika kacang polong ini menjadi salah satu sumber serat yang ada kaitanya dengan fungsi paru-paru supaya lebih baik dan mengurangi resiko penyakit kanker paru-paru.

6. Telur

Didalam telur ini memiliki kandungan protein dan omega 3, serta ada juga Vitamin A yang mampu memperbaiki sejumlah sel-sel yang rusak dan mampu menumbuhkan sel baru yang normal. Selain itu, Vitamin A di dalam telur ini juga di percaya mampu menumbuhkan jaringan paru-paru yang sehat.

7. Jamur

Di dalam tanaman Jamur, terdapat kandungan Vitamin D di dalamnya. Dan Vitamin ini mampu membantu mengoptimalkan kinerja paru-paru, serta mampu membantu mengurangi peradangan pada saluran pernafasan.

8. Red Peppers

Dan makanan terakhir yang mampu membersihkan paru-paru kali ini adalah Red Peppers. Di mana kandungan vitamin C dalam paprika ini dipercaya mampu melindungi paru-paru dari PPOK maupun kanker.

Nah itu tadi sedikit ulasan tentang sejumlah makanan yang dapat bantu bersihkan paru-paru, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.