Tips dan Trik Membuat Gorengan Tetap Renyah dan Lebih Sehat

Menikmati gorengan atau makanan apapun yang di goreng memang lebih enak, dibandingkan makanan yang direbus.

Banyak sekali jajanan diluar yang di goreng, dan semua itu bisa kita nikmati tanpa berfikir panjang tentang kesehatan. Disini yang dimaksudkan lebih kepada minyak, karena makanan yang direbus lebih menyehatkan dibanding yang di goreng.

Ada beberapa peneliti yang telah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan yang digoreng mempunyai dampak buruk bagi kesehatan. Itulah sebabnya sebagian orang telah mencoba memulai yang baik dengan konsumsi makanan yang direbus.

Tetapi sebagian orang tentu tidak mudah melepaskan hal itu, dan tak dipungkiri sebagian juga masih mencari-cari resep maupun tips membuat camilan seperti gorengan. Ada beberapa tips agar makanan yang dibuat lebih krispi dan sehat. Ini yang tidak sedikit dicari orang, pasalnya makanan yang di goreng memanglah menggoda.

Sebelum menyimak beberapa tips berikut ini, penting untuk tetap memahami bahwa sebaiknya kita tetap memulai langkah yang sehat dari segi pola makan. Apabila belum bisa sepenuhnya, minimal mengurangi untuk konsumsi makanan yang di goreng.

Berikut ini tips membuat makanan yang di goreng tetap renyah dan sehat, mengutip Detik Food dari food.ndtv.com:

1. Ganti Minyak Goreng yang Lebih Sehat

Makanan yang digoreng, agar menghasilkan garing krispi biasanya membutuhkan minyak yang banyak. Pernahkah kita berfikir, bahwa minyak goreng yang umumnya digunakan tinggi asam lemak tak jenuh.

Minyak goreng seperti ini biasanya melalui proses pemurnian yang pada akhirnya mempunyai kandungan petrokimia berbahaya.

Solusinya, ganti dengan minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun yang cocok untuk penggorengan. Hal ini karena minyak zaitun lebih stabil pada suhu tinggi dibandingkan jenis minyak sehat lainnya.

2. Menjaga Minyak Agar Tetap Bersih

Ketika selesai menggoreng, banyak beberapa orang akan menggunakan minyak tersebut secara berulang. Namun minyak yang sudah seringkali digunakan menjadi alasan juga tidak sehat pada tubuh.

BACA JUGA  Tak Perlu Repot, Begini Cara Menghilangkan Jerawat Punggung yang Paling Ampuh

Bukan hanya itu, minyak bekas penggorengan cenderung mempunyai kotoran yang bisa memicu gosong. Parahnya lagi, dengan menggunakan minyak berulang kali bisa saja mengurangi atau bahkan menghilangkan nutrisinya. Oleh karena itu pastikan mengecek kondisi minyak yang segar dan bersih.

3. Menggunakan Tepung yang Sehat Sebagai Pelapis

Umumnya gorengan dilapisi dengan tepung agar lebih chruncy, disini juga harus diperhatikan bahwa pemilihan tepung yang terbaik akan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Biasanya tepung yang digunakan adalah serbaguna dengan tepung roti. Perlu diketahui bahwa beberapa jenis tepung mengandung karbohidrat rafinasi yang bisa meningkatkan risiko berbahaya seperti menyebabkan diatebes, obesitas dan beberapa lainnya.

Maka dari itu mulailah menggunakan tepung yang sehat, bebas gluten. Misalnya yakni tepung gandum (oat) yang bisa memberikan tekstur serupa namun dengan nilai gizi yang lebih tinggi.

4. Memperhatikan Cara Menggoreng

Ternyata cara menggoreng juga sangat berpengaruh pada kualitas makanan itu sendiri. Disini, pastikan telah menggoreng dengan suhu yang tepat.

Menggoreng makanan disarankan pada suhu 176-190°C. Sehingga termometer dapur menjadi alat yang paling efektif guna memeriksa suhu minyak.

Suhu yang terlalu panas akan merusak makanan, menghasilkan radikal bebas yang jauh lebih buruk untuk kesehatan. Sedangkan suhu yang terlalu rendah akan memicu makanan tersebut lebih banyak menyerap minyak.

5. Menambahkan Soda Kue

Kedengarannya cukup aneh, tips menggoreng makanan agar renyah dan sehat di arahkan pada penggunaan soda kue. Namun beberapa orang memang menyarankan hal ini untuk dicoba.

Pada saat soda kue dimasukkan ke dalam minyak, bahan ini akan melepas gelembung yang mengurangi penyerapan minyak ke dalam makanan. Dengan begitu maka makanan tidak akan terlalu banyak menyerap minyak.

Jadi itulah beberapa tips yang bisa diterapkan dirumah, agar bisa menghasilkan makanan sehat sendiri. Tambahan tips lain, menggoreng makanan tanpa menggunakan minyak juga bisa yaitu memanfaatkan teknologi terbaru modern yang saat ini booming. Misalnya, AirFryer dengan merek apapun agar makanan kamu sehat.