fbpx

7 Buah Ini Bisa Bantu Program Diet Kamu Loh

Mempunyai tubuh proposional memang menjadi impian setiap orang, khususnya wanita. Karena wanita lebih details memikirkan dirinya sendiri secara visual, berbeda dengan pria yang mayoritas santai.

Berbagai cara akan di tempuh untuk mendapatkan tubuh yang ideal, mulai dari olahraga rutin secara outdoor maupun ngegym serta langkah diet yang lainnya. Nah, salah satu yang bisa dilakukan sebagai tips diet sehat adalah dengan mengonsumsi buah-buahan.

Sudah sejak dulu buah-buahan memang dikenal sebagai makanan untuk diet atau penambah nutrisi, karena kandungan vitaminnya sangat banyak. Disetiap buah mempunyai kandungan gizi atau vitamin yang berbeda.

Jika kamu salah satu yang sedang menjalani diet, maka lakukan dengan benar mengonsumsi buah-buahan tersebut. Perlu dicatat bahwa juga harus hati-hati dengan buah yang di olah menggunakan gula justru bisa menambah berat badan.

Mencari buah untuk diet sebaiknya memilih yang masih utuh, terlebih lagi segar. Hindari mengonsumsi jus buah instan kemasan, menambahkan gula pada buah, atau manisan buah kering.

Disampaikan oleh Amy Shapiro, RD, salah seorang pendiri Real Nutrition, bahwa manisan buah kering meskipun kecil tetapi sangat manis maka itu sangat tinggi gula. Sebagai contohnya adalah mangga kering yang mengandung 29 gram gula untuk empat potongnya. Hal ini seperti dilansir dari Women’s Health Magazine.

Berikut ini rekomendasi buah untuk diet yang cepat dalam menurunkan berat badan:

Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang masuk kategori jeruk-jerukan atau citrus. Buah ini seringkali menjadi rekomendasi orang saat melakukan diet. Dengan buah lemon, air mineral yang kamu minum akan terasa lebih segar bahkan meningkatkan pembakaran lemak.

Itulah kenapa beberapa orang mengonsumsi infuse water buatan sendiri karena vitamin dan manfaatnya memang bagus sekali untuk tubuh. Tapi ingat, semua itu tidak menggunakan gula.

Apel

Apel juga menjadi buah yang termasuk cepat dalam menurunkan berat badan. Buah ini rendah kalori dan tinggi serat (116 kalori dan 5,4 gram serat) disetiap buahnya yang berukuran besar.

BACA JUGA  Beberapa Tanda yang Menandakan Kencan Pertama Kalian Sukses Menurut Ahli

Buah-buahan seperti apel maupun buah lain yang rendah kalori memang lebih mengenyangkan. Bahkan penelitian menunjukkan jika apel lebih baik di makan utuh karena lebih bagus dibandingkan harus di jus untuk mengurangi nafsu makan dan rasa lapar.

Berry

Buah berry memang tidak disemua negara ada, misalnya saja di Indonesia. Namun kini di supermarket sudah tersedia aneka buah import termasuk buah berry tersebut.

Buah berry termasuk jenis buah yang cocok untuk diet karena buah ini pembangkit tenaga nutrisi dan rendah kalori.

Misalnya saja dalam 1/2 cangkir (sekitar 74 gram) blueberry hanya mengandung 42 kalori tetapi menyediakan 12% RDI untuk vitamin C dan 18% vitamin K. Jenis buah ini juga terbukti mengenyangkan.

Disamping itu, buah berry sangat bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah, menurunkan kadar kolestrol dan menurunkan peradangan.

Amy Shapiro memaparkan, bahwa buah berry merupakan buah favoritnya yang sengaja direkomendasikan karena banyak mengandung serat tinggi dan rendah gula. Buah ini dikemas dengan antioksidan sehingga optimal untuk kesehatan.

Jeruk Bali

Jeruk Bali atau biasa dikenal dengan Pamelo tergolong jenis buah yang bagus untuk diet. Dalam setengah jeruk ini mengandung 39 kalori saja, dan menyediakan vitamin C sebesar 65%.

Lebih dari itu jeruk bali atau pamelo ini mempunyai indeks glikemik (GI) rendah, yang artinya bisa melepaskan gula ke dalam aliran darah menjadi lebih lambat. Diet rendah GI bisa menurunkan dan pemeliharaan berat badan.

Pir

Banyak yang suka dengan buah ini karena kandungan airnya lumayan banyak dan segar sekali. Ternyata buah pir bisa kamu jadikan makanan untuk diet karena kandungan pektin. Zat ini akan membantu tubuh memelihara bakteri usus, menjaga kesehatan usus, meningkatkan pencernaan, serta telah dikaitkan dengan peningkatan penurunan berat badan.

Kali ini dikatakan oleh Bonnie Taub-Dix, RDN, pencetus ‘BetterThanDieting’ sekaligus penulis ‘Read It Before You Eat It’, sebagaimana yang dilansir dari Eat This.

Pisang

Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata pisang juga bisa untuk pemenuhan gizi saat diet. Mungkin kamu sendiri berfikir jika buah pisang sangat tinggi karbohidrat dan kalori. Faktanya, pisang termasuk buah yang cocok untuk diet agar cepat kurus.

BACA JUGA  7 Aplikasi Frame Idul Fitri Ramaikan Nuansa Lebaran

Memang, dibandingkan dengan kebanyakan buah lainnya pisang termasuk padat kalori. Kendati begitu, buah pisang cukup kaya nutrisi, magnesium, potasium, antioksidan, vitamin A, B6, juga vitamin C.

Pisang mempunyai GI rendah sehingga bisa membantu mengontrol kadar insulim dan mengatur berat badan, terlebih untuk penderita diabetes.

Cherry

Buah cherry memang enak, untuk dessert maupun garnis pada minuman maupun cake. Dalam satu study 12 minggu yang dilakukan oleh University of Michigan, seekor tikus yang diberi makan buah cherry asam kaya antioksidan menunjukkan terjadinya penurunan lemak perut hingga 90%.

Persentase ini jauh lebih besar dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi makan cherry.

Dalam penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa mengonsumsi buah cherry mempunyai kemampuan mendalam guna mengurangi peradangan.

Sementara menurut para peneliti mendukung gagasan bahwa mengonsumsi makanan yang melawan peradangan seperti buah cherry ini sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.