tips aman konsumsi gula

Tips Aman Konsumsi Gula Biar Tubuh Tetap Sehat Bugar

Mengkonsumsi gula dalam kehidupan sehari-hari memang sangat penting, hanya saja yang patut jadi perhatian disini adalah jangan sampai terlalu berlebihan. Pada kesempatan kali ini, akan kami ulas tentang tips aman konsumsi gula untuk anda semua, khususnya para mahasiswa.

Saat ini sangat banyak sekal tersebar di pasaran aneka makanan atau minuman instant yang bisa dengan mudah didapatkan, dan ini juga sangat perlu untuk dijadikan bahan perhatian. Hal tersebut tidak terlepas dari konsumsi kandungan gula pada makanan dan minuman tersebut yang harus tetap dibatasi dalam kategori aman dikonsumsi.

Tentu tujuan hal ini adalah guna menjaga kesehatan tubuh, karena terlalu banyak kandungan gula dalam tubuh tidak baik. Lailatul Muniroh SKM MKes, dosen ilmu Gizi dari Universitas Airlangga (UNAIR) mengatakan jika saat ini masyarakat kekinian harus bisa jadi konsumen yang cerdas.

Untuk itu, dirinya pun membagikan tips aman konsumsi gula pada makanan dan minuman, khususnya bagi para mahasiswa yang doyan dengan aneka makanan dan minuman serba instant.

Tips Aman Konsumsi Gula Untuk Menjaga Kesehatan

Dalam kesempatan ini, Lailatul membagikan 4 tips aman konsumsi gula yang bisa coba anda lakukan, diantaranya :

1. Baca Label Pangan

Tips aman konsumsi gula pertama kali ini adalah biasakan untuk membaca label pada kemasan setiap makanan atau minuman yang dibeli. Dengan begini maka bisa membantu para konsumen untuk membatasi asupannya, yang utama pada kandungan gula, lemak, dan garam.

konsumsi gula

Menurut Lailatul, label kemasan ini jadi alat komunikasi penting antara produsen dan konsumen. Pada label tersebut, maka para konsumen bisa tahu informasi nilai gizi (ING) yang terdapat dalam setiap produk yang dijual.

Selain itu, pada kemasan ini juga dicantumkan poin penting lainnya seperti tanggal kedaluarsa, label alal, sampai peringatan kandungan bahan yang bisa menyebabkan alergi untuk beberapa orang.

BACA JUGA  Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan Secara Cepat dan Praktis

2. Perhatikan Asupan Gula Harian

Setiap manusia memiliki kebutuhan asupan gizi harian yang wajib diperhatikan, tidak terkecuali untuk gula. Perlu anda ketahui jika umumnya atau standardnya, konsumsi gula harian ini dibatasi hingga 10 persen dari jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh setiap hrinya.

Rata-rata, setiap orang ini minimal membutuhkan asupan harian baik dari minuman maupun makanan sebanyak 50 gram gula, atau setara dengan 4-5 sendok makan.

3. Ketahui Resiko Penyakit

Kenapa perlu ada standarisasi? Pasalnya jika asupan gula pada tubuh ini terlelu tinggi atau terlalu rendah, maka membuat ketidakseimbangan asupan nutrisi pada tubuh, dan paling buruk bisa menyebabkan penyakit nantinya.

Hal ini tidak hanya berlaku pada asupan gua saja, namun asupan apapun yang terlalu berlebihan atau kurang, bisa mempengaruhi kondisi tubuh seseorang, Beberapa contoh sederhana seperti meningkatnya kadar gula, meningkatnya berat badan yang bisa menimbulkan overweight pada seseorang. Dan kondisi tersebut bisa memancing penyakit kronis lainnya.

4. Gaya Hidup Sehat

Yang terakhir, Lalilatul menyampaikan jika dengan banyak informasi mengenai kandungan gula dalam makanan atau minuman tersebut seharusnya dibarengi dengan semakin meningkatnya perhatian seseorang terhadap kesehatannya.

Selain mengatur konsumsi gula atau asupan gizi lainya, perlu juga diimbangi dengan gaya hidup sehat. Beberapa hal tersebut bisa seperti mengatur pola makan, konsumsi makanan yang sehat, manajemen stress, dan juga melakukan olahraga teratur.

Nah itu tadi sedikit ulasan tentang tips aman konsumsi gula dari pakar Gizi UNAIR, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.