Jangan Anggap Sepele, 10 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin. Bisa Bikin Stres!

Aktivitas sehari-hari sangat berpengaruh dan erat kaitannya dengan daya tahan tubuh. Sementara, setiap orang mempunyai daya tahan yang berbeda-beda.

Untuk mereka yang mempunyai daya tahan tubuh kuat akan lebih menunjukkan gerakan tubuh sehat, fisik yang kuat. Sebaliknya untuk mereka yang mempunyai daya tahan tubuh lemah akan cenderung mudah sakit, dan fisik tidak pernah berbohong menunjukkan kekuatan lemahnya.

Apapun daya tahan tubuhmu, menjaga kesehatan itu perlu, dan sangat penting sekali. Jika tidak menjaga kesehatan maka tubuh akan rentan sakit dan daya tahan menurun. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan, mulai dari olahraga dan pola hidup sehat lain. Namun yang terpenting adalah pola makan, mencukupi dengan kebutuhan gizi dan vitamin seimbang.

Peran penting sebuah vitamin sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Apabila tubuh kekurangan vitamin makan kamu akan lebih sering merasa lelah dan tidak semangat. Tapi bukan itu saja, karena ada banyak kondisi tubuh yang ditunjukkan jika kekurangan asupan vitamin.

Berikut ada 10 tanda bahwa kamu kekurangan vitamin, jika salah satu ciri dibawah adalah apa yang kamu alami saat ini, yuk segera perbaiki pola hidup sehat dan atur asupan gizi.

10 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

Sering Merasa Lelah

Salah satu tanda yang paling umum jika tubuh mengalami kurang vitamin, adalah lelah. Ya, kelelahan secara tak wajar bisa menandakan bahwa kamu butuh vitamin cukup. Lelah yang dimaksud adalah gampang loyo usai melakukan aktivitas apapun sekalinya bukan kegiatan berat. Tetapi lelah yang disebabkan oleh aktivitas besar seperti berlari dalam durasi tidak sebentar, setelah berolahraga atau gym, itu lelah yang umum dan wajar.

Kendati begitu, masih banyak yang menganggap enteng dengan mengabaikan lelah. Sepintas kondisi lelah mungkin dianggap hal biasa, tapi tak disangka diantara lelah itu ada tubuh yang mungkin memang perlu nutrisi cukup. Mudahnya bilang, kelelahan yang sering terjadi karena dehidrasi. So, pastikan tubuhnya telah cukup asupan air/ mineral. Kadang kita bangun tidur pun terasa lemas dan lelah, nah itu bisa menjadi salah satu tanda kurang vitamin.

Dr. Susan Mitmesser, dalah seorang Wakil Presiden Sains dan Teknologi untuk nutrisi oleh Nature Made. Ia mengatakan, “Hampir semua kekurangan nutrisi terkait dengan kelelahan. Kekurangan nutrisi dengan dampak terbesar adalah nutrisi energi seluler dari zat besi, vitamin B12, dan magnesium. Sangat penting untuk memperhatikan gejala yang tidak akan hilang.”

Zat besi penting sekali sebagai peran besar dalam kesehatan tubuh, terutama untuk perempuan yang sedang hamil atau menstruasi.

“Besi adalah komponen penting dari sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh,” ucap Elizabeth Somer, MA, RD, anggota dewan penasihat medis Persona Nutrition. Sehingga jika tubuh kekurangan oksigen dapat mengakibatkan anemia, lemah, sulit konsentrasi, kelelahan.

BACA JUGA  Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Mata Bintitan

Perubahan Suasana Hati atau Mood Swing

Memang, tak di pungkiri setiap orang mempunyai kondisi emosional berbeda-beda. Mulai dari tingkatan paling parah sampai terendah. Salah satu bentuk emosional diri bukan saja tentang kemarahan namun juga suasana hati. Biasanya anak muda jaman sekarang menyebutnya dengan moody, mood swing atau semacamnya.

Nah, tanda lain jika tubuh kurang nutrisi adalah terjadinya perubahan suasana hati yang tak biasa. Jika kamu mudah marah tak jelas, mendadak badmood, tiba-tiba kesal sendiri atau apapun maka bisa jadi tubuhmu memerlukan nutrisi cukup.

Agar suasana hatimu kembali membaik, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan asam lemak omega-3. Nah, Omega-3 sendiri memiliki peran penting untuk fungsi otak normal dan komunikasi sel.

Gusi Berdarah

Gigimu mungkin memang tak bermasalah, namun yang bikin heran sering berdarah terutama pada gusi? Hmmm, ini adalah tanda bahwa kamu kurang vitamin. Gusi berdarah atau gingivitis agresif yang terjadi dalam jumlah yang tidak normal maka artinya tubuhmu memerlukan asupan vitamin C.

Saran yang di paparkan oleh Dr. Gerry Curtola, DDS yang berbasis di New York, kepada seseorang apabila sedang diet untuk mengonsumsi makanan seperti brokoli, kembang kol, kangkung, stroberi, pepaya dan kiwi minimal 2000 mg sehari. Dalam kandungan buah tersebut dan sayur tersebut ada asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya agar tetap seimbang.

Mudah Sakit dan Nyeri Otot

Mudah sakit memang gejala utama dari kondisi tubuh yang kurang vitamin. Selain itu, lemahnya tubuh lain akibat kurang gizi juga sering ditandai dengan nyeri otot. Biasanya kondisi nyeri seperti ini yang terjadi secara sering adalah kekurangan vitamin D dan magnesium.

“Kekakuan otot, sesak, dan kram sering dikaitkan dengan rendahnya magnesium, sementara kelemahan otot, nyeri otot, dan nyeri tulang dikaitkan dengan kadar vitamin D yang rendah,” kata Dr. Mitmesser, menjelaskan.

Perubahan Tekstur Rambut

Rasanya cukup canggung jika kurang vitamin dikaitkan dengan kondisi rambut. Tapi begitulah adanya, karena rambut juga bagian dari tubuh yang bisa berkembang. So akan ada kaitannya kesehatan rambutku dengan kebutuhan vitamin.

Salah satunya adalah perubahan tekstur serta kualitas rambut yang lebih buruk dari biasanya. Artinya kamu kekurangan cukup asam folat, B12, B6, dan/atau zat besi. Nutrisi penting inilah yang akan membantu dalam mendukung suplai darah sehat yang membawa oksigen ke rambut dan kulit kepala.

“Asupan yang buruk dapat menyebabkan sel darah merah berkurang atau rapuh, yang dapat mencekik rambut dan kulit kepala,” kata Somer.

Sakit Rahang

Pernahkah kalian semua tahu atau terfikirkan tentang ‘apa itu TMJ?’?. Jadi, TMJ adalah singkatan dari Temporomandibular joint yang merupakan sendi temporomandibular. Dimana kondisi ini terjadi lantaran engsel geser yang menghubungkan tulang rahang ke tengkorak. Disfungsi sendi seperti ini akan menyebabkan rasa sakit di rahang dengan menimbulkan gejala seperti bunyi klik dan penguncian atau kesulitan mengunyah. Bisa dibayangkan betapa sakitnya?

BACA JUGA  Ingin Menurunkan Berat Badan? Coba Deh 10 Rekomendasi Susu Diet Terbaik Ini

Dr Curtola mengatakan, hal ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang kekurangan asupan magnesium selain kalsium.

“Melengkapi dengan magnesium malat adalah yang terbaik. Saya telah melihat efek positif dengan dosis harian hingga 2.500mg,” ia memaparkan.

Perubahan Penglihatan

Masih muda kok penglihatan sudah buram? Sekarang memang sering terjadi, anak muda masa kini yang lebih sering mengalami perubahan penglihatan. Tak jarang dari mereka menggunakan kacamata. Tapi pernahkah kamu berfikir bahwa ini juga bentuk dari kurangnya vitamin dalam tubuh dan biasanya juga menyerang pada seseorang yang sedang menjalani diet.

Karena, disaat seseorang diet otomatis tubuh akan mendapatkan asupan rendah vitamin C dan E, serta dua senyawa lain yang disebut lutein dan zeaxanthin.

“Lensa setiap mata menyaring sinar ultraviolet, sumber potensial senyawa yang sangat reaktif yang disebut radikal bebas. Lutein dan zeaxanthin bertindak sebagai kacamata internal untuk melindungi lapisan mata yang lebih dalam dari kerusakan,” ucap Somer.

Sehingga dengan kondisi seperti ini kamu bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi sayuran bayam karena mengandung kedua senyawa tersebut.

Kulit Kering, Kusam dan Mata Kering

Mungkin kamu pernah mengalami ini, kulit atau matamu terasa kering dan bahkan tidak mampu menghasilkan air mata, so waspadalah. Kejadian seperti itu bisa menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan vitamin A.

Seorang dokter kulit kosmetik yang berbasis di California, yakni Dr. Peterson Pierre, MD. Ia mengatakan, “Kesulitan melihat dalam cahaya redup (juga dikenal sebagai rabun senja) adalah masalah lain.” Ia menyarankan untuk menambahkan daging, susu, telur, serta makanan nabati merah, kuning, oranye, dan hijau ke dalam diet.

Kejang Otot

Kondisi lainnya sebagai bagian dari bentuk bahwa kamu mengalami kurang vitamin adalah kram otot, atau yang biasanya disertai dengan kelelahan dan mati rasa serta kesemutan di lengan, kaki, dan sekitar mulut. Artinya tubuhmu membutuhkan memerlukan asupan kalsium yang cukup.

Seorang dokter sekaligus direktur pendidikan di Life Extension yakni Dr. Michael A. Smith, mengatakan, “Kalsium dibutuhkan untuk kontraksi otot, fungsi pembuluh darah, serta sekresi hormon dan enzim. Jika tubuhmu kekurangan kalsium, disarankan untuk mengonsumsi suplemen bersama dengan vitamin D dan K untuk penyerapan yang lebih baik dan distribusi kalsium yang sehat ke seluruh tubuh.”

Mengalami Pendarahan Berlebihan

Pernahkah kamu mengalami pendarahan berlebihan? Misalnya seperti menemukan darah dalam urin atau tinja dalam jumlah yang cukup banyak. Bisa juga mungkin saat menstruasi mengalami pendarahan cukup berat (banyak), gusi berdarah, hidung berdarah, dan mudah memar?

Apabila kamu pernah mengalami salah satu dari diantaranya itu kemungkinan tubuhmu sedang kekurangan vitamin K. Sumber makanan terbaik untuk mencukupi vitamin K yakni sayuran berdaun hijau, daging, ikan, hati, dan telur.

Jadi itulah 10 tanda bahwa tubuhmu kekurangan vitamin, dimana salah satunya termasuk perubahan suasana hati yang tak pernah disadari.