Cara Sulap Daging Sisa Qur’ban Menjadi Masakan Kekinian

Sisa-sisa momen Hari Raya Idul Adha masih tercium. Hari raya qur’ban tersebut sudah berlangsung sejak minggu, 10 Juli 2022.

Tahun demi tahun, setiap hari raya besar banyak orang yang berbondong untuk berqur’ban. Saling gotong royong membantu penyembelihan adalah momen yang akan selalu di nantikan. Tak hanya sapi namun juga kambing, setiap orang berhak menentukan yang ingin di kurbankan.

Namun umumnya untuk orang yang memang belum mampu membeli satu ekor sapi akan berqur’ban kambing. Tapi sekali lagi hal ini tidak di haruskan atau di wajibkan bagi semua orang. Akan tetapi jika diantara kita mampu dan mempunyai keinginan akan lebih baik.

Bicara soal daging qur’ban, setiap orang tentu menerima daging yang berbeda-beda. Ada yang dapat dari lingkungan sekitar, ada yang tidak dapat atau bahkan ada yang dapat banyak karena dari teman atau saudara jauh rumah.

Sering terjadi kasus seperti ini, bingung cara mengolahnya. Sehingga ada yang masih menyimpannya dalam freezer. Disampinh itu ada yang saking banyaknya sehingga daging tersisa banyak namun sudah habis ide.

Biasanya kebanyakan orang kalau mendapat daging qur’ban akan di olah menjadi sate, rendang, atau soto. Bosan ya? Nah, biar gak bosan berikut ada beberapa cara menyulap daging sisa qur’ban menjadi olahan kekinian.

Yakitori

Hampir sama dengan sate, Yakitori bisa di anggap sebagai sate ala Jepang. Bedanya jika di Indonesia sate adalah sate yang di tusuk, berupa daging itu sendiri. Namun jika Yakitori bukan hanya daging tetapi bisa juga dengan sayuran seperti tomat, paprika dan masih banyak lagi.

Cara membuatnya juga simple, potong daging dan bahan-bahan lain seperti paprika (bisa merah, hijau atau kuning), tomat, brokoli, jamur shitake. Kemudian bakar dan jangan lupa kasih olesan mentega atau margarin. Sembari di tengah pemangganggan jangan lupa olesi kecap manis atau saus sesuai selera.

BACA JUGA  Cara Dapat Uang 500rb Sehari dengan Cepat, Halal dan Berkah

Daging Lada Hitam

Kenapa disebutkan daging lada hitam? Karena daging qur’ban tidak semuanya sapi. Kadang banyak juga yang tersisa dirumah adalah daging kambing.

Olahan kekinian yang bisa di coba adalah daging lada hitam. Harusnya memang lebih mantab jika menggunakan sapi, namun tak ada salahnya mencoba juga dengan daging kambing. Cara memasaknya adalah dengan merebus daging sampai lunak terlebih dahulu.

Lalu tumis bawang bombai, bawang putih cincang, jahe parut (sedikit saja), saus tiram hingga harum. Kemudian masukkan daging dan tambahkan sedikit air. Tuang sedikit gula, garam, lada hitam bubuk, kecap asin. Tunggu sampai air meresap.

Tomyum

Sejatinya masakan tomyum memang tidak menggunakan bahan utama daging. Tapi karena ini adalah sebuah ide perkulineran jaman sekarang maka tidak ada salahnya di coba.

Umumnya tomyum menggunakan udang, jamur, bakso dan seafood lainnya serta tambahan sayuran. Dari pada bingung, olah saja daging sisa dirumah menjadi tomyum. Sekarang ini banyak bumbu tomyum instan yang bisa dibeli, pakai itu saja.

Tumis bawang bombai dan bawang putih cincang sampai harum. Masukkan bumbu tomyum instan dan sedikit air. Lalu masukkan semua bahan mulai dari daging (sudah direbus), aneka frozen jika ada, sayuran seperti pokcoy dan tuangkan air secukupnya. Koreksi rasa, tambahkan sedikit gula untuk penyeimbangan.

Daging Ala Mentai

Membuat masakan mentai semacam salmon mentai, bisa juga menggunakan daging. Pertama lelehkan margarin untuk menumis bawang putih hingga harum. Kemudian masukkan daging, aduk hingga warnanya berubah lalu masukkan bahan-bahan yang lainnya hingga matang, sisihkan.

Letakkan nasi rumput laut atau nori ke dalam aluminium foil, dan beri potongan daging di atasnya. Tutup permukaan dengan saus mentai dan beri sedikit pemanis seperti taburan potongan nori atau oregano.

Selanjutnya panggang ke oven dalam api di atas 200 derajat selama 15 menitan.

Sambal Mercon Daging

Nah, untuk makanan yang satu ini tidak mungkin dihindari kebanyakan orang. Pedas bisa dibilang telah mendarah daging dalam diri masyarakat Indonesia secara mayoritas.

BACA JUGA  Sinopsis The King's Affection, Kisah Cinta Pangeran Perempuan dengan Sang Guru

Apalagi banyak juga dijual online sambal instan olahan daging dengan kemasan unik. Jika bisa membuatnya sendiri kenapa harus beli?

Siapkan cabai merah besar dan cabe rawit kurang lebih setengah kilo menyesuaikan banyaknya daging atau sesuai selera saja. Setelah di bersihkan dan dicuci, tambahkan bawah merah dan bawang putih kemudian haluskan.

Jika sudah halus, goreng ke dalam minyak yang cukup (tidak banyak dan tidak sedikit). Bisa di tambahkan terasi sedikit sesuai selera bagi yang suka terasi. Jika tidak bisa di skip, namun jangan lupa masukkan daun jeruk dan serai. Masukkan daging dan air, lalu biarkan meresap.

Daging Asap

Jarang banget kan kuliner daging asap, kebanyakan ikan asap. Kali ini ide tersebut bisa kamu coba. Setelah selesai membuat pengasapan, letakkan daging di atasnya yang sudah di pasangi kayu supaya mudah di bolak balik.

Pengasapan dilakukan hingga daging setengah matang. Jika sudah, agar lebih mantab dan empuk bisa di lanjutkan dengan di bakar, panggang, goreng, oven atau bahkan air fryer modern.

Penyajiannya mudah, bisa dengan sambal dan daun singkong atau sayuran hijau lainnya. Sajikan dengan nasi hangat.