Ini 5 PTN dengan Biaya Kuliah Paling Murah, Mulai Rp. 475 Ribuan Per Semester!

Bicara soal perguruan tinggi, memang hampir menjadi keinginan sebagian siswa. Namun terkadang sebagian dari mereka lebih memilih bekerja.

Kebanyakan memimpikan bisa melanjutkan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), karena memang untuk masuk PTN sendiri tidak asal mendaftar saja namun juga di filter melalui Indeks Prestasinya.

Untuk mereka yang masih melanjutkan di bangku perkuliahan, selain bingung menentukan jurusan kuliah yang cukup potensial dan peluang besar untuk apply di dunia kerja juga termasuk biaya. Mungkin di sebagian orang cuek dengan biaya, namun akan tetap ada yang merasa biaya pada PTN tersebut cukup tinggi.

Wajar jika sebagian orang dilema akan biaya, karena terkadang mereka yang memang cerdas dan ingin kuliah tetapi dalam kondisi finansial belum dikatakan cukup maka merasa berat. Untuk sebagian, kalau memang ada PTN yang lebih murah biaya per semesternya kenapa tidak?

Namun tidak semua PTN sama, dan pastinya mempunyai biaya berbeda. Hal ini bukan tak mungkin dipengaruhi oleh jalur masuk seperti prestasi, SNMPTN, SBMPTN, atau pun jalur mandiri. Nah, dari puluhan perguruan tinggi negeri (PTN) yang ada di Indonesia, beberapa deretan rekomendasi dibawah ini dikenal mempunyai biaya pendidikan murah.

Bahkan, ada yang mulai dari Rp. 475 ribuan saja lho! Wah, dimana ya kira-kira PTN dengan biaya tersebut?

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Telah menjadi rahasia umum bahwa Yogyakarta sering kali disebut sebagai kota pelajar. Bisa dilihat peminatnya yang tak sedikit, para pelajar yang kemudian melanjutkan untuk menempuh pendidikan di Jogja karena ada deretan universitas terbaik yang tersedia.

Selain biaya per semester murah, masalah biaya hidup pun juga begitu murah sehingga sering kali jadi incaran untuk menetap selama pendidikan. PTN di Jogja dengan biaya murah yakni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Diketahui biaya pendidikan Sarjana (S1) disana ditentukan dari tingkat kemampuan ekonomi orangtua atau wali mahasiswa. Untuk mahasiswa yang diterima dengan jalur SM S1 UNY akan dikenakan minimal UKT III dan Uang Pangkal Pengembangan Akademik (UPPA).

BACA JUGA  Dijamin Ampuh! Begini Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Biaya kuliah di UNY memang bisa di kata paling murah, dari semua jurusan yang berasal dari 7 fakultas. Adapun biaya pendidikan paling murah di UNY akan dikenakan pada UKT I, sebesar Rp500 ribu. Sementara untuk yang paling tinggi akan dikenakan UKT VII pada jurusan di fakultas teknik, sebesar Rp 6,3 juta.

Universitas Sebelas Maret (UNS)

Masih sama di kawasan Jawa Tengah, kali ini rekomendasi PTN dengan biaya per semester murah adalah Universitas Sebelas Maret yang ada di Solo. Kisaran biaya disana mulai dari Rp 475 ribu sampai dengan yang tertinggi Rp 4 jutaan.

Di UKT, masing-masing program studi akan dibagi menjadi delapan kelas atau kelompok. Untuk kelompok I dan kelompok II, biaya UKT akan jatuh sebesar Rp 475 ribu dan Rp 975,5 ribu. Kemudian untuk kelompok III sampai VII, biaya UKT semakin besar dengan rentang biaya antarkelompok yang sekitar Rp 400 ribuan hingga Rp1 juta. Sementara kenaikan nominal dari kelompok VII ke VIII tentu akan besar lagi, kisaran Rp 100 ribu sampai Rp4jutaan.

Universitas Brawijaya (UB)

Salah satu PTN yang tak kalah banyak incaran ada di Jawa Timur, khususnya di Malang. Sebagian besar pelajar tentu tahu Universitas Brawijaya. Tak seperti yang di lihat, meski banyak yang menjadikannya universitas impian dan banyaknya yang mengejar namun UB menjadi salah satu daftar PTN dengan biaya cukup murah.

Disana untuk mahasiswa yang diterima dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN 2022, terbagi menjadi 6 kelompok. UKT terendah dengan biaya Rp 500 ribu dan UKT VI tertinggi pada jurusan Kedokteran Gigi mencapai Rp 21 juta.

Itulah 3 PTN yang cukup terekomendasi dengan biaya paling murah. Mungkin ada lagi?