Inilah 10 Jurusan Kuliah Potensial di Era Digital Seperti Sekarang

Jelang masa usai studi Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Kejuruan, pastinya banyak siswa yang mulai menentukan hal-hal kedepan. Misalnya, bekerja atau kuliah.

Memang tidak semua yang lulus SMA harus kuliah, terkadang ada beberapa siswa yang lebih ingin segera bekerja. Tentu saja hal itu sah-sah aja, mereka bebas menentukan pilihan. Nah, tetapi untuk yang melanjutkan kuliah pasti mulai bimbang harus memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Salah satu yang paling cukup menjadi beban sebelum melakukan pendaftaran adalah menentukan jurusan kuliah. Betul, memilih jurusan di kuliah jangan terburu-buru terutama pastikan hal itu sesuai dengan passion kamu. Lebih mudahnya disebut jurusan kuliah potensial di era digital, agar kedepan mempunyai peluang cukup bagus saat berada di lapangan kerja.

Lalu apa saja jurusan kuliah potensial di era digital seperti sekarang?

Menurut World Economic Forum (WEF) dalam The Future of Jobs Report 2020, ada beberapa jurusan kuliah yang mempunyai peluang cukup besar di dunia digital saat ini hingga 2030 mendatang. Nah, sebagian besar pekerjaan tersebut nantinya cenderung mendominasi berbasis internet. Seperti yang kita tahu saja, saat ini hampir semua pekerjaan dilakukan dengan perangkat telekomunikasi (smartphone) maupun perangkat komputer atau laptop. Contohnya trading, youtube, content creator, marketplace dan masih banyak lagi.

Sesuai keterangan dalam The Future of Jobs Report 2020 tersebut, ada empat profesi yang diantaranya yakni Ilmuwan dan Analis Data, Spesialis Artificial Intelligence (AI), Spesialis Pemasaran dan Strategi Digital, dan Spesialis Transformasi Digital.

Jika kamu mendambakan sekali untuk berkarir, jurusan kuliah potensial di era digital adalah pilihan yang tepat untuk kedepan. Selain dari empat yang sudah disebutkan di atas, berikut rekomendasi jurusan kuliah yang cukup potensial lainnya bisa mulai kamu fikirkan.

  1. Teknik Informatika

Jurusan kuliah pertama yang di rekomendasikan buat kamu yakni teknik informatika, merupakan ilmu yang mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer serta analisis matematis dalam pengujian, perancangan, pengembangan dan evaluasi sistem informasi, perangkat lunak, serta kinerja komputer. Ini adalah salah satu jurusan kuliah potensial di era digital dan merupakan salah satu jurusan yang menjanjikan entah sekarang atau bahkan sampai kedepan.

Tekni informatika memberi kamu kesempatan untuk memahami dunia IT, mulai dari yang berhubungan dengan pemrograman, pengembangan perangkat lunak, sampai dengan teknologi komputer jaringan. Dari tahun ke tahun jumlah peminat jurusan kuliah ini terus mengalami peningkatan, karena semakin kesini teknologi makin mendominasi.

BACA JUGA  Cara Dapat Uang 500rb Sehari dengan Cepat, Halal dan Berkah

Bisa kamu lihat, jenjang karir diluaran sana yang banyak diincar adalah bagian dalam ruangan seperti admin, programer, software developer, web desainer, database, consultant dan masih banyak lagi. Bahkan rata-rata perusahaan sekarang membuka loker tersebut dengan meminta minimal berpengalaman atau jurusan yang bersangkutan agar mampu memahami.

  1. Sistem Informasi

Jurusan kuliah potensial lainnya adalah sistem informasi. Di jurusan inilah kamu akan dibawa untuk mempelajari tentang sistem kerja perangkat lunak dan perangkat keras serta data. Sama seperti jurusan teknik informatika, sistem informasi adalah jurusan yang banyak tersedia di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Beberapa perguruan tinggi yang mempunyai jurusan aistem informasi terbaik diantaranya adalah Universitas Negeri Semarang, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Multimedia Nusantara.

  1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

DKV adalah salah satu jurusan kuliah yang potensial dan populer. DKV juga merupakan sebuah program studi bagian dari ilmu seni yang fokus pada elemen visual untuk menyampaikan pesan. Program ini mempunyai peminatan yang beragam, diantaranya seperti New Media, Animasi, Advertising, Creative Komunikasi Grafis, Komunikasi Multimedia, Visual Periklanan, dan lain-lain.

Bisa dikatakan, jurusan DKV termasuk menjanjikan di era digital seperti saat ini karena lulusannya dinilai mampu mengoperasikan berbagai software untuk menggambar serta mampu desain di perangkat digital seperti Photoshop, SketchUp, Illustrator, Corel Draw, InDesign, dan lain sebagainya.

Bahkan lulusannya banyak dibutuhkan oleh segala jenis industri misalnya bagian Layouter, desainer, web desainer, animator, dan lainnya.

  1. Cyber Security

Kamu pasti bertanya-tanya, kira-kira pekerjaan apa yang bisa di apply oleh lulusan Cyber Security? Jawabannya adalah Computer Forensics Analyst dan Big Data Architect. Jadi pada jurusan kuliah ini kamu akan mempelajari ilmu tentang proteksi keamanan digital. Dengan kata lain orang cyber security dituntut untuk mampu melindungi data-data penting milik perusahaan dalam bentuk digital.

  1. Matematika dan Statistika

Mungkin Matematika dan Statistika adalah jurusan kuliah yang dinilai sulit, akan tetapi jurusan tersebut cukup potensial di era sekarang ini. Apalagi jaman sekarang informasi dan data tersebar dan sangat mudah didapatkan. Dengan memilih jurusan Matematika dan Statistika, kamu akan disiplin ilmu yang sangat dekat dengan angka. Pada jurusan ini kamu akan mempelajari tentang analisis, pengumpulan, dan penyajian data.

Sementara bukan kabar baru lagi bahwa analyst menjadi salah satu pekerjaan yang paling menjanjikan. Sehingga banyak yang menobatkan jurusan ini menjadi pekerjaan terseksi pada abad ke 21.

  1. Teknik Industri

Jurusan yang tak kalah di gandrungi adalah Teknik Industri. Pilihan ini akan fokus mempelajari tentang bagaimana cara memaksimalkan peran manusia di bidang industri. Kurang lebihnya jurusan ini mempelajari tentang manajemen industri, pengoperasian alat-alat, serta mampu mencari ide untuk menciptakan industri yang baru.

BACA JUGA  Penyebab Bau Mulut Selama Puasa Beserta Cara Mencegah dan Menghilangkan

Sementara prospek terbaik untuk kerja jurusan ini adalah menjadi Product Manager, Data scientist, Market researcher, Bagian Operasional dan Logistik.

  1. Teknologi Bisnis Digital

Sekarang ini hampir semua telah menggunakan hp dan laptop atau sejenisnya. Bahkan bisa dilihat sekarang ini mulai dari kegiatan transaksi pun lebih ke digital. Transfer uang, pembelian barang atau makanan, kebutuhan jasa transportasi bahkan menjual barang-barang online alias seperti marketplace.

Oleh karena itulah, melihat perkembangan jaman sekarang yang serba digital akan lebih baik kamu memilih jurusan kuliah Teknologi Bisnis Digital. Disini kamu akan mempelajari tentang manajemen bisnis dan teknologi digital misalnya seperti pengembangan web, cyber security, analisis data, pemasaran digital, UI/UX, e-commerce, manajemen media sosial, fintech industry, dan masih banyak lagi.

  1. Ilmu komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi bukan hanya persoalan bagaimana membangun public speaking yang bagus, namun jurusan ini kamu akan belajar tentang bagaimana membuat pesan dan cara menyampaikan secara efektif. Ilmu komunikasi adalah sebuah ilmu percampuran yang terdiri dari persilangan banyak disiplin ilmu seperti seni, sosiologi, psikologi, seni, teknologi, bisnis, sastra, hingga politik.

Oleh sebab itulah ilmu komunikasi merupakan jurusan kuliah potensial yang menjanjikan di era digital dan mempunyai prospek kerja yang luas. Dengan jurusan ini kamu berpeluang menjadi account officer, copywriter, wartawan, filmmaker, humas, penyiar radio, atau berkarir di event organizer.

  1. Farmasi dan Kedokteran

Banyak yang mengatakan bahwa jurusan kedokteran dan farmasi mahal. Benar, tetapi hal itu wajar karena melihat prospek kerjanya nanti yang terjamin serta banyaknya praktek yang harus di lakukan selama pendidikan. Posisi kerja di bidang kesehatan akan sulit tergantikan, tidak semua orang mempunyai ilmu ini. Itulah sebabnya biaya untuk masuk pun juga tidak murah.

  1. Teknik Arsitektur

Kamu yang merupakan anak seni, atau mempunyai jiwa-jiwa seni dan kombinasi dengan ilmu matematika cocok sekali memilih jurusan Teknik Arsitektur. Kebutuhan manusia akan hunian terus berlangsung, bahkan masyarakat jaman sekarang mengutamakan desain. Keunikan desain pada sebuah bangunan tentu menjadi nilai penting.

Apabila kamu memilih jurusan ini kamu akan mempelajari cara untuk merancang bangunan pada sebuah gambar. Nah, gambar inilah nanti akan menjadi dasar atau patokan dalam pembangunan.

Jadi itulah 10 rekomendasi jurusan kuliah potensial di era digital, semoga bermanfaat.