Taken from mamikos

6 Faktor Yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Memilih Kosan Untuk Mahasiswa Dan Karyawan Di Jakarta Selatan

Memilih kosan memang susah-susah gampang karena tergantung selera dan anggran yang kita miliki. Tak ayal orang memilih kosan yang pertama dari harganya, tentu ini tidak salah tapi kalau saran dari liputantimes mulailah memilih kosan dengan keamanan, kenyaman, Fasilitas lalu terkahir Harganya. Mengapa tim Liputantimes menyarankan terbalik dengan umumnya, karena kalau keamanan dan kenyaman tidak terpenuhi maka kita mungkin akan lebih rugi seperti resiko kehilangan barang berharga, susah mengerjakan tugas, susah istirahat dan kerugian lainnya yang setara beberapa juta jika dinominalkan.

Jadi disarankan untuk mencari informasi terlebih dahulu sebelum memulai survei ke lokasi. Informasi kosan murah Jakarta Selatan dapat kamu dapatkan lewat internet, aplikasi kosan, atau saat survei bisa bertanya ke pedagang sekitar karena mereka biasanya sekaligus menjadi makelarnya.

 

Faktor yang harus kamu perhatikan sebelum memilih kosan adalah sebagai berikut.

  1. Keamanan

Kenapa keamanan menjadi faktor paling utama dalam list tim Liputantimes? Yuk simak alasan berikut ini. Kalau keamanan tidak terjamin hilang motor, HP, Laptop adalah bukan hal baru dalam dunia kos-kosan. Lebih baik Mahal sedikit tapi aman. Hilang motor misalnya minimal 10 juta kerugian secara materi, belum lagi kerugian waktu dan mental yang membuat kita Lelah karena permasalan ini. Mengurus sura-surat kehilangan dan lainnya tentunya tidak ingin terjadi dengan kita. Jadi pastikan aman adalah hal yang wajib terpenuhi. Bisa ditanyakan apakah pernah terjadi pencurian dikosan ini kepada orang yang sedang ngekos atau kepada penjaganya. Tentunya harus santai dalam bertanya sehingga mereka bisa menjawab dengan jujur.

  1. Kenyamanan

Nyaman itu kalau tim liputantimes membagi 2 yaitu tempatnya dan pemilik kosnya. Tempat dapat terlihat dari suasannya, kondisinya, serta cocok ngga buat istirahat. Kedua dari pemiliknya, jika pemiliknya mau melayani dan kita komplain selalu diberikan solusi nah ini cocok banget. Kosan tanpa aturan dan sering kami tetangga kosan membawa teman yang banyak tentunya tidak akan nyaman karena selalu berisik untuk kita istirahat.

  1. Kebersihan

Kebersihan adalah faktor yang juga tak kalah penting. Namun kenapa di urutan ke 3. Karena Kebersihan kosan tergantung diri kita sendiri. Selama kita menjadi orang yang bisa merapihkan dan membersihkan tentunya hal tersebut bukan masalah. Urusan ruang publik di kosan biar menjadi tanggung jawab pengurus kosan dan kita tinggal menyampaikan jika kotor.

BACA JUGA  5 Tempat Ini Tak Pernah Malam Alias 24 Jam Siang Terus

Jadi pastikan kamu terbiasa bersih-bersih atau mencari kosan yang menyediakan pembantu untuk bersih-bersih.

  1. Fasilitas

Masalah Fasilitas pasti sudah pada tahu kalau di daerah panas Misalnya Jakarta Selatan fasilitas AC itu kayaknya wajib ada. Selanjutnya dari kamar mandi, Wifi, Dapur, air pastikan semuanya aman.

  1. Harga

Harga juga tentunya salah satu yang wajib kita pertimbangkan, tapi menurut admin harga tidak masalah asal poin 1,2 dan 3 terpenuhi. Pastinya ada harga tentunya mempunyai kualitas yang lebih baik. Serta jangan lupa perhatikan biaya listrik, air, wifi sudah termasuk kedalam biaya bulanan atau tahunan belum. Pemilik kosan yang baik akan menginformasikan secara detail.

  1. Lokasi

Lokasi adalah faktor selanjutnya. Pastikan dekat dengan tempat kuliah, tempat kerja, tempat makan.
Tapi lokasi ini juga tergantung karakter kamu. Untuk yang terbiasa keluar dan nongkrong pastikan dengan keramaian. Untuk yang membawa kendaraan sendiri serta suka kesunyian dan terbiasa membeli semua bahan makanan sendiri lokasi yang sunyi dan agak jauh tentunya tidak terlalu masalah.

Itulah 6 faktor yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih kosan khususnya di daerah Jakarta Selatan versi tim Liputantimes.
Semoga Bermanfaat