Realme 9i Hadir dengan Chipset Bertenaga

2022 mengawali tahun yang cukup baik, jajaran vendor yang mulai sibuk dengan perangkat barunya membuat Realme tak mau ketinggalan. Perusahaan asal Tiongkok itu membuka tahun ini dengan meluncurkan smartphone terbarunya, yakni Realme 9i.

Pertama kali, ponsel ini meluncur di Vietnam dengan dukungan chipset  Qualcomm Snapdragon 680 dan baterai 5.000 mAh. Lebih,  mengacu pada situs penjualan di Vietnam Realme 9i dibekali dengan layar teknologi In Plane Switching (IPS) seluas 6,6 inci beresolusi Full HD Plus, ascpet ratio 20:9, dan dukungan refresh rate 90Hz.

Dibagian kiri atas layar terdapat sebuah punch-hole yang menjadi wadah kamera selfie sebesar 16 megapiksel (MP). Sementara untuk kamera belakangnya, smartphone Realme terbaru hadir dengan tiga kamera yang terdiri atas kamera utama (wide) 50 MP (f/1.8), kamera makro 2 MP, dan kamera hitam putih (BW) dengan resolusi 2 MP.

Sektor pacu Realme 9i dibekali debgan chipset yang sudah disampaikan di atas, dengan dukungan CPU Kryo 265 dengan clockspeed 2,4 Ghz dan GPU Adreno 610. Guna memenuhi kebutuhan multitasking, keberadaan RAM sebesar 6 GB serta penyimpanan internal 128 GB dirasa sangat cukup untuk kebutuhan.

Fitur lain yang dimiliki smartphone Realme tersebut berupa ekspansi RAM hingga 5 GB. Selain itu pengguna juga bisa memperluas kapasitas penyimpanan ponsel melalui microSD hingga 1 TB. Baterai yang ditanam kedalamnya berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan fitur fast charging atau pengisian daya cepat 33W.

Bagian softwarenya, Realme 9i berjalan dengan sistem operasi Android 11 yang dipoles dengan antarmuka Realme UI 2.0. Serta dukungan fitur lainnya tidak jauh berbeda dari kebanyakan smartphone seperti dual-SIM card slot, 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11 b/g/n/ac, GPS, Bluetooth v5.0, jack audio 3.5mm, dan port USB Type-C.

Mengutip dari Kompas Tekno Selasa (11/1/22) dari GSM Arena smartphone Realme menawarkan dua pilihan warna hitam dan biru. Harga yang dilepas untuk satu unit Realme 9i di Vietnam adalah 6.490.000 Dong Vietnam atau sekitar Rp 4 jutaan. Belum ada informasi lebih lanjut apakah Realme 9i akan dijual resmi Indonesia juga.

BACA JUGA  Harga dan Spesifikasi Realme 5 Indonesia Terbaru 2022

Namun berdasarkan kabar yang belum lama beredar, ada dua ponsel misterius Realme yang sudah muncul di situs sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri atau (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Kemungkinan dua ponsel yang muncul tersebut diduga belum pasti Realme 9i. Nomor model yang beredar tersebut adalah “RMX3511” dan “RMX3472”, mengacu pada rumor yang berkembang, model tersebut kemungkinan Realme C35 dan Realme 9 Pro.