Berbekal Kamera Gimbal Terbaru, Harga Asus Zenfone 10 Segini

Pada 29 Juni 2023 kemarin, Asus resmi meluncurkan smartphone barunya. Sebut saja Asus Zenfone 10 yang merupakan generasi penerus Zenfone 9, rilis pada November 2022 lalu.

Sebagai penerus, tentu saja Zenfone 10 harus lebih mengalami peningkatan baik dari segi spek maupun software.

Hal itu diwujudkan dalam salah satunya membawa upgrade kamera dengan sistem gimbal hybrid 6 sumbu baru (6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization) dan kemampuan wireless charging yang sebelumnya absen dari Zenfone 9.

Sementara di segi desain, Asus Zenfone 10 tetap membawa bodi ringkas dan mungil dibandingkan kebanyakan ponsel yang banyak beredar saat ini.

Bedanya, smartphone ini mempunyai bobot lebih berat yakni 172 gram, sementara pendahulunya dengan 169 gram.

Spesifikasi Asus Zenfone 10

Layar

Zenfone 10 membawa tampilan antarmuka panel AMOLED buatan Samsung dengan luas 5,9 inci beresolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 144 Hz, dan tingkat kecerahan maksimal 1:100 nits, juga aspek rasio 20:9.

Bukan hanya itu, tetapi pada permukaan layarnya juga sudah dilapisi dengan kaca pelindung dari Corning Gorilla Glass Victus, yang mendukung 112 persen DCI-P3, Always-on-Display, dilengkapi HDR, sRGB color gamut, serta keakurasian warna Delta-E <1.

Fotografi

Sementara dibagian depannya mempunyai model poni berlubang alias punch hole. Posisi poni disematkan dibagian kiri atas layar guna menyimpan kamera selfie 32 MP dengan sensor RGBW seluas 1,4 um.

Kamera depan juga mengalami peningkatan dibanding pendahulunya yang hanya mentok 12 MP. Sementara untuk konfigurasi kamera belakangnya berupa kamera utama 50 MP yang menggunakan sensor Sony IMX766.

Bahkan kamera tersebut sudah dilengkapi dengan enam sumbu Hybrid Gimbal Stabilizer sebagai penstabil gambarnya.

Jadi, Asus Zenfone 10 ini mempunyai sistem gimbal 6 sumbu baru yang mampu mendeteksi goyangan kamera dengan menggunakan giroskop, kemudian mengaktifkan stabilisasi gambar elektronik dan juga optik guna menghasilkan video/foto yang stabil.

BACA JUGA  Harga dan Spesifikasi Lengkap ASUS Zenfone 9 di Indonesia

EIS adaptif memilih bidang pandang lebih lebih optimal berdasarkan bidikan, dan bisa juga memangkas bidang video/foto apabila diperlukan untuk menghasilkan video yang cukup stabil.

Untuk kamera yang kedua merupakan sensor ultrawide 13 MP yang mempunyai sudut pandang 120 derajat. Namun kedua kamera ini telah dipasangi dengan fitur Pro Video, Panorama, Timelapse, Slo-motion, RAW, Night Mode, dan juga Portrait.

Performa

Dengan menggunakan dapur pacu chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang dipadukan CPU 8 inti clockspeed 3,2 GHz, performa Asus Zenfone 10 tidak perlu diragukan lagi.

Bahkan berkat chipset tersebut perangkat ini diklaim membawa peningkatan komputasi hingga 15 persen, pada gaming 20 persen dan hemat daya 15 persen.

Sementara itu, pengolah grafisnya menggunakan Andreno 740. Guna mendukung multitasking, smartphone ini mempunyai besaran RAM/ penyimpanan yakni, 8/128 GB; 8/256 GB; 16/256 GB, dan 16/512 GB.

RAM tersebut telah mendukung LPDDR5X dan penyimpanan internal jenis UFS4.0.

Baterai

Asus membekali Zenfone 10 dengan baterai kapasitas 4.300 mAh, yang di dukung kemampuan HyperCharge 30 watt.

Menariknya disini, Asus sengaja hadirkan dukungan wireless charging alias tanpa kabel yakni Qi Charging dengan besaran daya 15W pada Zenfone 10.

Kendati mempunyai kapasitas baterai sama, tetapi daya tahan baterai pada Zenfone 10 ini diklaim mengusung peningkatan 12,9 persen sehingga lebih tahan lama.

Sistem Operasi

Adapun sistem operasi yang dijalankan oleh smartphone Asus ini adalah Android 13 dengan antarmuka ZenUI terbaru.

Sistem keamanan smartphone yang di adopsi yakni sensor pemindai sidik jari alias fingerprint yang diletakkan disamping bodi.

Fitur Lain-lain

Tak jauh beda dengan smartphone pada umumnya, ponsel Asus ini juga mendukung beberapa fitur seperti konektivitas Wi-Fi 802.11 a/g/b/n/ac, GPSS, USB Type-C, Bluetooth 5.3, Nano-SIM, Jack Audio 3,5 mm, Dual Speaker dengan teknologi Dirac HD, dua microfon teknologi OZO Audio, sertifikasi tahan air dan debu atau disebut IP65 dan IP68, serta masih banyak lagi.

Harga dan Warna

Asus Zenfone hadir dengan beberapa pilihan warna cantik, diantaranya adalah Comet White, Midnight Black, Aurora Green, Eclipe Red, dan Starry Blue, yang mana hal ini mengutip dari Kompas Tekno dari keterangan resmi Asus, Jumat (30/6/2023).

BACA JUGA  Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus oleh Pengirimnya

Untuk harganya sendiri, Asus Zenfone 10 versi Eropa dibanderol 749,99 euro per unit atau setara Rp. 12,2 jutaan dengan varian 8/256 GB dan 819,99 euro atau setara Rp. 13,4 jutaan versi 16/ 512 GB. Sedangkan untuk varian 16/256 GB dibanderol 929 euro atau Rp. 15 jutaan.

Meskipun telah resmi dikenalkan dan muncul di laman resmi Asus, tetapi harga dan ketersediaannya di Tanah Air sendiri belum terungkap.