motorola

Mantap! Motorola Rilis HP dengan Layar Panjang dan Pendek Sesuai Keinginan

Pada acara Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona lalu, perusahaan Motorola telah memperlihatkan purwarupa (prototype) dari smartphone miliknya yang menggunakan  layar gulung (rollable phone). Smartphone yang dimaksud ini adalah Motorola Rizr.

Konsep yang telah ditunjukkan sebelumnya pada Lenovo Tech World 2022 ini tidak hanya sekedar dipamerkan saja, tetapi juga  sudah dapat dicoba langsung oleh para pengunjung yang hadir. Nah salah satu orang yang beruntung mendapat kesempatan untuk mencoba prototype dari ponsel tersebut adalah Ben Wood, Chief Analyst dan CMO dari firma riset CCS Insight yang berfokus pada teknologi.

Dalam kesempatan itu Wood pun membagikan sebuah video di akun Twitternya dengan username @benwood, di mana ia memperlihatkan cara penggunaan dari Motorola Rizr yang telah dilengkapi dengan teknologi layar gulung tersebut.

Dalam video yang dibagikan, Ben Wood menunjukkan sebuah smartphone yang memiliki layar panel POLED dengan ukuran 5 inci dengan dan memiliki aspect ratio 15:9 saat dalam keadaan tergulung. Meskipun ukurannya terbilang minimalis, tetapi layar ini dapat ‘menggulung’ ke bagian bawah smartphone yang terhubung dengan bagian belakang ponsel tersebut.

Nah jika tombol power pada ponsel tersebut ditekan dua kali, maka layar belakang ponsel tersebut bakalan  membentang ke bagian depan dan atas, sehingga ukurannya pun bakalan memanjang jadi 6,5 inci dan memiliki aspect ratio 22:9. Lalu jika tombol power tersebut ditekan lagi, maka layar ponsel bakalan tergulung lagi pada ukuran semula.

Dikatakan bahwa dalam proses pembentangan dan penggulungan layar pada Motorola Rizr ini memakan waktu sekitar 3 detik, dan untuk tampilan antarmuka dari ponsel ini bakalan menyesuaikan dengan kondisi layar saat itu, apakah  terbentang atau tergulung.

Motorola Rizr

Aplikasi maupun widget yang ada didalam smartphone ini pun juga bakalan secara otomatis menyesuaikan dari posisi ukuran layar. Untuk melengkapi kemampuan dari smartphone barunya itu, bahkan perusahaan Motorola turut menciptakan wallpaper khusus yang akan menyesuaikan diri dengan perubahan ukuran layar tersebut secara otomatis.

BACA JUGA  Review Harga dan Spesifikasi Nokia G400 Terbaru 2022

Fitur layar yang ada di dalam Motorola Rizr tersebut dapat diatur agar dapat digunakan secara otomatis, sehingga dapat mengurangi penggunaan tombol pada ponsel. Sebagai contoh, pada saat pengguna menonton video YouTube dengan mode landscape, maka layar pada Motorola Rizr ini bakalan secara otomatis terbentang sehingga tampilan gambarnya pun menjadi lebih panjang.

Selain itu, pada saat pengguna menulis pesan, maka layar juga akan otomatis terbentang sehingga memberikan ruang keyboard yang lebih luas.

Dikutip dari laman Android Authority, pada saat ponsel layar ponsel ini dalam mode tergulung, maka bagian layar belakangnya yang terhubung dengan bagian depan ponsel dapat dimanfaatkan menjadi  layar sekunder. Layar tersebut nantinya bakal menampilkan berbagai informasi seperti  notifikasi, persentase baterai, tanggal, waktu, dan cuaca.

Dan ketika menggunakan kamera, maka pengguna dapat mengaktifkan layar belakang yang bakal menampilkan preview foto. Hanya saja untuk fitur ini memiliki batasan dan anda tidak dapat memakainya untuk mengambil foto selfie. Walau begitu, Motorola bakalan  mempertimbangkan untuk menambah fitur gerakan tangan untuk mengambil foto, sehingga bakal memudahkan pengguna.

Sepintas tampilan dari Motorola Rizr ini mirip sekali dengan ponsel Flagship lipat (foldable phone) pada umumnya ketika dalam mode layar terbentang.  Namun yang membedakannya untuk foldable phone ini pada bagian belakangnya memakai desain calmsheel, sehinga layar belakang tidak dapat bekerja pada saat mode terlipat.

Sementara pada Motorola Rizr, bagian belakang layar masih bisa digunakan, bahkan menampilkan gambar seperti layar utama namun ukurannya lebih kecil. Meskipun nampak begitu canggih, protorype ponsel ini masih memiliki kekurangan, salah satunya bobot yang terlalu berat yakni 210 gram.

Selain itu kapasitas baterai dari smartphone ini pun juga tergolong kecil, yakni 3.000 mAh yang dinilai kurang cocok saat layar dibentangkan karena ukurannya lebih luas. Umumnya ponsel dengan layar besar juga diimbangi dengan daya baterai besar untuk menunjang aktifitas secara optimal.

Tentu Motorola Rizr ini bukan smartphone layar gulung pertama ada di dunia, sebelumnya sudah ada vendor lain seperti LG dan Oppo yang mengenalkan ponsel serupa.

BACA JUGA  Aplikasi Facebook Disebut Bikin Baterai HP Pengguna Jebol

Pada tahun 2020 silam Oppo memamerkan Oppo X 2021 sebagai ponsel layar gulung miliknya, lalu di susul LG pada Januari 2021 silam. Namun untuk konsep smartphone layar gulung Motorola Rizr ini berbeda dengan milik Oppo dan LG, karena hanya bisa tergulung secara horizontal (kesamping).

Sampai saat ini belum ada informasi mengenai kapan pihak Motorola bakalan secara resmi meluncurkan prototype tersebut dalam wujud ponsel baru. Jadi kita tunggu saja informasi selanjutnya.