Cara Cek Daftar Nama Penerima Bansos Ramadhan

Ramadhan telah tiba. Ya, hanya tinggal menghitung hari saja kita sudah di hadapkan dengan bulan suci, bulan yang penuh berkah.

Dalam momen ini ada kabar yang menyenangkan, kabarnya bantuan sosial atau bansos BPNT akan di perpanjang jelang Ramadhan. Sesuai dengan informasi yang sudah di kabarkan, terkait hal ini disampaikan oleh mensos Risma. Namun untuk lebih lanjut, kita tunggu saja informasi berikutnya.

Nah, untuk memudahkan kita jika nantinya bansos BPNT Ramadhan dilaksakan. Simak cara cek daftar nama penerima bansos sembako Rp. 600 ribu bulan ini. Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT diberikan kepada masyarakat pra sejahtera yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bansos sembako sebesar Rp. 2,4 juta.

Bagi masyarakat miskin tentunya bantuan seperti ini sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan pokok keseharian. Apalagi, bantuan semacam ini tentu sangat di butuhkan saat bulan Ramadhan dan begitu bermanfaat sekali untuk memcukupi kebutuhan sahur dan buka.

Kabarnya BPNT di cairkan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang mana setiap KPM akan menerima bantuan sebesar Rp. 2,4 juta per tahun. Jika di hitung untuk per bulannya, maka setiap KPM menerima Rp. 200rb setiap bulannya. Nantinya nominal tersebut untuk dibelanjakan sembako di e-warong (elektronik warung gotong royong).

Pada mekanisme penyaluran BPNT di tahun lalu, KPM mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Kemudian kartu tersebut nantinya akan diisi saldo setiap bulannya yang hanya bisa digunakan di e-warong. Akan tetapi mekanisme penyaluran BPNT tajun 2022, pemerintah melalui Kemensos bekerjasama dengan PT Pos untuk menyalurkan bansos sembako secara tunai. Disamping itu, penyalurannya pun di rapel tiga bulan sekaligus. Di periode 2022 ini, penerimaan yakni bulan Maret (Rapel, Januari-Februari-Maret).

Sementara untuk bulan selanjutnya yakni April yang bertepatan dengan bulan Ramadhan, masih belum ada informasi pasti mengenai penambahan jatah penyaluran BPNT 2022. Apabila mekanisme yang diterapkan masih sama seperti bulan Maret, artinya KPM menerima uang sebesar Rp. 600rb melalui Kantor Pos. Namun jika BPNT 2022 bulan April kembali seperti mekanisme awal, maka KPM akan mendapat saldo bantuan melalui KKS.

Bagi Anda yang belum mengetahui, apakah nama Anda telah terdaftar sebagai penerima BPNT 2022, bisa cek di alamat link cekbansos.kemensos.go.id. Melakukan pengecekan bisa langsung menggunakan HP atau Laptop asalkan mempunyai koneksi internet.

BACA JUGA  5 Daftar Bansos Cair Tahun ini, PKH, Listrik, hingga PIP Untuk Membantu Ekonomi Keluarga Sederhana

Berikut cara cek nama penerima BPNT 2022 menggunakan HP:

  • Buka HP lalu akses link di alamat cekbansos.kemensos.go.id di google chrome ataupun safari.
  • Lengkapi isian alamat domisili, mulai dari Provinsi hingga Desa dengan benar.
  • Tulis nama lengkap sesuai dengan KTP.
  • Ketik kode verifikasi atau captcha yang diminta. Apabila dirasa tidak bisa terbaca, maka refresh kolom kode verifikasi tersebut.
  • Kemudian klik “Cari Data”.
  • Apabila nama Anda terdaftar sebagai penerima BPNT, maka akan muncul data Anda berupa (nama dan alamat) beserta status lolos bansos sembako.

Nah, apabila nama Anda lolos BPNT 2022 tetapi anda belum mencairkan bansos sembako berupa uang Rp. 600 ribu, saran saja segera cairka segera cairkan melalui kantor Pos agar bisa menerima manfaat bantuan dari pemerintah.