YoWhatsapp, Aplikasi yang Menjanjikan Tapi Bisa Menakutkan

Whatsapp merupakan salah satu media sosial berbagi pesan yang mendarah daging untuk kebutuhan sehari-hari. Nah, sebagai salah satu aplikasi perpesanan yang sangat populer, WhatsApp memiliki segudang fitur.

Bahkan meski begitu WhatsApp pun terus memperbarui aplikasi dan membuat fitur serta kemampuan anyar. Artinya, aplikasi tersebut tidak ingin ketinggalan era teknologi dan ingin terus memanjakan penggunanya.

Namun belakangan terakhir ada banyak aplikasi WhatsApp hasil modifikasi bermunculan yang biasanya disebut dengan APK atau aplikasi pihak ketiga. Selain itu juga kerap disebut sebagai WhatsApp Mod. Uniknya, aplikasi tersebut membawa beberapa fitur yang bahkan tidak ditemukan pada aplikasi WhatsApp resmi.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa nama aplikasi WhatsApp hasil modifikasi beredar di dunia maya. Salah satunya yakni YoWhatsApp. Aplikasi mirip seperti WhatsApp GB atau WhatsApp Plus yang dikembangkan oleh pihak ketiga, alias bukan aplikasi resmi dari pihak WhatsApp. Menurut laman YoWA (Sebutan mudahnya aplikasi YoWhatsapp), awalnya dikembangkan oleh Yousef Al-Basha.

Tetapi, saat ini pengembangan aplikasi WhatsApp modifikasi itu telah diambil alih oleh Fouad Mokdad. Dikabarkan jika Fouad Mokdad juga mengembangkan aplikasi WhatsApp Mod lainnya, tak lain bernama FMWhatsApp.

Berhubung aplikasi tersebut tidak resmi, maka pengguna smartphone tidak akan menemukannya pada App Store maupun Play Store. Karena, pengguna hanya bisa mengunduh YoWhatsApp lewat file APK dari situs pengembangnya saja.

Mengacu pada informasi di laman YoWhatsApp, saat ini aplikasi tersebut sudah memasuki versi 8.86 dengan update terakhir pada 30 April 2021 lalu. Kini diklaim jika pengunduhan apk YoWA telah mencapai lebih dari 13,8 juta kali. Lantas apa sebenarnya yang membuat YoWhatsApp istimewa dan banyak diunduh? Berikut cek lengkapnya.

Kelebihan Aplikasi YoWhatsApp

Setidaknya terdapat delapan fitur unggulan yang di tawarkan aplikasi YoWhatsapp. Beberapa di antaranya memang absen pada aplikasi WhatsApp versi resminya.

  1. Fitur Pengubah Tema

Pertama, yakni mengubah tema. Selama ini WhatsApp versi resmi memang hanya mempunyai satu tema default yang berwarna hijau menjadi ciri khasnya. Di YoWhatsApp, pengguna bisa mengubah tema default hijau itu dengan warna lainnya yang lebih beragam. Menarik kan?

  1. Fitur Kirim Video Panjang

Fitur unggulan kedua yakni memungkinkan mengirim video lebih panjang. Sejauh ini, pengguna WhatsApp resmi hanya bisa mengirimkan video dengan ukuran maksimal 100 MB saja. Sementara di aplikasi YoWA, pengguna disebut bisa mengirim video hingga 700 MB yang pastinya lebih panjang.

  1. Fitur Kunci Aplikasi

Benar, YoWA menyediakan kunci aplikasi atau (lock app) bawaan dengan PIN, pola, atau bahkan fingerprint. Ini membuat pengguna tak perlu lagi repot mengunduh lock app pihak ketiga untuk mengamankan chat pada aplikasi WhatsApp miliknya.

  1. Fitur Sembunyikan Online

Fitur unggulan yang banyak dicari ada disini, yaitu sembunyikan status online. Aplikasi YoWA menawarkan fitur bernama freeze last seen yang tidak bisa memunculkan status online pada kontakmu. Selain itu dengan fitur ini juga teman di kontak tidak bisa mengerti dengan jelas kapan terakhir online.

  1. Fitur Privasi Khusus

Aplikasi YoWhatsapp menawarkan  privasi khusus lainnya. Misalnya seperti pengguna bisa menyembunyikan tanda dua centang (pesan terkirim) dan dua centang biru (pesan sudah dibaca).

  1. Fitur Aplikasi Ganda

Pengguna bisa menggunakan dua akun berbeda di satu ponsel yang sama dengan aplikasi Whatsapp Mod tersebut. Sebenarnya, pada WhatsApp versi resmi di sejumlah ponsel Android juga memiliki fitur ini, hanya saja mungkin tidak semua orang paham betul.

  1. Tidak Perlu Rooting

YoWhatsApp tidak memerlukan rooting pada ponsel, yang kebanyakan aplikasi WhatsApp modifikasi mengharuskan proses rooting dilakukan, agar aplikasi bisa berjalan mulus.

  1. Emoji Beragam

Whatsapp versi resmi mendukung emoji menarik, namun ada yang lebih menarik lagi emoji ditawarkan dan pastinya lebih beragam. Hal itu tersedia pada YoWA yang bisa dengan mudah di unduh oleh pengguna.

BACA JUGA  Hacker Lebih Mudah Membajak Akun TikTok Milikmu!

Masih banyak lagi, dan fitur lainnya juga termasuk bisa mengirim video GIF hingga 30 detik, pin 1.000 chat, sembunyikan nama kontak, fitur anti-delete chat maupun story, dan beberapa lainnya, hal ini sebagaimana mengutip Kompas Tekno dari situs YoWA Yousef, Selasa (10/8/2021).

Namun, jangan hanya melihat dari sisi lebihnya saja. Tanpa kalian sadari, ada beberapa kekurangan atau resiko yang dimiliki aplikasi YoWhatsapp tersebut.

Risiko Menggunakan Aplikasi YoWhatsApp

Meskipun menawarkan beberapa layanan yang absen pada aplikasi resmi, sebenarnya aplikasi WhatsApp modifikasi seperti YoWhatsApp ini mengusung beberapa risiko.

  1. Pemblokiran Permanen Akun

Sebetulnya pihak WhatsApp sendiri sudah mengetahui keberadaan sejumlah aplikasi WhatsApp mod, dan menyadari bahwa sejumlah penggunanya telah menggunakan versi WhatsApp yang tak resmi sebagaimana disampaikan.

Oleh karena inilah WhatsApp dengan tegas mengatakan bahwa aplikasi WhatsApp mod yang dikembangkan oleh pihak ketiga itu tidak resmi dan melanggar Ketentuan Layanan WhatsApp secara resmi.

Melalui laman resmi FAQ, WhatsApp juga mengancam pengguna yang bandel masih menggunakan aplikasi WhatsApp Mod seperti WhatsApp GB dan WhatsApp Plus. Parahnya pihak Whatsapp tak segan bakal memblokir secara bertahap. Mulai pemblokiran sementara hingga pemblokiran permanen.

Meskipun nama YoWA tak disebutkan di laman FAQ, tetapi pengguna yang menggunakan YoWhatsApp tetap berpotensi untuk diblokir. Mengingat aplikasi tersebut juga merupakan WhatsApp mod yang bukan resmi.

  1. Percakapan Rentan Diintip

Masih mengira jika aplikasi Whatsapp pihak ketiga sepenuhnya aman? Tahukah kamu bahwa salah satu alasan Whatsapp melarang penggunaan WhatsApp modifikasi ialah karena keamanannya yang tak terjamin.

Padahal sejauh ini, WhatsApp selalu mengedepankan fitur keamanan enkripsi ujung-ke-ujung (end-to-end) pada seluruh percakapan pengguna. Dengan fitur enkripsi end-to-end, seluruh percakapan pengguna di WhatsApp disebutkan tak akan bisa diintip oleh pihak lain, termasuk oleh pihak WhatsApp sendiri.

Di laman FAQ juga di katakan oleh WhatsApp bahwa pihaknya sama sekali tak mendukung APK (Aplikasi Pihak Ketiga) karena pihaknya tidak dapat memvalidasi praktik keamanannya.

  1. Ancaman Malware

Resiko parah lainnya, yakni ancaman disusupi oleh software berbahaya atau malware.

Mengutip dari Kompas Tekno, Selasa (22/02/2022) dari Tech Maish, WhatsApp GB lebih berisiko membawa malware dan spyware. Pasalnya, pengguna harus mengunduh aplikasi melalui file APK di situs tertentu dan bukan melalui toko aplikasi resmi seperti Play Store atau App Store.

BACA JUGA  Cara Hentikan Simpan Otomatis Foto di WhatsApp yang Sering Buat Memori Penuh

Karena kebanyakan situs tempat pengguna mengunduh file APK WhatsApp Mod ini kemungkinan besar bisa menanamkan malware pada file APK tersebut. Jika malware yang ditanamkan berjenis spyware, maka aplikasi bisa sekaligus mencuri data milik pengguna di ponsel tanpa tanggung-tanggung, seperti mencuri kata sandi, PIN, percakapan pengguna, e-mail, dan lainnya.

Tentu saja ini sangat berbeda jika pengguna mengunduh aplikasi WhatsApp resmi di toko aplikasi. Misalnya di toko aplikasi ponsel Android, Google secara khusus menghadirkan teknologi bernama Google Play Protect.

Peran penting teknologi ini adalah melakukan pemindaian atau scanning pada seluruh aplikasi yang ada di toko aplikasi Google Play Store, terkait juga akan kemungkinan adanya malware atau masalah lainnya.

Menurut Randy Jusuf selaku Managing Director Google Indonesia, Google Play Protect melakukan scanning terhadap 100 miliar aplikasi yang ada di toko aplikasi dalam setiap harinya.

Jadi itulah beberapa kelebihan dan kekurangan atau resiko dari APK Whatsapp Mod atau YoWhatsapp yang telah disampaikan. Semoga informasi ini menambah wawasan bagi pembaca semua.