Google Drive Tak Lagi “Gratis” untuk Backup Chat WhatsApp

Selama ini, Google telah memberikan ruang penyimpanan tanpa batas alias (unlimited) untuk pengguna WhatsApp di Android yang ingin mencadangkan atau (backup) percakapannya di Google Drive. Akan tetapi, kebijakan tersebut tampaknya akan berubah.

Dikabarkan jika Google akan memberikan batasan kapasitas tertentu untuk menampung file pencadangan chat WhatsApp pengguna di Google Drive. Informasi ini diungkap oleh WABetaInfo, merupakan situs yang kerap memberikan bocoran fitur-fitur baru WhatsApp dengan tepat.

WABetaInfo membagikan informasi berupa tangkapan layar (screenshot) yang menunjukkan serangkaian kode yang diartikan sebagai “batas backup” dan “perubahan backup di Google Drive”. Tentu saja ini mengindikasikan tentang rencana Google yang akan memberi batasan ruang backup untuk WhatsApp di Google Drive.

Dengan demikian, maka kebijakan ini akan mendorong para pengguna yang ingin melakukan backup “Mau tidak mau” harus berlangganan ruang penyimpanan yang lebih besar di layanan cloud tersebut.

Menurut WABetaInfo, terdapat beberapa kode yang menampilkan peringatan ketika ruang untuk mencadangkan chat di Google Drive hampir penuh. Hal inilah yang menjadi indikasi kedua mengenai informasi terbaru kebijakan Google. Selama ini pihak Google memang memberikan kapasitas penyimpanan secara gratis sebesar 15 GB untuk Google Drive.

Bahkan istimewanya lagi backup chat WhatsApp di Google Drive tidak memakan ruang 15 GB tersebut. Apabila kode tersebut benar-benar dijalankan, artinya pengguna akan memperoleh peringatan ketika ruang backup di Drive untuk WhatsApp hampir penuh, hal ini sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Android Police, Selasa (8/2/2022).

Bocoran mengenai kebijakan atas batasan ruang backup juga sudah muncul pada Oktober tahun lalu. Saat itu, WABetaInfo menyebutkan jika pengguna harus memilih jenis pesan dan media yang akan dicadangkan pada Google Drive. Meskipun bocoran telah berhembus sejak di beberapa waktu lalu, tetapi untuk sejauh ini belum diketahui kapan Google akan menerapkan pembatasan kapasitas untuk backup chat WhatsApp di Android.

Ruang backup gratis untuk WhatsApp merupakan sebuah “keistimewaan” yang didapat para pengguna WhatsApp Android. Sedangkan untuk pengguna iOS telah mendapat batasan di iCloud, sebesar 5 GB. Saat ruang backup gratis habis, pengguna diberikan pilihan langganan cloud berbayar iCloud+.

BACA JUGA  5 Aplikasi Edit Foto Hari Raya Idul Fitri 2022

Lain halnya dengan Apple, Google kabarnya akan membatasi backup gratis hingga 15 GB. Ketika ruang gratis habis, maka pengguna bisa berlangganan paket Google One untuk tambahan ruang hingga kapasitas 100 GB. Kebijakan serupa juga sudah dilakukan Google untuk aplikasi Google Photos pada Juni 2021 lalu. Kini aplikasi tersebut memiliki batas backup gratis hingga 15 GB. Sementara Gmail dan Google Drive juga hanya memberikan penyimpanan gratis dengan kapasitas yang sama pula.