aplikasi penunjang

7 Aplikasi Ramadhan Terbaik yang Bikin Berkah Melimpah

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Di momen penting ini adalah kewajiban umat muslim menjalankan ibadah puasa. Melakukan puasa identik dengan sahur di jam dini hari, dan kadangkala masih banyak yang susah bangun.

Puasa ramadhan adalah kegiatan yang wajib dilakukan semua umat muslim. Jadi, rasanya akan percuma apabila puasa tersebut tidak diimbangi dengan menjalankan sholat fardhu lima waktu. Akan lebih bertambah pahala apabila setiap orang menyisihkan waktunya untuk berdzikir, membaca al-qur’an dan masih banyak lagi.

Memasuki puasa ramadhan 2022 yang sudah berjalan dari seminggu, banyak yang mencari aplikasi edit foto ramadhan, sampai dengan twibbon. Tak jarang dari mereka juga mencari aplikasi ramadhan terbaik yang tentunya guna menunjang waktu-waktu selama bulan puasa tersebut. Lalu apa saja aplikasi ramadhan terbaik itu untuk menunjang ibadah kita? Simak dibawah ini.

Aplikasi Ramadhan Terbaik Penunjang Ibadah Selama Ramadhan 2022

  1. Qur’an Kemenag

Nama aplikasi adalah Qur’an Kemenag, resmi buatan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Jadi tak heran jika ini termasuk salah satu aplikasi terbaik bahasa Indonesia. Bukan hanya menyediakan Al-Quran 30 juz, namun Al-Quran Kemenag ini juga dilengkapi dengan teks terjemahan beserta tafsirnya.

Disamping itu aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur lainnya seperti asal-usul turunnya sebuah ayat, turunnya surat-surat Al-Quran dan juga layanan ayat harian. Membaca sekaligus menambah wawasan pastinya. Fitur menarik lain juga di hadirkan seperti suara murotal Al-Quran yang sangat sempurna bagi Anda yang memiliki tipe pendengar.

  1. Quran Best

Pembuat aplikasi ini juga muslim Indonesia, namanya adalah Quran Best. Aplikasi ini dibuat semirip mungkin dengan Al-Quran cetak asli, sehingga pembaca lebih nyaman.

Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini cukup lengkap, mulai dari terjemahan dan tafsir, pencarian ayat berdasarkan kata kunci, mode malam, bookmark, dan murottal 30 juz daripada qori atau (pelantun bacaan Al-Quran) terbaik.

BACA JUGA  WhatsApp Aero Apk Download Link! Fitur Premium 100% Gratis!

Aplikasi Quran best ini dibekali fitur-fitur tambahan untuk membantu beribadah selama bulan suci Ramadan seperti pencatat jumlah lembar tilawah, jadwal shalat serta adzan, podcast islami, Group Ngaji lewat fitur chat, sampai dengan fitur pencari masjid terdekat.

  1. Al-Quran Indonesia

Aplikasi ramadhan terbaik ketiga yang di rekomendasikan ini adalah Al-Qur’an Indonesia. Serupa atau mirip dengan Al-Qur’an pada umumnya, di dalamnya tersedia 114 surat dan 30 juz lengkap dengan tajwidnya.

Disamping itu, aplikasi ini menyediakan fitur audio murottal 30 juz yang memungkinkan sekali untuk Anda memilih satu di antara delapan qori yang tersedia di dalamnya. Aplikasi ini bisa anda gunakan meskipun tak terhubung dengan internet, alias offline.

  1. Quran For Android

Namanya Quran For Android, yang udah pasti mendukung di perangkat Android anda. Aplikasi ini telah tersedia di tokonya yakni Play Store, merupakan hasil kembangan Quran.com. Aplikasi ini sengaja di desain dengan tampilan menarik dan sederhana, sehingga mudah untuk digunakan.

Supaya anda tetap nyaman saat membaca, mungkin mengaji di malam hari. Quran For Android ini mengusung fitur mode malam. Fitur lain yang ditawarkan diantaranya seperti terjemahan hingga 20 bahasa, bookmark, pemutaran audio, menandai dan membagikan ayat.

  1. Muslim Pro

Rekomendasi aplikasi penunjang ibadah selama ramadhan lainnya yakni Muslim Pro. Jadi, Muslim pro ini bukan hanya aplikasi Al-Quran per juz saja aplikasi ini telah menyediakan banyak fitur lain yang membuatnya sangat komprehensif.

Sebagai misal, aplikasi ini mempunyai database restoran halal serta tempat ibadah di sekitar lokasi Anda. Bukankah sangat berguna saat Anda sedang berpergian bukan?

  1. MyQuran

Berikutnya, aplikasi MyQuran yang merupakan produk asli dari ‘The Wali Studio’ yang berbasis di Cimahi, Jawa Barat. Keunggulan dari aplikasi ini salah satunya yaitu tidak adanya iklan apapun. Meski bisa digunakan secara gratis, akan tetapi ada beberapa fitur tambahan lainnya yang hanya terdapat di versi premiumnya saja.

  1. Aminin

Aminin adalah aplikasi islami buatan anak bangsa. Pengembang dari aplikasi tersebut yaitu Bahaso Intermedia Cakrawala, sebuah developer yang juga pengembang aplikasi belajar bahasa Bahaso.

BACA JUGA  Cara Install Aplikasi di Smart TV Android Paling Mudah

Di dalam aplikasi ini menampilkan surat-surat Al-Quran dalam bentuk kartu warna-warni, sehingga membuatnya menjadi lebih mudah dan menarik untuk dibaca. Sementara dibagian bawah setiap kartu ada tombol “Play” yang apabila ditekan bakal memutar lantunan ayat yang dibaca oleh seorang qori.

Bukan hanya diciptakan untuk mengaji, tetapi aplikasi ini juga mempunyai fitur untuk menguji kemampuan dalam membaca dan memahami Al-Quran. Keren kan? Sedangkan untuk fitur tambahan lainnya yakni terjemahan dan tafsir, bookmark, penanda ayat, dan fitur untuk membagikan ayat ke media sosial juga terdapat dalam aplikasi ini.