Aplikasi Pengingat Sahur dan Berbuka Berdasarkan Daerah Masing-Masing

Jelang bulan suci ramadhan seperti saat ini, penting sekali pengingat untuk melakukan sahur, berbuka dan ibadah sholat.

Tidak sedikit yang masih lalai akan waktu-waktu sholat 5 waktu. Padahal di bulan yang penuh berkah ini menjalankan ibadah puasa tidak sempurna jika tidak melakukan sholat 5 waktu, karena hal itu sudah menjadi kewajiban umat muslim.

Begitu sebaliknya, menjalankan sholat 5 waktu namun tidak melakuka  puasa ramadhan (tidak ada halangan) maka akan mendapat dosa. Tetapi banyak yang kadang-kadang mengeluh tidak puasa karena tidak melakukan sahur. Alasannya tak jarang-jarang karena jam yang sudah imsyak mendekati subuh sehingga tidak kuat. Ya meskipun masih banyak yang tetap kuat.

Alangkah lebih baik jika masalah seperti itu di atasi sejak sekarang, supaya lebih baik dan disiplin. Tidak hanya sebagai aplikasi pengingat adzan, melainkan beberapa aplikasi pengingat sahur dan berbuka puasa sesuai daerah masing-masing.

Umumnya aplikasi-aplikasi tersebut mempunyai fitur utama sebagai alarm pengingat dan adzan sholat, baik fardhu maupun sunnah. Biasanya pengguna bisa menyetelkan waktu untuk sahur, dan beberapa ada yang dilengkapi dengan jadwal serta doa sehari-hari.

Aplikasi Pengingat Sahur dan Berbuka Puasa

  1. Aplikasi Usholli

Usholli merupakan salah satu aplikasi untuk pengingat waktu shalat dan imsak. Bagaimana dengan sahurnya? Untuk masalah ini, aplikasi ini dilengkapi dengan alarm sholat sunnah seperti dhuha dan tahajud. Jadi untuk sahur, tentu alarm berbunyi adalah sholat tahajut. Usai melakukan sholat, kamu bisa melanjutkan sahur.

Bahkan jadwal sholat dalam aplikasi ini telah tersedia untuk lebih dari 30 provinsi dan 500 kota di seluruh Indonesia. Selebihnya terdapat fitur lain seperti kompas arah kiblat dan peta masjid dengan menggunakan Google Maps.

  1. Aplikasi Waktu Salat, Imsakiyah, Kiblat

Dengan menggunakan aplikasi “Waktu Salat, Imsakiyah, Kiblat”, maka kamu bisa membuat alarm saat waktu shalat tiba maupun untuk pengingat sahur dan berbuka. Disamping itu ada juga berbagai pilihan pemberitahuan doa. Diaplikasi ini, pengguna bisa memilih menggunakan alarm azan atau hanya pemberitahuan standar untuk pengingat waktu shalat saja.

BACA JUGA  Sederet Game Terbaik 2022 Untuk HP iPhone dan iPad

Sementara untuk fitur lain yang terdapat dalam aplikasi ini yaitu penghitung mundur, untuk pengingat seberapa dekat dengan waktu sholat berikutnya. Sehingga pengguna tidak tertinggal waktu imsak atau sahur dan juga buka puasa.

Terdapat juga fitur kiblat guna menunjukkan arah yang benar ketika menunaikan ibadah sholat.

  1. Aplikasi Muslim Pro

Aplikasi pengingat sahur dan berbuka puasa lainnya yakni Muslim Pro, menampilkan fitur Al-Quran lengkap dengan tulisan Arab, fonetik, terjemahan dan pelafalan audio serta pelacak kiblat sekalipun. Muslim pro ini dilengkapi dengan tajwid untuk meningkatkan pelafalan Al-Quran.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengetahui waktu sahur atau imsak, berbuka dan shalat sesuai lokasi saat ini. Aplikasi ini dilengkapi dengan kalender Hijriah Muslim untuk memperkirakan tanggal suci seperti Idul Fitri dan Idul Adha

  1. Aplikasi Qurma

Ada banyak fitur menarik yang di usung aplikasi Qurma ini. Beberapa diantaranya yakni fitur Al- Quran, Jadwal Shalat, Arah Kiblat, Tasbih Digital, sampai dengan Kalender Hijriyah dan Doa Harian. Dengan memasang alarm pengingat waktu shalat di aplikasi ini, pengguna tidak lagi terlambat menjalankan ibadah.

Untuk jadwal shalat disini disesuaikan dengan koordinat lokasi pengguna. Sama seperti beberapa aplikasi pengingat lainnya, Qurma juga dilengkapi fitur kompas penunjuk arah yang akurat sesuai lokasi keberadaanmu.

Tersedia juga kumpulan doa harian yang bisa dibaca sembari menjalankan aktivitas sehari-hari. Tentunya lebih simple dan praktis.

  1. Aplikasi Umma

Sama seperti empat aplikasi yang sudah disampaikan di atas, Umma memiliki beberapa fitur sebagai penunjang ibadah.

Dengan aplikasi Umma, pada fitur Ramadhan Imsakiyah, kamu bisa mengetahui waktu shalat, imsak, dan juga waktu berbuka puasa. Menariknya ada pemberitahuan audio untuk menujukkan waktu shalat dan juga waktu imsak selama bulan Ramadhan.

Selain itu, pada aplikasi pengingat adzan ini juga berisi arah kiblat, artikel Islam, video studi Islam, serta ayat-ayat suci Al- Qur’an.