5 Hal yang Tak Boleh Dilewatkan saat Wisata ke Jogja

Wisata Jogja memang tak pernah ada matinya. Seiring berjalannya waktu, berbagai destinasi wisata kian dikembangkan dan semakin menarik perhatian para pelancong. Dulu, Jogja terkenal akan wisata Candi Borobudur dan Keraton Yogyakarta. Namun kini ada banyak sekali wisata Jogja yang tak kalah seru.

 

Terdiri atas panorama alam yang indah, Jogja memiliki bermacam-macam destinasi alam, sejarah, dan budaya. Jogja juga dikenal akan berbagai kuliner khasnya yang lezat dan manis. Menariknya lagi, berwisata di Jogja pun tak perlu bujet yang terlalu besar. Sebab, beberapa tempat wisatanya memiliki harga tiket masuk (HTM) yang terjangkau.

 

Selain HTM wisata, kuliner khas Jogja dikenal dengan rasa dan kualitas makanannya yang nikmat. Meski begitu, wisata kuliner Jogja bisa dikatakan sangatlah terjangkau di berbagai angkringan yang tersedia. Mulai dari hidangan pagi, siang, hingga malam dijamin kelezatan rasa dan harga yang ekonomis.

 

Perjalanan wisata menuju Jogja tersedia dengan berbagai akomodasi. Terdapat transportasi udara seperti pesawat terbang dan via darat berupa kereta api ataupun bus. Nah, untuk kamu yang ingin merasakan sensasi berkendara yang berbeda, cobalah menaiki sleeper bus! Dengan fasilitas dan fitur yang ada, akan membuat perjalananmu seperti menginap di hotel lho.

 

Penasaran bagaimana informasi selengkapnya? Yuk disimak 5 hal yang tak boleh dilewatkan selama wisata Jogja!

 

1.   Mengunjungi Berbagai Wisata Alam

 

Menjelajahi berbagai jenis wisata alam di Jogja adalah hal paling utama yang wajib dilakukan! Bagaimana tidak, Jogja hadir untuk para wisatawan yang mencari suasana liburan di pantai, laut, ataupun pepohonan. Dengan begitu, kamu pun akan puas menikmati kesejukan di alam terbuka.

 

Untuk wisata pantai dan laut, terdapat Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Indrayanti, Pantai Glagah, Pantai Depok, Pantai Baron, dan Pantai Siung. Umumnya, HTM untuk memasuki pantai-pantai tersebut berkisar dari Rp5.000–Rp10.000. Cukup hemat, bukan?

BACA JUGA  Tempat Nongkrong di Bandung yang Wajib Dikunjungi Millennials

 

Selanjutnya, pilihan wisata pepohonan di Jogja tersedia di Kebun Teh Nglinggo, Puncak Suroloyo, Kalibiru, Hutan Pinus Pengger, Geoforest Watu Payung, Hutan Pinus Mangunan, dan Wanagama. Kamu juga bisa menikmati kesegaran air sungai di Air Terjun Sri Gethuk, Pemandian Tirta Budi, dan Kedung Pedut.

 

2.   Berwisata di Situs Sejarah

 

Selain wisata alamnya yang menakjubkan, Jogja juga kaya akan situs peninggalan sejarah yang masih dilestarikan hingga hari ini. Apalagi, kota ini juga masih mempertahankan kerajaan yang mereka miliki sejak dahulu kala, yakni Keraton Yogyakarta. Tentunya hal ini menjadi salah satu daya tarik untuk para wisatawan.

 

Di antara situs sejarah yang dimiliki Jogja adalah candi, benteng keraton, kompleks kerajaan, dan makam raja. Berikut pilihan tempat wisatanya: Candi Borobudur, Candi Prambanan, Kampung Wisata Taman Sari, Situs Warungboto, Gerbang Plengkung Nirbaya, Museum Benteng Vredeburg, Makam Raja Mataram Kotagede, dan Keraton Yogyakarta.

 

3.   Mempelajari Kesenian Jawa

 

Sebagai orang Indonesia, pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan kain batik. Nah, selagi berlibur di Jogja, luangkan waktu untuk mempelajari sekaligus mencoba menghias kain batik! Tepatnya di Kampung Batik Giriloyo, kamu bisa menyaksikan sekaligus mencoba setiap proses pembuatan batik dengan menggunakan canting.

 

Selain membatik, kesenian tari juga bisa kamu pelajari di Jogja lho. Terdapat pusat seni tari di Ndalem Pujokusuman yang membuka kelas untuk Tari Jawa Klasik. Di tempat ini pun sering dijadikan panggung pementasan Wayang Orang, Bedoyo, dan Serimpi sebagai kesenian khas Jawa.

 

4.   Wisata Kuliner Khas Jogja

 

Liburan di Jogja tak akan lengkap tanpa mencicipi berbagai kuliner lezat khas Jogjakarta. Terkenal akan makanan dengan cita rasa yang manis, ternyata kuliner khas Jogja juga memiliki bermacam-macam rasa lainnya. Di antaranya adalah gudeg, sate, oseng-oseng, ataupun bandrek.

 

Salah satu tempat makan yang menjamur di banyak tempat adalah angkringan, yang menjual nasi kucing lengkap dengan sosis, bakso, hingga bakwan jagung. Kamu juga wajib menjajal makanan lainnya di Jalan Malioboro, House of Raminten, Gudeg Yu Djum, Bakpia Kurnia Sari, Kopi Klotok, Sate Klathak Pak Bari, Angkringan KR, dan Wedang Bajigur & Bandrek “Bude Warsi”.

BACA JUGA  AHM Gelar Mudik Bareng Honda 2023, Daftar Sekarang!

 

5.   Mencoba Sleeper Bus Jakarta Jogja

 

Saat ini perjalanan darat menuju luar kota dengan menaiki sleeper bus kian diminati oleh para pelancong. Berkat kenyamanannya, model bus ini mampu menghadirkan sensasi berkendara layaknya business class di pesawat terbang.

 

Beberapa perusahaan otobus yang tersedia adalah Agramas, Sinar Jaya, Rosalia Indah, dan Handoyo. Untuk harga tiket bus dimulai dari Rp275.000 hingga Rp450.000. Dengan tiket bus online tersebut, perjalanan akan difasilitasi dengan AC, sleeper seat, bantal, selimut, WiFi, toilet, dan charging point. Jadi, jangan ragu untuk pesan tiket bus sleeper ini, ya!

 

Jadi, mulai dari berwisata di alam terbuka, mengunjungi situs sejarah, mempelajari kesenian Jawa, menjajal kuliner Jogja, hingga berkendara dengan sleeper bus Jakarta Jogja adalah lima rekomendasi wisata di Jogja yang wajib kamu coba. Selamat liburan!